Jenis Ras Kucing Pemburu
Sebagai hewan predator, secara alamiah kucing memiliki insting berburu yang tinggi.
Kamu heran kenapa kucing-mu tidak mau menangkap tikus-tikus yang berkeliaran? Mungkin saja ras kucing yang kamu pelihara adalah ras kucing yang tenang yang tidak terlalu menyukai aktifitas-aktifitas yang menguras tenaga. Jadi bagimana jika kamu menginginkan kucing yang aktif memburu tikus-tikus nakal yang berada tempatmu? Akira sudah membuat beberapa daftar referensi ras kucing yang memiliki insting kuat sebagai pemburu tikus (mouser), yang kemampuannya dapat kamu manfaatkan. Berikut ini ras kucing memiliki semangat berburu yang kuat dibandingkan ras lainnya:
1. Burma
Kucing Burma adalah salah satu pemburu paling alami dari semua kucing. Ini sebagian karena sifat main-mainnya. Perburuan adalah rekreasi bagi kucing Burma. Ingatlah hal ini. Burma cenderung bermain-main dengan tikus jauh sebelum membunuhnya. Anda mungkin enggan melihat tontonan ini. Namun Burma akan membersihkan rumah Anda dari tikus. Ini karena mereka merupakan kucing berotot yang rakus. Seekor kucing Burma akan memakan mangsa yang ditangkap, jadi perhatikan berat mereka, jangan sampai obesitas.
Jika Anda memutuskan untuk memelihara Burma di rumah, pastikan Anda memiliki hewan peliharaan lainnya. Trah ini bisa sangat nakal dan cenderung suka ditemani sesama Burma. Juga, berhati-hatilah karena Burma yang sudah tua dapat menjadi pemalas dan kalem. Saat muda, mereka begitu penasaran, suka bermain-main, dan merupakan pemburu yang mematikan. Seekor Burma yang berusia antara 2 dan 7 tahun bisa dibilang adalah mouser paling efisien dari semuanya.
2. Maine coon
Maine coon dikenal sebagai salah satu ras kucing pemburu terbaik. Ia telah dikenal sebagai kucing peternakan dan juga merupakan sahabat setia di kapal. Maine coon memiliki tumbuh yang besar dengan bulu lebat dan panjang. Namun meskipun terlihat sangar dan suka berburu, ia dikenal sebagai kucing yang penuh kasih sayang. Kecerdikan dan kelincahan maine coon saat berburu membuatnya mudah menerkam mangsanya, termasuk tikus. Dia akan membuat tikus enggan kembali ke rumahmu lagi.
3. Manx
Ras kucing Manx berasal dari Isle of Man, sebuah pulau kecil diantara Irlandia dan Inggris, yang independen secara pemerintahan. Ciri khas dari Manx adalah ekornya yang sangat-sangat pendek, atau bahkan tidak memiliki ekor sama sekali. Dulu di daerah asalnya, ras kucing ini popular di kalangan para penduduk yang mencari nafkah di laut. Karena Manx sangat terampil dalam hal berburu tikus pengerat, baik di darat maupun di atas kapal yang sedang berlayar. Kemampuannya ini dibawa ke debut pertamanya di Amerika. Hasilnya, ras kucing Manx menjadi favorit dikalangan petani, karena kucing ini sangat membantu menjaga hasil panen petani, agar tetap terhidar dari gangguan hama dan binatang pengerat yang merusak.
4. Siamese
Para bangsawan Thailand telah melewati beberapa generasinya dengan ditemani oleh ras kucing Siamese. Faktanya, ketika keluarga bangsawan telah meninggal, maka kucing milik mereka akan tinggal dengan nyaman dalam kemewahan, di dalam kuil dimana tempat bangsawan itu dikebumikan. Kucing ini akan tinggal bersama dengan bara biksu-biksu yang ada di sana. Ras kucing Siamese telah dibiakan dan menghasilkan ras kucing Burma, Himalaya, dan Ocicat. Tetapi, ras asli Siamese masih menjadi favorit diberbagai belahan dunia, sebagai ras kucing pemburu tikus.
5. Kucing American Shorthair
American Shorthair didesain untuk berburu. Kucing ini biasanya punya 5,5 kg atau lebih otot murni. Akibatnya, jenis ini tidak akan pernah berpikir dua kali untuk menyergap dan menerjang hewan kecil. Itulah sebabnya kucing-kucing ini akhirnya berada di Amerika Serikat. Terlepas dari namanya, American Shorthair diyakini memulai kehidupannya di Inggris. Trah ini tiba di Amerika di atas kapal Mayflower bersama para peziarah Inggris pada tahun 1620. Kucing-kucing tersebut bekerja sebagai pembasmi tikus di atas kapal, membersihkan kapal dari para penyusup yang tidak disukai.
6. Kucing Anggora
Tidak seperti kebanyakan ras peliharaan,  Anggora berkembang secara eksklusif dari alam. Jenis ini tetap semi-liar sampai hari ini. Hal ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati, jadi peliharalah mereka dengan hati-hati. Anggora dengan cepat bisa menjadi kesal jika rutinitasnya diubah. Di sisi lain, kucing anggora masih mempertahankan naluri  jalanannya. Hanya sedikit ras  yang dapat menandingi Anggora dalam hal kelincahan, kecepatan, dan pengintaiannya. Tidak peduli seberapa dimanjakannya mereka, hal ini akan melupakan domestikasi saat berburu. Hewan pengerat tidak memiliki kesempatan untuk hidup melawannya.
Jika Anda hidup dengan Anggora, beri perhatian khusus pada makanannya. Trah ini memiliki bentuk otot yang halus. Kelebihan berat badan bisa berbahaya. Karena Anggora tidak akan pernah berpikir dua kali untuk memakan mangsa hidup, ini harus dipertimbangkan. Anggora tidak membutuhkan banyak perawatan dan tidak terlalu rewel. Selama mereka memiliki rutinitas yang dapat diandalkan, mereka akan menjadi hewan peliharaan yang penyayang. Mereka juga salah satu mouser paling mematikan yang ada jika dirawat dengan baik.
Nah itu dia beberapa jenis rae kucing yang memiliki semangat berburu yang kuat. Semoga bermanfaat!