Tips Bermain Sepatu Roda
Bagi pemula yang ingin belajar sepatu roda baiknya memiliki pelatih atau pembimbing yang bisa mengajarkan teknik-teknik dasar bersepatu roda.
Bermain sepatu roda di depan rumah atau jalan di komplek rumah sudah menjadi hal yang menyenangkan bagi para penghobi.
Namun, banyak orang yang masih ragu untuk mencoba sepatu roda karena takut jatuh atau tergelincir. Padahal dengan tahu cara bermain yang benar hal itu tidak akan terjadi.
Berikut ini adalah tips bermain sepatu roda untuk pemula biar aman, seru, dan nyaman. Simak sampai habis supaya cepat bisa.
1.Siapkan peralatan yang dibutuhkan
Hal pertama yang harus kalian siapkan adalah sudah pasti sepatu roda, namun apabila kalian baru pertama kali mencoba disarankan agar memakai helm dan pelingdung siku serta lutut. Kalau belum punya peralatannya, kalian bisa menyewa dengan harga yang terjangkau.
Dengan tambahan perlengkapan keselamatan yang juga kalian siapkan, diharapkan bisa mengurangi risiko cedera apabila kalian terjatuh. Selain itu, kalian juga disarankan untuk bermain di permukaan jalan yang rata, agar mudah dalam mengendalikan sepatu rodanya.
2.Atur posisi tubuh agar seimbang
Hal terpenting dalam bermain sepatu roda adalah tetap tenang dan bisa menjaga keseimbangan tubuh dengan baik. Setelah mengenakan semua perlengkapan yang dibutuhkan cobalah untuk berdiri dan mengatur keseimbangan.
Salah satu caranya adalah dengan menekuk lutut sedikit dan sambil menggerak-gerakan kaki kalian secara perlahan. Kaki yang tidak ditekuk dan statis sangat menganggu keseimbangan badan ketika memakai sepatu roda.
3.Memilih Tempat Berlatih
Berlatih sepatu roda untuk pertama kali jangan langsung di aspal yang bisa membuat sepatu roda langsung meluncur. Karta memberikan tips agar pemula belajar dulu di permukaan yang membuat sepatu roda tidak bergerak, seperti di rumput atau karpet.
"Jangan di aspal, bisa di karpet atau rumput di rumah. Di permukaan yang tidak bikin roda meluncur, seperti tanah kasar, aspal kasar, atau di rumah pakai karpet. Jadi persiapannya biar gerakan keseimbangannya bisa diatur sebaik mungkin," pesannya.
4.Berlatih Mengerem
Terakhir, menurut Karta seorang pemula wajib mengetahui teknik berhenti (mengerem). Ia menyarankan teknik mengerem yang disebut 'T-stop' karena mudah dilakukan.
"Selanjutnya pengereman, pemula bisa ngerem dengan cara T-stop ini lebih cepat dan lebih mudah. Kalo T-Stop masing-masing orang beda ada yang enaknya pakai kanan, ada yang enaknya pakai kiri," ujarnya.
"Metode T-Stop langsung membentuk huruf T, jadi kecepatannya langsung berkurang maksimal. Salah satu kaki di tekan bagian tumitnya di belakang kaki lain membentuk huruf T," pungkasnya.
5.Berlatih Rolling (meluncur)
Meluncur yang betul menurut Karta dengan menggunakan kaki bagian dalam secara bergantian. Dorong kaki bergantian agar roda bergerak maksimal.
"Rolling yaitu push kanan dan kiri menggunakan kaki bagian dalam. Tujuannya agar semua roda bisa rolling. Jangan cuma pakai kaki bagian depan aja karena nanti yang rolling depan aja, tapi bagian dalam biar maksimal," ucap Karta.
Itulah beberapa tips yang harus kalian persiapkan sebelum bermain sepatu roda.Persiapkan hal-hal di atas agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.