Manfaat Buah Persik
Buah persik merupakan buah-buahan yang mengandung antioksidan.
Persik, peach, atau dalam bahasa latin Prunus persica adalah buah dengan warna merah, oranye kekuningan serta bulu halus pada bagian kulit.
Memiliki daging buah manis, ada cukup banyak fakta gizi serta nutrisi yang tentunya bermanfaat untuk tubuh. Di dalam persik terdapat kandungan serat, vitamin, serta mineral yang sayang untuk dilewatkan.
Buah persik bisa dimakan secara langsung atau diolah menjadi masakan lezat. Anda bisa membuat salad, jus, dan kue dari buah persik yang dicampur dengan buah lain. Berikut ini manfaat buah persik untuk kesehatan:
1. Membantu mencegah pertumbuhan kanker
Hampir sama seperti buah lainnya, manfaat persik yang selanjutnya adalah membantu melindungi tubuh dari kemungkinan pertumbuhan jenis kanker tertentu. Pada kulit buah persik terdapat kandungan karotenoid serta asam caffeic yang merupakan antioksidan dan memiliki sifat antikanker. Lalu, ada pula kandungan lainnya seperti polifenol yang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan dan membatasi penyebaran sel kanker.
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry, pada hewan, polifenol tergolong efektif dalam mencegah penyebaran kanker payudara.
Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai khasiat buah untuk mencegah pertumbuhan kanker pada manusia.
2. Meningkatkan kesehatan jantung
Ada manfaat yang bisa Anda rasakan saat mengonsumsi buah secara teratur, termasuk persik, yaitu menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan di dalamnya dapat menurunkan risiko faktor penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi juga kadar kolesterol.
3. Melancarkan pencernaan
Buah persik mengandung 6% sampai 9% kebutuhan serat dalam tubuh. Makanan yang mengandung serat baik untuk tubuh dan mencegah penyakit diabetes, jantung, dan kanker kolorektal (pertumbuhan sel kanker yang terjadi di usus besar). Kandungan serat pada buah persik bisa mencegah sembelit.
Buah persik bisa menjadi camilan buah segar dan lembut yang mudah dicerna. Buah berkulit tipis ini bisa membantu meredakan sakit perut, diare, dan gas.
4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber vitamin penting. Buah persik mengandung antioksidan yang baik untuk perkembangan sel tubuh. Antioksidan ini bisa menambah sistem imut dan memperlebar pembuluh darah agar tidak membeku di dalam.
5. Menjaga kesehatan mata
Kandungan beta karoten, alfa karoten, dan beta crytoxanthin yang terkandung dalam buah persik berperan dalam pembentukan vitamin A. Oleh sebab itu, buah ini baik untuk menjaga kesehatan mata.
6. Melembapkan kulit dan menghambat penuaan dini
Seramid merupakan komponen utama pada kulit yang berperan dalam menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari iritasi maupun polusi. Komponen ini akan menurun seiring bertambahnya usia. Buah persik memiliki kandungan seramid tinggi, sehingga dapat menjaga kelembapan kulit Anda. Selain itu, vitamin C dalam buah persik juga berperan dalam menghambat penuaan dini.
7. Menjaga berat badan
Buah persik rendah kalori yang bisa menjaga berat badan. Buah persik mengandung 85% air artinya buah ini tinggi serat dan mengenyangkan. Konsumsi buah persik untuk menahan rasa lapar lebih lama.
Itulah manfaat dari buah persik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!