Fakta Menarik Maine Coon
Maine Coon adalah jenis kucing rumahan yang memiliki ukuran tubuh yang besar dibandingkan kucing lainnya.
Maine Coon merupakan salah satu ras kucing paling populer di dunia. Tentunya, banyak hak yang membuat kucing raksasa ini digemari banyak orang. Beberapa di antaranya adalah ukurannya yang besar dan sifatnya yang manja.Oleh karena karakteristik di atas, Maine Coon dikenal dengan julukan The Gentle Giant, atau Raksasa Lemah Lembut.
Sesuai namanya, ras ini berasal dari negara bagian Maine (Amerika Serikat). Terdapat berbagai mitos dan legenda berhubungan dengan asal ras kucing ini. Banyak orang yang percaya kalau kucing Maine Coon dihasilkan dari persilangan antara kucing setengah liar dengan rakun. Mitos ini muncul karena bentuk dan warna ekor kucing Maine Coon yang menyerupai ekor rakun. Berikut ini fakta menarik tentang kucing maine coon:
1. Sejarah Unik Maine Coon
Ada beberapa kepercayaan mengenai asal-usul bulu coklat dengan ekor lebat miliki Maine Coon. Beberapa diantaranya percaya bahwa Maine Coon merupakan hasil perkawinan kucing semi-liar dengan rakun.
2. Tidak Takut Air
Berbeda dengan ras lainnya, Maine Coon tidak takut air. Malahan, kucing satu ini jago banget berenang. Maine Coon bisa bertahan di air selama berhari-hari. Ini disebabkan oleh bulu tubuhnya yang jauh lebih tebal dibandingkan ras kucing lain.
3. Cerdas
Serupa dengan Kucing Savannah, Maine Coon sangat menyukai aktivitas menjelajahi alam bebas dengan pemiliknya. Pada kesempatan ini, Maine Coon juga dapat dilatih supaya bisa berjalan berdampingan dengan pemiliknya seperti halnya anjing.
4. Berhasil di kloning
Pada tahun 2004 lalu, seekor anak kucing Maine Coon bernama Little Nick tercatat sebagai penjualan hewan peliharaan kloning pertama. Seorang wanita di Texas membayar $50.000 untuk menugaskan perusahaan biotek berbasis di California untuk mengkloning kucingnya yang mati. Terlepas dari berbagai kontroversi yang menyertainya, pemilik Little Nicky mengakui hasil kloning identik dengan Nick yang asli.
5. Memiliki Kelainan Kelebihan Jari
Maine Coon terbukti memiliki kelainan sifat polidaktili. Polidaktili adalah kondisi kelainan tubuh di mana penderitanya memiliki ekstra jari. Jenis kucing lain memiliki 5 jari pada 2 kaki depan dan 4 jari di kaki belakang. Sementara Maine Coon memiliki 6 jari pada kaki depan dan belakang. Menurut dunia kedokteran, kondisi ini sebenarnya bukan merupakan kelainan. Alasannya, polidaktili yang terjadi pada Maine Coon tidak dibarengi dengan penyakit sampingan.
6. Tidak Suka Memanjat
Salah satu keunggulan kucing adalah badannya yang fleksibel, membuat mereka terlahir sebagai ‘atlet’ natural. Mereka dapat dengan mudah bergerak ke sana ke mari, baik itu dengan cara melompat atau berlari.Nah, Maine Coon tidak selincah kucing-kucing lain. Apabila kamu punya Maine Coon di rumah, jangan harap mereka akan melompat ke tempat-tempat tinggi. Pasalnya, ras kucing ini takut dengan ketinggian. Simpan kandang Maine Coon di lantai. Lupakan mainan kucing yang digantung tinggi karena itu dijamin tidak akan menarik minat mereka untuk main.
7. Memiliki ukuran tubuh raksasa dibandingkan kucing lainnya
Maine Coon merupakan satu-satunya kucing peliharaan dengan ukuran tubuh terbesar yang pernah ada. Secara umum kucing Maine Coon dewasa memiliki tinggi mencapai ketinggian hingga 40 cm dan panjang hingga 1,2 m. Kucing jantan memiliki bobot 6-9 kg sedangkan betina biasanya memiliki bobot lebih kecil sekitar 4-6 kg.
8. Sangat suka cari perhatian manusia
Kucing Maine Coon sangat suka mencari perhatian untuk memberi tahu bahwa mereka lebih penting daripada acara televisi yang kamu tonton atau buku yang kamu baca. Maine Coon benar-benar akan duduk di depan TV atau dengan sengaja berbaring di atas buku yang sedang kamu baca untuk menarik perhatianmu. Dan dengan ukuran Maine Coon yang besar, tidak mungkin untuk diabaikan.
Itulah fakta-fakta menarik dari kucing yang memiliki ukuran tubuh raksasa. Semoga bermanfaat!