Manfaat Mengonsumsi Granola
Granola adalah jenis makanan yang terdiri dari beberapa komponen, seperti oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering.
Granola terdiri dari rolled oats (biji gandum yang sudah digiling jadi pipih), biji-bijian, madu, dan beras. Bahan-bahan tersebut kemudian dipanggang sampai jadi garing. Ada juga beberapa macam granola yang dicampur dengan kismis, buah kering, kurma, kacang almond, dan lain-lain. Kebanyakan orang mengonsumsi granola dalam kemasan yang mudah dibawa. Namun, ada juga yang mengonsumsi granola dengan yogurt, madu, stroberi, pisang, dan buah-buah lain. Granola bisa juga dicampur dengan sereal untuk menambah nilai nutrisinya.
Berikut adalah beberapa manfaat granola yang dipercaya untuk kesehatan tubuh.
1. Menjaga kekuatan tulang
Sedangkan mineral juga terdapat di dalam granola seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga. Magnesium memiliki banyak fungsi yang baik untuk tubuh Anda. Fosfor membantu menjaga keseimbangan tubuh. Selenium, tembaga, dan besi penting untuk memelihara kekuatan dan perkembangan tulang. Mineral juga sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah dan jaringan penyambung. Karena itu, mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, menjaga kekebalan tubuh, dan fungsi jantung serta saraf Anda.
2. Dilengkapi antioksidan
Manfaat granola selanjutnya datang dari kandungan antioksidannya. Perlu diingat, tidak semua produk granola memiliki bahan yang sama. Produk granola yang mengandung kelapa serut hingga chia seeds dikenal sebagai sumber antioksidan seperti asam galat, kuersetin, selenium, dan vitamin E. Deretan antioksidan ini dikenal bisa mengurangi peradangan dalam tubuh, sekaligus melawan radikal bebas yang menghantui kesehatan Anda.
3. Membantu Menjaga Tekanan Darah
Kandungan serat di dalam granola tak hanya mengenyangkan, namun juga membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Lalu, buah kering yang kerap ditemukan di dalam granola mengandung kalium dan elektrolit. Kalium dan elektrolit diketahui dapat menjaga kesehatan pembuluh darah serta jantung.
4. Membantu Menjaga Kesehatan Saluran Cerna
Salah satu cara menjaga kesehatan saluran pencernaan adalah dengan memenuhi kebutuhan serat harian. Anda bisa memperoleh cukup asupan serat dengan mengonsumsi granola. Saluran cerna yang sehat akan membebaskan Anda dari masalah sembelit maupun keluhan lainnya.
5. Menangkal radikal bebas penyebab kanker
Granola mengandung vitamin B1, vitamin E, dan asam folat. Vitamin E didapatkan dari biji-bijian, minyak, dan kacang pada granola. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta pertumbuhan sel kanker.
6. Mencegah anemia
Anemia bisa terjadi jika tubuh kekurangan zat besi. Jutaan orang di dunia mengalaminya, tapi mungkin banyak dari mereka yang tidak sadar. Untungnya, manfaat granola dipercaya dalam mencegah anemia, karena mengandung zat besi yang cukup tinggi. Hati-hati, anemia bisa menyebabkan gejala lelah lesu, sakit kepala, depresi dan gangguan fungsi kognitif pada penderitanya. Penuhilah kebutuhan tubuh terhadap asupan zat besi dari makanan seperti granola.
7. Menjaga kulit dari kerusakan
Manfaat granola lainnya adalah menjaga kulit dari kerusakan. Sebab, granola sendiri mengandung vitamin E, yang bisa mencegah kulit dari penuaan dini, kulit terbakar akibat sinar matahari, dan keriput.
8. Sumber Tenaga
Granola mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber tenaga bagi tubuh. Bagi Anda yang aktif dan gemar berolahraga di pagi hari, menyantap granola sebagai sumber karbohidrat dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh. Meski mengandung karbohidrat, granola tidak memicu peningkatan kadar gula atau menyebabkan lemas setelah mengonsumsinya.
9. Meningkatkan bakteri baik di usus
Meningkatkan bakteri baik di usus menjadi manfaat granola yang sangat dibutuhkan tubuh Anda. Sebuah penelitian membuktikan bahwa granola lebih “pandai” dalam meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus, dibandingkan sereal sarapan lainnya.
10. Sumber Serat yang Mengenyangkan
Granola merupakan salah satu sumber protein dan serat yang membantu membuat Anda menjadi lebih kenyang. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, tubuh akan lebih lambat mencerna sehingga Anda bisa mengontrol nafsu makan.
Nah itu dia 10 manfaat dari mengonsumsi granola. Semoga bermanfaat!