Macam-Macam Roti
Roti bagi orang Barat merupakan makanan utama yang biasa dikonsumsi setiap makan. Bahan utama roti berupa tepung membuat roti sebenarnya bersifat mengenyangkan.
Hanya saja budaya di Indonesia "belum makan kalau belum makan nasi" membuat banyak orang berpikir makan roti hanyalah camilan. Roti sangatlah bermacam-macam di dunia. Hanya saja di Indonesia umumnya roti yang dikonsumsi seperti roti tawar dan roti isi. Tidak banyak yang tahu ternyata terdapat roti yang memiliki tekstur keras, roti tanpa gluten, roti kabohidrat rendah, maupun berbagai macam tepung.
Ini adalah berbagai macam roti yang ada di dunia!
1. Sourdough
Seperti namanya, roti sourdough memiliki ciri khas rasa asam yang ringan. Dibandingkan dengan ragam roti lainnya, sourdough lebih padat. Tepung dan airnya difermentasi sebelum rotinya dibuat. Untuk membuat ragi roti, jenis asam yang dimasukan ke dalam adonan ialah ragi atau baking soda.
2. Bagel
Bentuk roti ini bundar seperti cincin yang menyerupai donat. Bagel ini direbus sebelum dipanggang. Tekturnya renyah di luar dan lembut di dalam. Sejarahnya, roti ini sudah ada sejak ratusan tahun di Eropa Timur. Bagel menjadi salah satu roti yang sangat terkenal. Biasanya bagel dimakan dengan selai, krim keju, atau dijadikan sandwich.
3. Croissant
Croissant terkenal dengan bentuknya yang menyerupai bulan sabit seperti namanya dalam Bahasa Perancis. Roti ini termasuk dalam pastry atau kue. Adonannya dibuat dari puff pastry sehingga ringan, kering, dan buttery.
Faktanya, membuat pastry ini membutuhkan waktu yang lama dan juga skill dalam membuat kue. Rasa croissant biasanya manis maupun gurih sesuai kebutuhan pembuatnya. Rasanya akan sangat enak dan crunchy bila baru saja dikeluarkan dari oven.
4. Ciabatta
Roti yang satu ini berasal dari Italia. Ciabatta dalam Bahasa Italia berarti sandal. Orang Italia menyebutnya roti sandal karena bentuknya yang pendek, lebar, dan memanjang seperti sandal.
Roti ini cocok dijadikan roti untuk sandwich karena bentuknya yang lebar. Bisa juga dijadikan crouton atau roti yang dipotong dadu untuk campuran salad bila dioven sampai kering.
5. Baguette
Roti ini berasal dari Perancis terutama di Paris. Terkenal dengan bentuknya yang lonjong seperti stik dan panjang. Biasanya roti ini dijadikan sandwich atau roti yang dimakasn saat piknik.
Bagian luar baguette keras, namun bagian dalamnya agak kenyal. Baguette biasanya dipotong agar mudah dimakan. Biasanya roti ini bisa dibuat sandwich atau dimakan dengan sup.
6. Brioche
Roti ini berasal dari Perancis. Biasanya dimakan untuk sarapan atau sebagai camilan. Warnanya gelap dan keemasan terlihat sangat lezat. Brioche teksturnya halus dan ringan membuatnya menjadi favorit penyuka roti.
7. Bagel
Bagel adalah roti khas dari Eropa Timur (Polandia), bentuknya bulat seperti donat, tapi bagian dalam lebih padat. Bagel di sajikan pada saat makan pagi, dibelah, dibakar dan diolesi keju krim. Pada adonan bagel biasanya ditambahkan kismis, blueberry, bawang, biji-bijan atau bumbu daun.
8. Challah
Ini merupakan roti ragi yang juga berasal dari daratan Eropa Timur . Dibuat dengan menggunakan telur dan mentega, memiliki tekstur yang sangat empuk dan memiliki bentuknya dikepang.
9. Foccacia
Roti ini berasal dari negara Itali dibuat dengan tanpa gula dan mentega. Ada terdapat bahan utama dalam roti tersebut yaitu tepung, garam, air dan yeast. Untuk pengembangannya ada jenis roti yang memakainya ada pula yang tidak memakainya.
Tekstur pada bagian kulit roti kering dan renyah, namun didalam bagian rotinya lembab dan juga empuk. Roti ini biasanya dinikmati bersama dihidangan utama.
10. Breadstick
Negara Itali yang disebut negara spagehetti ini yang terkenal dengan mi Itali yang berbentuk panjang seperti lidi ini, negara Itali juga mempunyai roti yang sangat populer yaitu roti breadstick. Roti ini lebih cocok dinikmati sebagai camilan karena di asalnya kebanyakan restoran disana menyediakan sebagai hidangan pembuka. Selain itu dari bentuknya yang mirip dengan kue cheese stik dan teksturnya juga sedikit garing dan renyah yang cocok untuk dijadikan snack.
11. Crumpet
Roti crumpet berasal dari negara Inggris. Tekstur dari roti tersebut lebih lembab, sering juga disajikan dengan diolesi krim padat atau madu atau mentega dan paling mantap pada saat bersamaan dengan minum teh di waktu sore. Sebelum dihidangkan, biasanya roti ini di panggang atau di bakar terlebih dahulu.