Jenis Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold adalah kucing yang masuk kucing kelas atas karena kecantikan dan keimutan.
Kucing Scottish fold adalah jenis hewan berkaki empat yang banyak disukai oleh para pecinta kucing. Pasalnya, si kucing imut ini memiliki bentuk telinga yang terlipat, menyerupai beberapa jenis anjing.
Secara etimologis, arti dari nama kucing Scottish fold atau fold cat jika diterjemahkan menjadi kucing telinga lipat Skotlandia. Sesuai dengan namanya, hewan berbadan mungil ini memang berasal dari Skotlandia. Sebelum diberi julukan tersebut, nama dari kucing ini adalah floops. Berdasarkan sejarah yang tercatat, pada tahun 1961 pertama kali dikenal kucing dengan ciri-ciri telinga lipat.
Namun, di Eropa ada beberapa pro kontra tentang kucing ini. Salah satunya datang dari Fédération Internationale Féline yang menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang bernilai negatif. Jika dibudidayakan, kucing dengan mutasi genetik ini dapat membahayakan diri mereka. Menurut beberapa peneliti, karena apabila daun telinganya terlipat maka kurang dapat melindungi lubang telinga.
Dengan kurang tertutupnya lubang telinga, maka risiko terkena infeksi dan masuknya kotoran pasti akan lebih tinggi. Karena itulah, akhirnya banyak yang melakukan penelitian lebih lanjut agar dapat menekan resikonya. Sampai dengan tahun 1971, total kucing yang beranak pinak mencapai hampir 100 dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.
Di Indonesia sendiri, sejarah kucing Scottish fold sudah bisa dipelihara sejak beberapa waktu lalu. Namun, tahun tepatnya belum diketahui secara jelas, siapa yang mengimpor pertama kali.
Kucing scottis memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah:
1. Straight ear
Straight ear adalah jenis kucing yang memiliki telinga lurus atau normal. Sesuai dengan nama jenisnya, kucing scottish fold yang satu ini tidak memiliki bentuk telinga yang terlipat. Oleh sebab itu, Scottish straight ear ini seringkali disebut si telinga lurus atau normal yang dimiliki oleh kucing pada umumnya.
2. Folded Ear
Kucing scottis memiliki telinga melipat ke depan, telinga ini akan mengalami perubahan ketika umur kucing sudah mulai tumbuh dewasa. Saat kitten kondisi daun telinga kucing belum berlipat ke belakang. Penyebab hal ini adalah karena mutasi genetic yang merubah bentuk organ kucing.
3. Scottish Fold Shorthair
jenis kucing Scottish Fold yang memiliki bulu pendek dan lebat.
4. Scottish Fold Putih
Kucing jenis ini adalah kucing Scottish Fold yang memiliki bulu warna putih di seluruh tubuhnya sehingga membuat kucing ini tampak bersih.
5. Scottish Fold Abu Abu
Jenis kucing Scottish Fold yang memiliki warna abu-abu diseluruh tubuhnya. Kucing warna ini cukup digemari karena mirip dengan boneka yang lucu.
6. Scottish Fold Ukraine
Jenis Scottish Fold yang berasal dari Ukraine asli atau belum ada persilangan dari jenis ras lain.
Nah itu dia jenis kucing scottish fold. Semoga bermanfaat!