Kegiatan Anak di Luar Rumah
Mencoba berbagai permainan yang dilakukan di luar rumah tidak hanya membuat anak bersenang-senang, tapi juga memicunya untuk bergerak aktif. Mengingat di area digital ini serta masa-masa pandemi yang melanda, sebagian anak lebih memilih untuk memainkan gadget-nya ketimbang bermain di luar.
Akibatnya, anak lebih banyak duduk dan kurang bergerak sehingga berisiko mengalami obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Namun, tetap saja anak-anak akan merasa jenuh jika kegiatan tersebut dilakukan terlalu sering. Ada kalanya anak-anak sangat ingin bermain atau melakukan aktivitas lain di luar rumah.
Melalui kegiatan di luar rumah, anak-anak juga bisa tumbuh kembang dalam berimajinasi, mengelola resiko serta meningkatkan kreativitas mereka. Tidak perlu mempersiapkan hal-hal yang bersifat terlalu rumit, inilah beberapa aktivitas di luar rumah bersama anak yang bisa kalian lakukan tanpa menghabiskan banyak waktu.
1. Bermain Layang-Layang
Melihat layang-layang terbang di udara saja biasanya sudah membuat anak merasa senang, apalagi memainkannya. Nah, kamu bisa mengajak anak menerbangkan layang-layang. Meski bukan hal yang mudah, perlahan-lahan anakmu dapat mengerti saat diajari.
2. Lari Estafet
Permainan lari estafet atau lari sambung tentu akan mengasyikkan untuk anak. Dalam permainan ini, anak secara bergiliran berlari membawa tongkat untuk diserahkan kepada temannya hingga mencapai garis akhir. Kegiatan ini dapat membantu anak bergerak aktif sekaligus melatih kemampuannya untuk bekerja sama dengan orang lain.
3. Berenang di Waterpark
Pada dasarnya anak-anak selalu senang bermain air. Oleh karena itu, kamu bisa mengajak anak untuk berkunjung ke waterpark terdekat. Biarkan anak berenang, atau melakukan aktivitas lain yang mereka anggap menyenangkan. Namun, jangan biarkan anak hilang dari pengawasanmu. Selain menghibur, bermain di waterpark juga bisa meningkatkan keberanian anak loh.
4. Berkemah
Berkemah juga merupakan salah satu aktivitas diluar rumah yang sangat seru untuk kamu lakukan bersama anak. Sambil berkumpul dengan keluarga, kamu dapat melakukan banyak kegiatan seru saat berkemah dengan anak. Kamu bisa mengajak anak untuk pesta barbeque, dan membuat api unggun.
Kegiatan berkemah dapat kamu lakukan di halaman rumah, jika kamu memiliki perlengkapan berkemah seperti tenda. Namun, kalau ingin berkemah di alam, kini banyak juga loh tempat perkemahan yang cocok dijadikan pilihan untuk mengisi waktu luang bersama keluarga.
5. Bersepeda
Bersepeda di luar rumah tidak hanya bermanfaat untuk kesehatanmu dan anak. Namun, dengan mengajak anak bersepeda keliling kompleks atau bahkan ke taman perumahan, dapat membantu anak menemukan berbagai hal baru. Anak dapat mengenal lingkungan dan juga bisa bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu, bersepeda akan membantu anak mengembangkan saraf motoriknya.
6. Merobohkan Menara Kaleng
Kamu bisa menyusun kaleng-kaleng kosong dan membentuk sebuah pyramid. Instruksikan anakmu untuk berdiri dari kejauhan dan melemparkan bola untuk menjatuhkan kaleng-kaleng itu.
Anak-anak akan merasakan pencapaian yang luar biasa saat berhasil menjatuhkan kaleng-kaleng kosong. Kegiatan yang menyenangkan ini memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan konsentrasi dan keterampilan membidik yang baik.
7. Piknik di Pantai
Pantai adalah salah satu tempat yang disukai oleh anak-anak. Di sana mereka dapat bermain air dan pasir. Piknik ke pantai juga merupakan kegiatan sederhana yang tidak membutuhkan biaya yang mahal. Kamu bisa membawa perlengkapan piknik sendiri, mulai dari kebutuhan logistik, seperti makanan dan minuman, hingga perlengkapan lainnya. Di alam terbuka seperti pantai, anak akan dilatih untuk bisa bertanggung jawab pada dirinya sendiri.
8. Berkebun
Melakukan aktivitas di luar rumah bukan berarti harus pergi jauh dari rumah ya. Kamu bisa mengajak anak untuk sekedar berkebun di taman. Ajak anak-anak untuk membersihkan dan menanam pohon. Selain itu, kenalkan juga mereka pada berbagai jenis tumbuhan atau bahkan hewan yang ditemukan saat berkebun. Berkebun adalah salah satu aktivitas yang bisa memupuk rasa cinta anak terhadap alam.
9. Tamasya ke Kebun Binatang
Anak-anak sangat senang melihat sesuatu yang belum pernah mereka temui. Kamu bisa mengajak mereka bermain ke kebun binatang, tempat dimana banyak hewan langka bisa dilihat dengan aman. Jangan lupa juga, jelaskan kepada anak apa saja hewan yang Ia lihat selama berada di sana, sehingga tidak hanya bisa meningkatkan daya motorik anak, bermain di sana juga dapat menambah pengetahuan anak tentang fauna dan alam.