Fakta Unik Es Krim
Ketika cuaca sedang panas menyengat, es krim selalu menjadi salah satu camilan yang paling dicari.
Hidangan penutup dengan rasa manis dan dingin ini jadi favorit banyak orang karena memiliki varian yang nggak membosankan. Dessert yang banyak disukai oleh anak kecil hingga orang dewasa ini, ternyata memiliki banyak fakta yang belum diketahui. Apalagi sebelumnya banyak beredar mitos-mitos yang menyebutkan bahwa, tidak baik mengonsumsi es krim saat dalam kondisi sakit dan berbagai mitos lainnya.
Yuk langsung saja simak beberapa fakta menarik tentang es krim di bawah ini.
1. Bukan Penyebab Batuk dan Pilek
Ada sebuah mitos yang beredar dan banyak orangtua percaya bahwa mengonsumsi es krim akan menyebabkan batuk dan pilek. Tapi ternyata mitos yang beredar seperti ini keliru loh. Menurut James Steckelberg, konsultan di divisi penyakit menular dan profesor kedokteran di Mayo Medical School Rochester, Minnesota, es krim dapat menenangkan sakit pada tenggorokan dan memberikan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh saat tidak nafsu makan. Jadi para orangtua tidak perlu khawatir lagi, untuk memberikan makanan manis yang satu ini pada sang buah hati tapi tetap pada porsi yang sesuai ya.
2. Rasa Vanila Menjadi Kegemaran
Seperti yang sudah diketahui bahwa es krim memiliki banyak rasa, seperti rasa vanila, coklat, stroberi dan berbagai rasa lainnya. Tapi, tahukah kalian bahwa yang menjadi kegemaran banyak orang di seluruh dunia adalah vanila? Rasa Vanila ini menjadi rasa es krim yang paling digemari oleh kebanyakan orang. Hal itu terbukti dengan rasa vanila menduduki 20-29 persen dibanding rasa es krim lainnya.
3. Sebagai makanan alternatif pengganti susu
Hampir semua orang setuju bahwa susu memiliki banyak manfaat, namun tidak dengan es krim. Padahal, es krim dapat dijadikan sebagai makanan alternatif pengganti susu. Hal tersebut karena salah satu bahan dasar es krim adalah susu. Es krim mengandung protein, fosfor, kalsium, lemak, aneka vitamin, dan lain-lain. Jadi, jika kamu bosan minum susu, kamu bisa makan es krim sebagai penggantinya. Jangan khawatir badanmu akan gemuk, karena konsumsi es krim dengan sewajarnya tidak akan menyebabkan kegemukan.
4. Hari Es Krim dicanangkan pertama kali oleh Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan
Hari Es Krim Sedunia tahun ini jatuh pada tanggal 19 Juli. Hari istimewa ini awalnya dicanangkan oleh Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan pada tahun 1984. Pada tahun tersebut, bulan Juli diresmikan sebagai Bulan Es Krim Nasional, yang kemudian berkembang menjadi Hari Es Krim Sedunia yang dirayakan setiap tahun sampai saat ini.
5. Es krim memberikanmu pengaruh positif untuk otak
Studi lain menunjukkan bahwa es krim juga dapat memberikan pengaruh positif di beberapa bagian otak kita, terutama bagian Orbitofrontal cortex (OFC) yang berfungsi dalam memproses emosi dan keputusan yang kita buat. Saat makan es krim, terdapat respons emosional positif yang dihasilkan oleh OFC.
6. Memberikan efek rileks dan dapat meningkatkan mood
Makan es krim bisa jadi pilihan ketika kamu sedang sedih atau galau. Pasalnya, ternyata es krim dapat memberikan efek rileks serta meningkatkan mood kamu. Dikutip dari healthbenefitstimes.com, es krim memiliki zat endorphin serta dapat mendorong produksi thrombotonin, yang menurunkan level stres serta meningkatkan mood. Selain itu, es krim juga dapat mencegah peluang insomnia. Kamu pun bisa beristirahat dengan lebih rileks dengan memakan es krim.
7. Urutan pertama hidangan penutup paling favorit di dunia
Menurut data dari Datassential, es krim merupakan hidangan penutup paling favorit, menempati urutan pertama dari beragam jenis dessert. Es krim memang menjadi camilan enak yang digemari banyak orang. Coba perhatikan saat kamu atau orang lain menikmati es krim. Pasti di wajah terbersit rasa bahagia. Iya, jangankan saat menikmatinya, saat menerimanya saja kita juga tanpa sadar biasanya akan tersenyum. Apa sih penyebabnya? Selain memberikan kelezatan rasa, es krim secara ilmiah telah terbukti dapat membuat kita menjadi lebih bahagia.
Nah itu dia beberapa fakta unik tentang es krim yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!