Fakta Unik Gajah
Berbadan besar, dengan belalai yang panjang menjadi ciri utama gajah. Hewan ini cukup akrab ditelinga manusia, bahkan banyak dari kita yang sudah pernah melihat hewan raksasa satu ini secara langsung baik itu di kebun binatang, sirkus, atau melihat mereka langsung di habitat aslinya.
Gajah saat ini hanya tersisa dua spesies yaitu gajah Afrika dan gajah Asia. Gajah adalah hewan yang luar biasa. Bukan hanya karena bobot tubuhnya yang berukuran besar tapi juga karena mereka hewan yang sangat perasa seperti manusia!
Berikut adalah fakta-fakta unik mengenai gajah.
1.Keluarga gajah dipimpin oleh seekor betina
Berbeda dengan kawanan hewan lain, keluarga gajah justru dipimpin oleh seekor betina. Jangan salah, tidak sembarang betina bisa jadi pemimpin kawanan. Pemimpin yang dipilih adalah mereka yang berusia paling tua, karena semakin tua seekor gajah betina maka akan semakin kuat pengaruhnya dalam sebuah kawanan.
Dalam satu keluarga gajah kalian juga enggak akan pernah menemukan gajah jantan dewasa, karena gajah jantan hanya akan hidup bersama kelompoknya selama 15 tahun sebelum berpisah dengan induknya.
2.Belalai kuat
Belalai merupakan bagian penting dan juga ciri khas dari seekor gajah. Belalai ini berfungsi layaknya tangan dan cukup kuat untuk mengangkat banyak barang, seperti pohon.
Belalai juga digunakan gajah untuk minum. Gajah bisa menghisap hingga 14 liter air lewat belalainya dan bisa menyemburkannya kembali.
Gajah juga menggunakan belalainya untuk mandi. Mereka akan menyemburkan debu pada tubuh basahnya untuk melindungi mereka dari sengatan sinar Matahari.
3.Hamil
Periode kehamilan gajah adalah 22 bulan. Hal itu membuat mereka menjadi hewan darat dengan waktu kehamilan terlama di dunia. Saat lahir, bayi gajah bisa memiliki berat hingga 117 kilogram. Bayi gajah juga dapat langsung berdiri saat baru lahir.
4.Memiliki ukuran otak terbesar
Gajah memiliki ukuran otak terbesar dibandingkan dengan mamalia darat lainnya. Otak mereka memiliki berat sekitar 11-13 pon yang merupakan empat kali ukuran otak manusia. Gajah memiliki daya ingat yang kuat dan mereka dapat menyimpan lebih dari 60 perintah. Lobus temporal gajah lebih besar dan lebih padat daripada manusia.
5.Merupakan hewan nasional Thailand
Gajah adalah hewan nasional Thailand. Ini adalah satu-satunya negara yang memiliki gajah sebagai hewan nasionalnya. Hampir sepertiga gajah Asia hidup di penangkaran, sebagian besar di Thailand, India, dan Myanmar. Secara historis, gajah digunakan dalam industri penebangan, dan dalam pertanian.
6.Gajah minum hingga 50 galon air
Gajah bisa minum hingga 50 galon air. Asupan air mereka tinggi dan mereka dapat menahan air selama berhari-hari. Yang berarti mereka bisa pergi empat hari tanpa minum air. Dan fakta menarik lainnya adalah gajah memiliki masa inkubasi terlama dari semua mamalia darat. Gajah Afrika hamil hingga 22 bulan sementara gajah Asia hamil selama 19-20 bulan.
7. Memiliki kulit sensitif
Gajah menggunakan kotoran dan lumpur sebagai tabir surya. Gajah mungkin terlihat memiliki kulit yang kuat dan tebal, tetapi sebenarnya mereka memiliki kulit yang sensitif. Oleh karena itu, mereka menggunakan lumpur untuk menutupi kulit mereka dan melindunginya dari sinar matahari.
8.Punya memori kuat
Discover Wildlife melaporkan bahwa gajah memiliki memori jangka panjang yang kuat. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan peneliti di Tanzania ketika mempelajari perilaku gajah betina tua di beberapa kawanan ketika terjadi kekeringan.
Ditemukan bahwa kawanan yang dipimpin gajah betina tua langsung meninggalkan daerah kekeringan untuk mencari air dan banyak anggota kawanannya selamat. Dari hal tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa gajah betina berusia di atas 30 tahun ingat kejadian kekeringan yang pernah terjadi dan tahu apa yang harus dilakukan.