Wisata Paralayang Terbaik
Salah satu obyek wisata alam yang kini semakin digandrungi kawula muda adalah wisata paralayang.
Paralayang jadi cara alternatif untuk merasakan sensasi terbang hingga lupa daratan atau sekadar pengalaman menantang yang memicu adrenalin. Olahraga ini bisa disebut sebagai olahraga ekstrem karena kamu hanya memiliki 1 alat, parasut, untuk dapat terbang tinggi. Namun, untuk melakukan olahraga ini, diperlukan pengawasan langsung dari para ahlinya untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Berikut wisata paralayang terbaik di indonesia:
1. Bukit Tumbis, Bali
Bali jadi spot yang cocok untuk paralayang, hampir semua orang sepakat, Bali adalah sebuah kota wisata yang eksotis dan indah. Cocok untuk kamu main paralayang di sini. Untuk harga, dibanderol hingga Rp1,5 juta untuk sekali terbang.
2. Gunung Panten, Majalengka
Lokasi paralayang di Indonesia lainnya yang masih di kawasan Jawa Barat adalah Gunung Panten, yang menjadi lokasi kejuaraan paralayang nasional. Pemandangan yang ditawarkan bagi kamu yang bermain paralayang adalah panorama Kota Majalengka dan Gunung Ciremai yang berada di sebelah timur kawasan ini. Sementara, di sebelah selatan kawasan ini terdapat objek wisata lainnya, yaitu situs Prabu Siliwangi. Dari pusat Kota Majalengka, kamu hanya perlu menempuh jarak 7 km menuju area Gunung Panten. Untuk masuk ke kawasan objek wisata paralayang Gunung Panten ini, para wisatawan dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang dengan tarif paralayang mulai dari Rp450.000 untuk terbang selama 10 menit.
3.Gunung Mas Bogor
Salah satu wisata paralayang yang wajib dikunjungi adalah Gunung Mas Bogor. Tidak hanya dapat bermain paralayang, para pengunjung juga bisa menikmati panorama alam yang indah dan memesona. Banyak sekali fasilitas di obyek wisata Gunung Mas Bogor, mulai dari kolam renang, flying fox, lapangan volley, dan masih banyak lagi.
Wisata alam ini berada di Jl. Raya Puncak 8 Km, Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Para pengunjung. Adapun harga tiket masuk di kawasan Gunung Mas Bogor relatif murah, yakni Rp6.000/orang. Untuk itu, buat kamu yang berada di Jawa Barat tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat ini.
4. Bukit Paralayang, Yogyakarta
Parangtritis memang salah satu lokasi terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta. Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih keren kamu bisa beranjak ke Bukit ini. Sesuai namanya, tempat ini mempunyai landasan paralayang pada ketinggian 200 meter. Kamu bisa bermain paralayang dengan harga sekitar Rp400 ribu. Dengan durasi sekitar 30 menit, kamu akan dibawa terbang di atas pesisir Parangtritis yang indah.
5. Gunung Banyak, Batu
Akses menuju Gunung Banyak cukup mudah. Kamu hanya perlu menuju Pujon, berjalan ke arah Songgoriti, lalu mengikuti jalan hingga sampai ke lokasi Gunung Banyak. Gunung ini awalnya adalah landasan take off para atlet paralayang. Namun seiring dengan perkembangannya, tempat ini menjadi lokasi paralayang yang hits. Tidak hanya digunakan oleh atlet paralayang profesional, tapi juga masyarakat umum. Di ketinggian 1.326 mdpl ini kamu bisa menikmati panorama Kota Batu yang indah. Kalau kamu ingin mencoba paralayang di sini, biayanya sekitar Rp400.000 per tandem. Tak jauh dari tempat paralayang, terdapat Omah Kayu atau rumah kayu. Di salah satu lokasi paralayang di Indonesia ini, kamu bisa berfoto-foto dengan membayar Rp5.000 per orang. Tak hanya berfoto, kamu juga bisa menginap di sini dengan harga kamarnya Rp350.000 per malam saat hari kerja dan Rp450.000 per malam saat akhir pekan.
6. Matantimali, Palu
Berada di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut, Marantimali merupakan salah satu lokasi terbaik di Desa Wayu, Palu, Sulawesi Tengah. Dengan ketinggian tersebut, tempat ini juga menjadi langganan perlombaan paralayang internasional. Harga yang ditawarkan untuk mencoba terbang relatif terjangkau, sekitar Rp350 ribu - Rp600 ribu.
8. Puncak Lawang, Sumatera Barat
Destinasi wisata paralayang yang indah dan memesona selanjutnya, yaitu Puncak Lawang. Obyek wisata yang berada di Kota Bukitinggi, Sumatera Barat ini, menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Dari atas ketinggian, pengunjung dapat melihat bukit-bukit yang masih hijau dan asri. Buat kamu yang ingin bermain paralayang, dari atas ketinggian juga akan dimanjakan dengan hamparan air bening Minanjau yang indah dan memesona. Untuk itu, disarankan membawa kamera untuk mengabadikan momen terbang terbaikmu.
Selain itu, obyek wisata Puncak Lawang juga menyediakan berbagai fasilitas lengkap. Di tempat ini, kamu bisa beristirahat di gubuk-gubuk sederhana dari kayu dan bambu sambil menikmati udara sejuk yang membuat kamu betah di sini.
Demikianlah informasi mengenai wisata paralayang terbaik di indonesia. Semoga bermanfaat!