Menghilangkan Kutu Kucing
Kutu kucing (Ctenocephalides felis) adalah parasit yang paling banyak menyerang kucing di seluruh dunia.
Kucing memang merupakan hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Namun, berbeda ceritanya jika kucingmu terkena kutu karena hal ini cukup membahayakan, bahkan bisa berdampak buruk bagi manusia. Infeksi kutu bisa menyebabkan gatal-gatal, iritasi, alergi, bahkan anemia atau kurang darah pada kucing. Tidak hanya itu, kutu juga bisa menularkan parasit lainnya, seperti cacing pita, ke kucing peliharaanmu.
Berikut ini yang dapat membantu Anda menghilangkan kutu pada kucing :
1. Mandikan dengan sampo kutu
Agar kucingmu bisa terhindar dari infeksi kutu, penting untuk selalu menjaga kebersihan tubuhnya. Untuk membersihkan kucing dari kutu dan kotoran, kamu bisa memandikannya dengan sampo antikutu khusus kucing. Sampo ini umumnya bisa kamu dapatkan dengan mudah di pet shop. Setelah memandikan kucing, gunakan sisir serit untuk membersihkan sisa kutu dan telur kutu yang masih menempel di bulunya.
2. Semprotkan Cuka untuk Hilangkan Kutu Kucing
Cara menghilangkan kutu kucing dengan cuka sangatlah mudah sebab kamu hanya perlu mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian, hangatkan dengan api sedang dan masukkan larutan ke dalam semprotan.
3. Buat semprotan kutu dari bahan-bahan alami
Ada beragam bahan alami yang efektif untuk membasmi kutu dari tubuh kucing, seperti lavender dan teh chamomile. Keduanya dapat kamu manfaatkan untuk membuat semprotan kutu kucing di rumah. Jika ingin menggunakan lavender, kamu bisa merendamnya dulu semalaman, lalu semprotkan airnya ke tubuh kucing secara merata. Sedangkan jika kamu ingin menggunakan teh chamomile, rendam dulu dengan air panas, lalu semprotkan setelah dingin. Kamu juga bisa menggunakan minyak esensial dengan bahan alami, seperti ekstrak lemon, kayu putih, serai, thyme, kelabat (fenugreek), dan tea tree oil, untuk membasmi kutu kucing.
4. Oleskan minyak zaitun pada bulu kucing
Ternyata, minyak zaitun juga dapat membantu menghilangkan kutu pada kucing, loh. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada bulu kucing selama kurang lebih 15 menit agar minyak tersebut dalam menembus sampai kulitnya sehingga kutu kucing pun akan terlepas dengan sendirinya. Setelah itu, Anda dapat memandikan kucing dan langsung mengeringkan tubuhnya.
5. Berikan obat minum antikutu
Jika cara di atas tidak berhasil mengatasi kutu pada kucing kesayanganmu, kamu bisa memberinya obat minum antikutu. Meski demikian, berbeda dengan obat antikutu yang lainnya, obat-obatan ini umumnya hanya bisa kamu dapatkan dengan menebus resep dari dokter hewan. Salah satu obat resep yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi kutu adalah ivermectin. Tak hanya untuk membasmi kutu, obat ini juga bisa digunakan sebagai obat cacing kucing.
6. Oleskan minyak telon
Anda juga dapat mengoleskan minyak telon pada bulu kucing yang memiliki kutu. Minyak telon mengandung minyak atsiri yang dapat membunuh kutu dan telurnya. Anda hanya perlu mengoleskan minyak telon ini pada bagian tubuh kucing yang sering dihinggapi kutu.
7. Semprotkan air lemon
Jika ingin menggunakan air lemon, Anda dapat membuatnya dengan cara merebus dua potong lemon beberapa saat, kemudian dinginkan. Saringlah air rebusan tersebut dan masukkan ke botol. Semprotkan ke seluruh bagian tubuh kucing secara hati-hati agar tidak kena mata kucing.
8. Vaksin untuk kucing
Cara ini dapat dikatakan paling ampuh untuk membunuh kutu kucing. Vaksin biasanya sangat direkomendasikan untuk kucing sejak usianya masih kecil. Anda dapat menghubungi dokter hewan untuk melakukan vaksinasi kucing agar mendapatkan perawatan terbaik.
9. Memastikan kebersihan kandang
Kondisi kandang yang lembap dan kotor akan memicu munculnya kutu kucing. Jadi, Anda harus memastikan kandang kucing selalu bersih dan mendapat cahaya matahari yang cukup. Hal ini dapat membantu Anda membasmi kutu kucing.
Nah, itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kutu pada kucing. Semoga bermanfaat!