Jenis Kucing Berbulu Pendek
Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari masyarakat karena tingkah laku maupun bulunya.
Jenis kucing berbulu pendek bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin memelihara kucing dengan perawatan mudah. Kucing merupakan peliharaan paling populer yang pernah ada. Tingkahnya yang lucu dan wajahnya yang menggemaskan membuat binatang ini jadi penghilang stres yang ampuh. Bagi kamu yang memiliki gaya hidup praktis, jenis kucing tertentu bisa dipertimbangkan untuk diadopsi. Dengan bulu yang pendek, jenis kucing ini tidak memerlukan perawatan harian seperti jenis kucing berbulu panjang. Kamu hanya perlu menyikat bulunya secara berkala untuk menjaganya tetap sehat dan tidak rontok. Berikut jenis kucing berbulu pendek:
1. Kucing British Shorthair
Jenis kucing ini adalah salah satu jenis kucing tertua yang berasal Inggris. Jenis kucing ini punya ciri khas yaitu kepala bulat, mata bulat cerah, pipi tembem, cakar bulat, lalu bagian ekor dengan ujung yang membulat. Jenis kucing British Shorthair sebenarnya tidak terlalu menuntut dalam hal perawatan atau perhatian. Selain itu, jenis kucing ini adalah jenis kucing yang tidak cenderung vokal. Salah satu keuntungan jika kamu memiliki jenis kucing ini, perawatannya sangat mudah. Bahkan cukup dengan menyikat beberapa kali dalam seminggu sudah cukup. Tujuannya untuk menghilangkan bulu yang rontok.
2. American Shorthair
Seperti namanya, kucing American shorthair merupakan kucing asal Amerika Serikat yang merupakan kucing keturunan British shorthair dan European shorthair. Ciri kucing American shorthair memiliki ukuran tubuh sedang dan cakar yang kuat. Telinga kucing ini cukup lebar dengan ujung melengkung ke atas sebagai ciri khasnya. Menariknya, kucing ini memiliki kemampuan berburu yang baik. Sehingga sebagian masyarakat memanfaatkan kucing ini untuk memburu tikus dibandingkan hanya untuk hewan peliharaan saja.
3. Burma
Kucing Burma adalah kucing berukuran sedang dengan tubuh yang kuat, berotot, kepala bulat, dan mata emas yang ekspresif. Jenis kucing ini termasuk kucing yang cerdas dan penyayang. Bulu kucing burma pendek, dan berkilau halus seperti sutra. Jenis kucing ini hanya membutuhkan perawatan minima dengan menyikat bulunya seminggu sekali.
4. Bombay
Bombay seringkali dikenal sebagai jenis kucing paling hitam di dunia. Setelah kucing dewasa, bulunya menjadi hitam sampai ke akar, pendek, rapat, dan sangat berkilau. Bahkan bantalan kakinya berwarna hitam. Bombay merupakan kucing pangkuan yang menyenangkan. Bulunya yang pendek tidak memerlukan perawatan khusus setiap harinya.
5. Siam
Salah satu dari aneka jenis-jenis kucing bulu pendek ini memiliki ukuran sedang, ramping, dilengkapi bulu pendek yang halus. Kemudian, salah satu ciri yang paling mencolok dari kucing siam yaitu ada pada pola warna yang lebih gelap di telinga, muka, ekor, tungkai, serta kaki. Kucing Siam adalah satu dari jenis-jenis kucing yang punya bulu pendek dengan perawatan standar. Kamu cukup menyikat bulu kucing jenis siam ini setiap minggu untuk mengurangi risiko terjadinya hairball.
6. Exotic Shorthair
Exotic Shorthair adalah jenis kucing yang masih berkerabat dekat kucing Persia. Exotic Shorthair pada awalnya dibiakkan sebagai alternatif perawatan yang mudah dibandingkan kucing Persia. Sementara Persia membutuhkan perawatan harian, mantel Exotic Shorthair yang pendek, padat, dan mewah sangat mudah dirawat.
7. Manx
Kucing manx dikenal dengan ekornya yang pendek bahkan tampak tak memiliki ekor. Jenis kucing ini berasal dari Pulau Man, sebuah pulau di Laut Irlandia antara Inggris dan Irlandia. Dengan mata bulat, pantat, dan kepala, tubuh Manx yang besar dan gempal membuat jenis kucing ini menjadi kucing yang kuat. Jenis kucing manx berbulu pendek memiliki memiliki bulu luar yang agak keras dan mengkilap. Pemilik perlu menyikatnya sekali atau dua kali seminggu untuk menghilangkan bulu mati.
8. Devon Rex
Devon Rex adalah satu dari jenis-jenis kucing yang memiliki mata lebar dan telinga segitiga. Bulu dari jenis kucing ini cenderung tipis. Kemudian, jenis kucing ini senang meringkuk dan suka bergaul. Tapi salah satu yang disayangkan, bulu kucing ini mudah rontok. Itu mengapa, kamu hanya perlu menyeka bulu kucing ini dengan kain lembap tiap minggu.
Itulah beberapa jenis kucing berbulu pendek. Semoga bermanfaat!