Daftar Peraturan Basket
Dalam setiap cabang olahraga pastinya selalu ada hal yang menarik untuk menjadi sebuah tontonan. Untuk menjadi hal yang menarik tersebut tentunya harus ada peraturan di dalamnya. Olahraga yang sportif dan menarik pasti memiliki peraturan. Seperti halnya olahraga bola basket yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.
Dalam setiap cabang olahraga pastinya selalu ada hal yang menarik untuk menjadi sebuah tontonan. Untuk menjadi hal yang menarik tersebut tentunya harus ada peraturan di dalamnya. Olahraga yang sportif dan menarik pasti memiliki peraturan. Seperti halnya olahraga bola basket yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.
Peraturan Pemain Bola Basket
Peraturan tentang jumlah pemain bola basket adalah setiap tim terdiri dari 5-10 orang, dengan peraturan 5 orang pemain utama dan sisanya duduk di bangku cadangan. Kelima pemain ini memiliki keahlian bermain di posisi seperti, point guard, shooting guard, small forward, power forward, dan center.
Syarat untuk mendapatkan posisi dalam permainan bola basket adalah pemain harus mengoper bola dengan cepat dan tepat. Tugas lainnya adalah bermanuver di area lawan dan mencetak poin.
Peraturan Pergantian Pemain Bola Basket
Peraturan pergantian pemain dalam bola basket adalah untuk setiap permainan yang berlangsung di lapangan, pemain dapat diganti oleh pelatih setiap saat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Syaratnya, pergantian pemain dilakukan pada saat bola mati dan pada saat istirahat. Tidak ada batasan jumlah pergantian pemain dan harus siap melakukan pergantian pemain sewaktu-waktu sesuai arahan pelatih.
Peraturan Waktu dalam Bola Basket
Dalam permainan bola basket memiliki peraturan waktu yang berbeda dengan cabang olahraga seperti sepak bola dan voli. Permainan ini memiliki 2 babak, yaitu first half (Babak pertama)dan second half (Babak Kedua). Dalam setiap babaknya memiliki perempat babak, atau dapat disebut dengan quarter. Dalam peraturan FIBA, setiap quarter memiliki waktu bermain selama 10 menit. Sedangkan dalam peraturan NBA, setiap quarter memiliki waktu selama 12 menit.
Ketika babak pertama atau first half sudah habis maka pemain akan diistirahatkan. Setelah istirahat pemain akan saling bertukar area lapangan, hal ini juga dilakukan oleh cabang olahraga voli dan sepak bola. Lalu mereka akan bermain sesuai dengan waktu yang telah ditentukan selama 2 quarter terakhir atau babak kedua.
Bola Basket
Bola basket terbuat dari karet dan dilapisi bahan sintetis. Ukuran keliling bola antara 75-78 cm dengan berat antara 600-650 gram. Ketentuan standar bola saat terisi udara adalah ketika dipantulkan ke lantai yang keras dari tempat ketinggian 1,80 meter, bola akan melambung setinggi antara 1,20-1,40 meter.
Peraturan Permainan Bola Basket
Permainan bola basket memiliki sejumlah peraturan yang harus dipatuhi selama pertandingan berlangsung. Dalam olahraga ini terdapat dua jenis pelanggaran, yakni violation yang biasa dilambangkan dengan tangan terbuka oleh wasit, dan foul yang dilambangkan dengan tangan menggenggam ke atas.
Hukuman atas violation biasanya hanya diberikan lemparan ke dalam. Sedangkan, jika terjadi foul, wasit akan menghukum sesuai titik terjadi pelanggaran dan jenis pelanggaran. Adapun peraturan dasar pada permainan bola basket, sebagai berikut:
-Setiap regu diberi kesempatan untuk melakukan time out sebanyak dua kali untuk setiap babak dan satu kali dalam setiap waktu tambahan. Time out akan diberikan pada satu regu setelah pencatat skor memberitahukan pada wasit dengan bel sebagai tanda isyarat dan pada saat itu juga pemain diberhentikan sementara.
-Tim yang memiliki banyak poin akan dinyatakan sebagai pemenang.
Jika bola keluar lapangan, maka bola akan dilemparkan ke dalam lapangan dan dimainkan oleh pemain yang menyentuh bola pertama kali.
-Waktu permainan 4 x 10 menit jika berpedoman dengan aturan Federasi Bola Basket Internasional. Versi National Basketball Association waktu bermain adalah 4 x 12 menit. Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Jika terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit.
-Jika salah satu tim melakukan pelanggaran sebanyak 3 kali secara berturut. Maka akan terhitung poin untuk tim lawan.
-Bola hanya boleh dipegang oleh telapak tangan. Anggota lain atau lengan tidak diperbolehkan untuk memegang bola.
-Pemain tidak diperbolehkan mendorong, memukul, atau menjegal pemain lawan dengan segala cara.
-Jika bola keluar lapangan, maka bola akan dilemparkan ke dalam lapangan dan dimainkan oleh -pemain yang menyentuh bola pertama kali.
Itulah beberapa peraturan dari segi permainan maupun fasilitasn dan perlatan dalam permainan bola basket yang mungkin belum kalian ketahui.Semoga dapat membantu pemula yang ingin belajar atau baru memulai bermain basket.