Gurun Pasir Putih
Sebuah gurun identik dengan pasir berwarna cokelat keemasan. Namun, ada gurun pasir yang memiliki pasir berwarna putih.
White Sands National Park namanya, sebuah taman nasional yang sudah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu. Pasir gurun yang berwarna putih disebabkan oleh kandungan gipsum yang banyak dan terkonsentrasi di satu tempat. Karena keunikan dari gurun pasir putih tersebut, taman nasional ini pun kemudian ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia.
Sekitar 26 Kilometer dari barat daya Alamogordo dan selatan dari White Sands Missile Range, di New Mexico, Amerika Serikat, terdapat hamparan pasir seputih salju seluas 700 Kilometer. Uniknya, gurun pasir tersebut tidak bermaterial kuarsa, tetapi gipsum kristal. Gipsum memang salah satu senyawa mineral yang umum ditemukan di bumi. Meskipun demikian, material tersebut masih jarang ditemukan di pasir karena mudah larut di dalam air. Umumnya, gipsum ditemukan dalam air panas, danau, dan air laut. Material tersebut kerap ditemukan ketika air menguap. Itulah asal muasal terbentuknya gurun pasir putih satu ini, mengutip dari laman AmusingPlanet.
Sebelumnya Tularosa Basin, letak gurun pasir putih tersebut berada, merupakan cekungan dangkal sebagai tempat bermuaranya air hujan dan lelehan air dari pegunungan yang melarutkan gipsum. Ketika air menguap, lapisan gipsum kristal tersebutlah yang tersisa. Gundukan gurun pasir putih tersebut dapat memiliki tinggi hingga 15 meter, cukup besar untuk ukuran gurun di dunia. Gurun pasir dapat terus berubah karena pergerakan angin barat daya. Satu lagi, tak perlu khawatir ketika memijakkan kaki ke gurun pasir putih di New Mexico tersebut. Sebab, pasir putih tidak menyerap panas yang memungkin kita untuk berjalan dengan kaki telanjang.
Menurut laman resmi White Sands National Monument, kandungan mineral gipsum yang tinggi membuat gurun pasir seluas kurang lebih 442 hektare ini memiliki pasir berwarna putih. Gipsum sendiri merupakan mineral bebatuan yang bisa ditemukan dengan mudah di seluruh dunia. Akan tetapi, berbeda dengan White Sands National Monument yang memiliki gipsum terbanyak yang terkonsentrasi di satu tempat. Keunikannya tersebut pun menjadikan White Sands National Monument sebagai salah satu keajaiban alam di dunia. Sementara itu, hamparan gurun pasir ini diperkirakan mulai terbentuk sekitar 7.000 hingga 10.000 tahun yang lalu ketika Danau Otero mulai mengering. Karena pesonanya yang tak biasa, tak heran bila gurun pasir ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan di seluruh dunia.
Tak hanya gurun pasirnya yang unik, ada beberapa hal seru yang bisa dilakukan wisatawan seperti menjelajahi kawasan gurun pasir.
Gurun pasir ini juga memiliki lima jalur trekking yang berbeda-beda. Kalau kamu mau jalur yang mudah, Interdune Boardwalk menjadi pilihan, karena kamu akan lebih banyak berjalan kaki dibandingkan dengan melakukan pendakian yang berat. Sementara bagi mereka yang memang hobi mendaki, di sekitar gurun pasir ini juga memiliki trek yang bisa dicoba yaitu Alkali Flat Trail. Kamu kan menyusuri jalan sepanjang 8 km dengan menaiki dan menuruni bukit. Sedangkan bagi mereka yang berlibur bersama keluarga, pilihlah Dune Life Nature Trail. Ini merupakan jalur yang ideal untuk keluarga. Aktivitas seru lainnya adalah, kamu bisa meluncur dari atas bukit-bukit pasir dengan menggunakan kereta luncur. Puas bermain, mengabadikan foto di tempat ini juga menjadi agenda yang tak boleh dilewatkan begitu saja karena tempat ini menawarkan spot foto Instagramable yang anti-mainstream.
ak hanya itu saja, bagi kamu yang ingin menikmati indahnya malam dari gurun pasir, berkemah adalah hal yang menarik untuk dicoba.
Bagi wisatawan yang ingin berkemah mereka akan dikenakan biaya tambahan sekitar 3 dolar AS atau sekitar Rp 50 ribu per orang per malamnya. Meski berkemah menawarkan pengalaman yang unik, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal lain seperti angin atau badai yang bisa saja datang tiba-tiba.Selain berkemah di bukit pasir, wisatawan juga bisa menginap di perkemahan umum terdekat yaitu Lee State Park campground. Atau berkemah di parkiran mobil RV yang kamu sewa.
Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi gurun pasir ini kamu harus menempuh perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang menuju El Paso atau Albuquerque, kota terdekat menuju gurun pasir ini. Dari sana, kamu bisa menyewa mobil untuk mencapai taman nasional ini. Sementara itu, tak ada waktu terbaik untuk mengunjungi gurun pasir ini, karena kamu bisa mengunjunginya kapanpun. Namun, bagi kamu yang ingin menghindari keramaian kamu bisa datang di musim gugur atau ketika musim dingin.
Demikianlah informasi mengenai gurun pasir putih di meksiko. Semoga bermanfaat!