Penyebab Kucing Belekan
Belekan adalah salah satu masalah pada kucing, terutama anak kucing. Belekan ditandai dengan mata berair, kotoran mata, hingga kerak.
Kotoran mata kucing berasal dari air mata yang terus-menerus diproduksi tubuh sepanjang hari. Ada sejumlah kondisi yang menyebabkan belekan pada kucing. Biasanya, air mata mengalir di sudut mata. Namun, saat ada sesuatu yang mengiritasi mata, tubuh menghasilkan air mata lebih banyak dari biasanya. Hal ini menyebabkan keluarnya cairan dari mata yang jauh lebih jelas dari biasanya. Inilah yang menyebabkan belekan pada mata. Belekan pada kucing bisa memengaruhi penglihatan mata. Bahkan dalam kasus parah dan tidak diobati, belekan bisa menyebakan kebutaan pada kucing. Oleh karena itu, kamu perlu tahu penyebab dan cara merawat mata kucing yang mudah belekan. Ada beberapa penyebab mata kucing belekan yang umumnya disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang dialami kucing. Yuk simak informasinya!
1. Infeksi mata
Masalah mata yang terkait dengan agen infeksi, seperti bakteri atau virus, cukup umum terjadi pada kucing. Infeksi mata juga bisa sangat menular dan dengan cepat berpindah dari satu kucing ke kucing lain. Pada kucing dan anak kucing yang lebih muda, Chlamydia dan Mycoplasma adalah dua bakteri yang paling sering menyebabkan infeksi mata. Infeksi virus biasanya disebabkan oleh feline herpesvirus type 1 dan feline calicivirus. Kucing muda biasanya memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah dan tubuhnya belum diperlengkapi untuk melawan bakteri atau virus, sehingga membuatnya lebih rentan terhadap infeksi. Pada kucing tua yang tinggal di lingkungan terkendali, infeksi mata dapat dianggap sebagai penyakit sekunder dari kondisi. Infeksi bakteri seringkali membutuhkan antibiotik. Oleh karena itu, semakin cepat kucing mendapat diagnosis yang tepat, semakin cepat memulai pengobatan dan mencegah penyebaran infeksi ke hewan peliharaan lainnya.
2. Gangguan kornea
Kucing belekan juga bisa disebabkan oleh kelainan kornea. Kornea adalah permukaan bulat yang menutupi dan membantu melindungi bagian depan mata. Kornea bisa terluka, meradang, bahkan memborok. Akibatnya, dalam kondisi tersebut, tubuh secara otomatis memproduksi lebih banyak air mata, yang dapat menyebabkan kedipan berlebihan, peradangan, dan iritasi, serta keluarnya cairan mata.
3. Saluran air mata tersumbat
Infeksi saluran pernapasan bagian atas sering kali menyebabkan penyumbatan saluran air mata. Saluran air mata tersumbat dapat menyebabkan pengeluaran cairan yang berlebihan. Hal itu terjadi karena tubuh secara alami berusaha untuk membersihkan penyumbatan.
4. Konjungtivitis
Konjungtivitis atau pink-eye ditandai dengan timbulnya peradangan berwarna merah mudah yang terjadi di sekitar area mata. Penyakit mata pada kucing yang umum terjadi ini dapat menyerang salah satu atau kedua mata kucing. Gejala konjungtivitis di antaranya adalah area mata memerah dan bengkak, lebih peka pada cahaya, dan terdapat belekan berwarna bening dan tebal. Jika konjungtivitis diikuti gejala lain, seperti demam, diare, kesulitan bernapas, serta mata dan hidung berair sebaiknya kamu waspada akan feline infectious peritonitis (FIP) yang dapat berakibat fatal.
5. Mata berair dan robek (epiphora)
Istilah epifora diartikan sebagai produksi air mata yang berlebihan dan robekan. Saluran air mata yang tersumbat, produksi air mata yang berlebihan, alergi, konjungtivitis virus, dan lainnya dapat menjadi penyebab robekan abnormal kucing. Dokter hewan akan menggunakan air biasa atau garam untuk membersihkan saluran air mata kucing yang tersumbat. Jika terjadi infeksi, mungkin diperlukan salep atau tetes mata antibiotik untuk mengatasinya.
6. Benda asing di mata
Kucing belekan juga bisa disebabkan oleh benda asing di mata. Hal ini sering kali menyebabkan produksi air mata berlebih secara alami dalam upaya menyingkirkan apa pun penyebab iritasi. Dalam banyak kasus, produksi air mata yang berlebihan berhasil menyingkirkan benda asing. Akan tetapi, jika benda asing masuk ke mata kucing, butuh bantuan dokter hewan untuk mengeluarkannya.
7. Alergi
Penyebab mata kucing belekan juga umum terjadi akibat alergi yang berasal dari benda-benda di sekitar tempat tinggalnya, misal debu, serbuk sari, hingga bahan kimia rumahan. Selain ditandai dengan mata berair yang menyebabkan penumpukan kotoran, alergi juga bisa menimbulkan reaksi lain, seperti kucing bersin dan gatal-gatal.
8. Mata kering
Sementara epiphora adalah produksi air mata yang berlebihan, keratoconjunctivitis sicca atau mata kering adalah produksi air mata yang kurang. Jika mata mengalami kekeringan kronis atau berkepanjangan, akibatnya hampir selalu terjadi peradangan pada kornea, kemerahan, serta iritasi dan nyeri yang parah. Jika tidak diobati, keratoconjunctivitis sicca dapat menyebabkan kebutaan. Kucing yang mengalami mata kering kronis biasanya mengeluarkan cairan kuning dan lengket. Obat tetes mata, obat lain, dan terkadang operasi diperlukan untuk membantu merangsang produksi air mata dan memulihkan lapisan air mata.
Nah itu dia penyebab dari anak kucing belekan. Semoga bermanfaat!