Mengenal Buah Yangmei
Myrica rubra nama latin dari buah yangmei yang berbentuk bulat dengan warna merah gelap.
Yangmei adalah buah asal benua Asia yang banyak ditemukan di Cina. Bentuknya bulat dan berwarna merah segar, namun semakin tua dan matang, warnanya semakin gelap. Yangmei memiliki biji di tengahnya. Besarnya bisa sebesar bola golf. Buah yang di Jepang disebut yamamomo ini rasanya seperti strawberry, raspberry dan pomegranate, manis, asam dan mengandung banyak air.
Yangmei ini adalah buah khas China lebih tepatnya China bagian tengah selatan yang meliputi kawasan :  Guangdong, Hainan, Henan, Hubei, Hunan dan Daerah otonomi Guangxi. Namun sekarang buah ini bisa kita jumpai dihampir seluruh kawasan China bahkan di United States kita bisa menemui olahan buah Yangmei ini dalam bentuk jus atau bubuk.
Biasanya pohon ini tumbuh di hutan-hutan dengan lereng gunung pada ketinggian 100 hingga 1.500 meter. Jenis pohon perdu ini dapat tumbuh hinga 15 meter tingginya. Buah Myrica rubra ini rasanya manis-manis asam yang mirip seperti rasa strawberry atau raspberry.
Di China, pohon buah ini banyak ditanam di sepanjang trotoar, di tengah pembatas jalan, hingga di dalam lingkungan universitas. Saat sedang musim buah Yangmei penduduk setempat berbondong - bondong memetik buah yang sudah matang dan menjualnya
Buah Yangmei yang sudah matang berwarna merah hingga merah kegelapan. Rasanya manis dan asam, rasanya mirip seperti strawberry namun lebih asam. Buah Yangmei yang belum matang biasanya berwarna hijau atau kuning dan rasanya sangat asam hingga bisa bikin kita meringis bahkan buah yang masih hijau memiliki rasa pahit. Buah Yangmei biasanya banyak dijual pada musim panas, kalian bisa menemui buah dipenjual buah kaki lima, toko buah bahkan tukang buah Yangmei dadakan dipinggir jalan.
Buah yang bentuknya seukuran bola golf ini sudah dibudidayakan selama ribuan tahun. Karena buah yang bentuk dan warnanya cantik ini mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Yangmei kaya akan vitamin, antioksidan (proanthocyanidins ) , mineral, termasuk vitamin C, riboflavin dan betakaroten.
Buah ini juga mengandung OPC (Oligomeric Proantho Cyanidins), yang dipercaya sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh 20 kali lebih banyak dari vitamin C dan 50 kali lebih banyak dari vitamin E. OPC yang terkandung dalam yangmei dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta sangat baik untuk kulit dan melancarkan sistem pencernaan.
Demikianlah informasi mengenai buah yangmei. Semoga bermanfaat!