Manfaat Minum Teh
Teh adalah salah satu minuman yang banyak digemari oleh banyak orang dari segala usia.
Teh lebih dari sekedar minuman yang populer. Selama ribuan tahun, minum teh telah, dan masih menjadi tradisi dan ritual yang berakar jauh di dalam budaya di seluruh dunia. Berasal dari Cina, mungkin sedini 2737 SM, kebiasaan minum teh lalu menyebar ke Jepang, kemudian Belanda, dan akhirnya ke seluruh Eropa. Teksturnya yang ringan dan bisa diminum kapan pun membuat teh diminati oleh segala kalangan.
Namun ternyata teh memiliki keunggulan yang lebih dari itu. Setiap pucuk daun teh menyimpan khasiat yang besar untuk kesehatan kita. Bahkan menurut penelitian, minuman tersebut bisa mencegah penyakit kronis seperti kanker dan diabetes.
Berikut ini manfaat dari minum teh:
1. Anti-inflamasi
Peradangan telah dikaitkan dengan segala hal mulai dari diabetes hingga penurunan kognitif. Faktanya, peradangan telah diimplikasikan sebagai akar dari hampir semua penyakit kronis.
Polifenol antioksidan dalam teh adalah pembasmi peradangan yang kuat. Faktanya, EGCG dalam teh hijau 100 kali lebih kuat daripada kekuatan antioksidan vitamin C. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit radang usus serta penyakit pemicu peradangan lainnya.
2. Meningkatkan kualitas tidur
Apakah kamu sering mengalami kesulitan untuk tidur? Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan rutin minum teh, terutama teh hitam. Menurut studi dari Integrative Medicine Research, secangkir teh setiap malam dapat membantu menyembuhkan insomnia ringan hingga sedang.
3. Meningkatkan Sensitivitas Insulin
Teh hijau dapat membantu mengurangi komplikasi akibat diabetes. Diabetes adalah masalah kesehatan di seluruh dunia, dengan risiko komplikasi yang signifikan, kematian dini, dan kualitas hidup yang lebih buruk.
Penelitian menunjukkan minum teh dapat meningkatkan sensitivitas insulin, melindungi sel pankreas dari kerusakan lebih lanjut, dan mengurangi peradangan, semuanya bermanfaat bagi mereka yang berisiko atau sudah didiagnosis menderita diabetes.
4. Membuat kulit lebih sehat
Minum teh hitam secara teratur dinilai dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit. Meski demikian, minum teh hitam panas (hangat) dinilai lebih bermanfaat bagi kesehatan ketimbang menikmatinya sebagai es teh. Seperti dilansir Reader's Digest, Uma Naidoo, MD, Direktur Nutritional and Lifestyle Psychiatry di Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, mengatakan bahwa teh hitam panas bermanfaat untuk mengurangi gejala karsinoma kulit skuamosa.
5. Mencegah penyakit jantung
Dilansir dari laman WebMD, konsumsi teh secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Lagi-lagi hal ini dapat terjadi karena polifenol yang dikandungnya. Zat tersebut sangat kuat memerangi radikal bebas yang ada di dalam pembuluh darah. Bukan hanya itu, polifenol juga terbukti bisa menurunkan tingkat kolesterol hingga 11 persen.
6. Mencegah alzheimer dan parkinson
Alzheimer dan parkinson adalah penyakit degeneratif yang menyerang otak. Keduanya dapat diturunkan melalui genetis. Jika keluargamu memiliki riwayat penyakit tersebut, kamu harus segera meminimalkan risikonya mulai sekarang. Salah satu cara yang ampuh adalah dengan minum teh setiap hari. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Science Daily tahun 2019, teh memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan struktur otak.
7. Baik Untuk Kesehatan Mulut
Tidak semua minuman baik untuk kesehatan mulut Anda. Tapi teh ternyata bisa meningkatkan kesehatan mulut. Teh mengandung fluorida dan dapat meningkatkan populasi bakteri di mulut. Ini mengurangi risiko penyakit periodontal, gigi berlubang, dan bahkan mungkin kanker mulut.
8. Membantu menurunkan berat badan
Teh merupakan minuman yang hampir tidak memiliki kalori. Kandungan di dalam teh dapat menghambat penyerapan lemak. Teh juga membantu membakar lemak lebih banyak saat Anda berolahraga. Namun, untuk dapat menurunkan berat badan, jangan menambahkan banyak gula dan susu ke dalam teh Anda.
Itulah khasiat manfaat minum teh untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!