Ayo Menghemat Listrik!
Kita harus tahu jika energi yang kita pakai selama ini berasal dari bahan bakar fosil yang akan habis ketika sudah tidak ada lagi pasokan. Energi yang ada di bumi saat ini telah berperan vital penting bagi kelangsungan makhluk hidup.
Tak hanya perannya yang vital, semua orang juga harus menyadari penggunaan energi yang tersedia di bumi sudah seharusnya dimanfaatkan dan dijaga dengan baik. Menghemat energi perlu dilakukan demi menjaga kelestarian seluruh makhluk di bumi.
Manusia memiliki ketergantungan yang besar pada energi. Kegiatan sehari-hari akan terganggu jika tidak ada energi. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti akan pentingnya menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah ulasan mengenai pentingnya menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.
Alasan untuk menghemat listrik:
Energi tidak dapat terbarukan yang digunakan terus menerus dapat mengakibatkan energi tersebut cepat habis seiring berjalannya waktu.
Untuk mengembalikan energi tersebut, dibutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya. Maka dari itu, kita harus melakukan penghematan energi dari sekarang.
Dengan melakukan penghematan energi, kamu bisa menghemat biaya pengeluaran bulanan. Di samping itu, kamu pun akan memperoleh berbagai manfaat dari menghemat energi.
Manfaat menghemat listrik
- Membantu Mengurangi Polusi Udara
Penggunaan energi listrik yang berasal pembakaran batu bara dapat menimbulkan polusi udara.
Tidak hanya itu, pembakaran bahan bakar fosil tersebut dapat menyebabkan timbulnya gas rumah kaca yang dapat mempercepat terjadinya perubahan iklim (climate changes). Dalam artian, semakin banyak jumlah listrik yang terpakai, semakin besar pula emisi karbon yang dihasilkan.
Oleh karena itu, salah satu manfaat menghemat energi listrik secara tidak langsung adalah kamu berkontribusi dalam pengurangan dampak perubahan iklim dan juga mengurangi timbulnya polusi udara.
- Menurunkan Pemakaian Bahan Bakar Fosil
Manfaat yang diperoleh dengan menghemat energi atau mengurangi penggunaannya seperti memakai listrik berlebihan adalah mampu membantu menurunkan bahan bakar fosil di alam.
Bahan bakar fosil ini contohnya adalah seperti batu bara dan minyak. Tentunya, kedua jenis bahan bakar tersebut tidak bisa diperbarui atau istilahnya non-renewable. Tidak menutup kemungkinan, jika digunakan secara terus menerus bahan bakar fosil tersebut akan habis seiring dengan berjalannya waktu.
- Hindari Resiko Arus Pendek
Dengan menghemat energi listrik maka dapat terhindar dari terjadinya resiko arus pendek atau korsleting listrik. Apalagi dampak buruk dari terjadinya korsleting listrik tersebut adalah:
• Dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada berbagai macam peralatan elektronik.
• Memungkinkan terjadinya kebakaran.
Arus pendek dapat terjadi ketika ada arus listrik yang mengalir pada kabel listrik yang terbuka atau kabelnya mengalami kerusakan. Oleh karena itu, selain teknik perancangan listrik yang bagus, juga diperlukan penggunaan alat elektronik secara bijak untuk menghindari korsleting listrik.
- Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca
Pembakaran batubara dapat menghasilkan gas karbon yang merupakan salah satu jenis gas rumah kaca yang jumlahnya paling besar di atmosfer bumi. Kondisi ini memang ironi, Pemerintah tidak dapat memberhentikan produksi energi karena permintaan energi selalu dibutuhkan guna untuk mendukung aktivitas manusia.
Namun, di sisi lain penggunaan energi listrik yang dilakukan secara terus menerus dapat menambah jumlah emisi gas rumah kaca di atmosfer bumi. Yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah menghemat penggunaan energi.
- Barang Elektronik Menjadi Lebih Awet
Manfaat selanjutnya apabila kamu menghemat penggunaan energi listrik, khususnya penggunaan untuk keperluan rumah tangga, yaitu secara tidak langsung barang-barang elektronik yang kamu pakai akan lebih awet.
- Menekan Biaya Pengeluaran
Manfaat menghemat energi yang paling terlihat adalah bisa menghemat biaya pengeluaran bulananmu. Semakin sering kamu menghemat listrik, maka biaya listrik bulanan tidak akan membengkak. Kamu juga bisa menekan biaya untuk membeli bahan bakar dengan menghemat gas, bahan bakar kendaraan dan energi lainnya.
Menghemat energi tidak hanya memberikan manfaat untuk individu. Namun juga untuk lingkungan dan orang lain agar kualitas hidup lebih meningkat. Saatnya kita melakukan penghematan energi untuk hidup yang lebih baik.