Mengenal Buah Tin
Buah tin atau buah ara adalah buah yang kaya akan nutrisi selain itu buah tin mempunyai rasa yang manis.
Buah tin atau buah ara telah ada sejak 1400 tahun Masehi lalu. Awalnya, buah tin ditemukan di Asia Barat, tetapi kini sudah dibudidayakan di banyak daerah di Indonesia. Buah Tin ini juga memiliki nama latin Ficus Carica. Tanaman ini diperkirakan memiliki sekitar 850 spesies di belahan dunia dan masih berkerabat dengan pohon beringin. Tanaman Ficus Carica ini juga pada umumnya lebih dikenal ada 3 jenis spesies buah tin seperti Cadocous (Myrna), Persistent (umum), intermediate (san pedro).
Tanaman Buah Tin, mampu tumbuh tinggi 6 sampai 10 meter dengan batang lunak berwarna abu-abu kecoklatan mengandung getah apabila terkena kulit manusia akan mengalami iritasi atau gatal-gatal, terlebih lagi kalau getah terkena mata akan sangat beresiko lebih.
Tanaman Ficus Carica mampu tumbuh subur dinegara yang mempunyai iklim tropis sedangkan untuk Tanaman Tin yang hidup di 4 musim harus memerlukan perawatan yang lebih dibanding Tanaman Tin yang hidup di iklim tropis tersebut, kebanyakan tanaman tin yang ber iklim tropis buahnya berwarna ungu. Tanaman ini memiliki ciri-ciri bunganya tidak akan tampak karena berada pada dasar bunganya maka tanaman tersebut akan terlihat hanya berbuah saja.
Selain memiliki bunga yang tidak tampak, buah Tin memiliki bentuk daun seperti jari sebanyak 3 atau lima ruas, daunnya tumbuh tunggal dan berwarna hijau terang dengan panjang 12 sampai 25 cm dan lebar 10 sampai 18 cm. Daun tanaman ini terlihat berbulu halus pada permukaannya.
Buah Tin yang masih muda akan terlihat berwarna hijau dan akan berwarna kuning, ungu dan coklat jika sudah tua. Meskipun masih muda, rasa buah tin sangat enak dikonsumsi baik memakannya secara langsung atau dibuat makanan lainnya seperti Kismis dan Selai. Rasanya cukup manis, sedikit berair, bijinya kecil-kecil dan berserabut.
Sayangnya, buah Tin ini tidak bisa bertahan lama jika sudah masak. Namun untuk menyiasati ketahannya, buah Tin bisa dimasukkan ke dalam lemari es atau dikeringkan di panas terik matahari. Jika dikeringkan, buah Tin tersebut mampu bertahan sampai 6 bulan lamanya. Tanaman ini juga mampu berbuah sepanjang tahun dan cukup mudah dalam perawatannya hingga bisa dibudidayakan.
Buah yang konon berasal dari dataran asia barat tepat nya didaerah mesir ini merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat karena didalam buah tin terdapat kandung-kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Kandungan yang terdapat didalam buah tin seperti vitamin dan mineral sangat baik bagi kebutuhan nutrisi kita sehari-hari, selain dari itu ternyata kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga stamina dan bahkan menjadi obat bagi tubuh kita.
Demikianlah informasi mengenai buah tin. Semoga bermanfaat!