Fakta Kucing Anggora
Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara. Ada berbagai jenis kucing, salah satunya jenis kucing anggora.Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara. Ada berbagai jenis kucing, salah satunya jenis kucing anggora.
Anggora menjadi salah satu ras kucing berbulu lebat yang familiar dan banyak dipelihara pencinta kucing. Ras kucing ini terkenal akan hidungnya yang panjang dan kepalanya berbentuk huruf V. Matanya pun terbilang unik karena berbentuk seperti kacang almond. Sama dengan ras kucing lainnya, kucing Anggora memiliki beragam fakta menarik yang perlu diketahui, yang mungkin membuat kamu tertarik memeliharanya, dilansir dari berbagai sumber. Ada beberapa fakta menarik seputar kucing Anggora. Yuk simak informasinya!
1. Bulunya halus dan panjang
Salah satu ciri khas utama dari kucing anggora adalah ukuran tubuhnya yang sedang dan memiliki bulu yang lebat, halus, dan panjang. Bulunya yang panjang merupakan salah satu alasan kucing anggora banyak diminati sebagai kucing peliharaan. Warna bulunya pun beragam, mulai dari coklat, merah, abu-abu, biru, dan putih. Selain itu, ada pula kucing anggora yang memiliki bulu dengan motif tabby, tortoiseshell, dan bicolor.
2. Asal usul kucing anggora
kucing anggora merupakan kucing yang berasal dari Turki, tepatnya di wilaya Ankara. Fakta uniknya adalah, pada zaman dahulu, wilayah Ankara ini juga dikenal dengan sebutan angora. Sebab dalam bahasa Inggris, kucing anggora disebut kucing anggora. Meski berasal dari Turki, habitat kucing anggora sendiri saat ini di sana sudah semakin sedikit jumlahnya. Itulah mengapa kebun binatang Ankara melakukan program pengembangbiakan khusus untuk kucing anggora.
3. Kesehatan kucing anggora
Seperti kucing pada umumnya, kucing anggora juga memiliki kondisi kesehatan yang baik. Namun jika kucing anggora yang Mama pelihara berbulu putih dan bermata biru, biasanya akan lebih berisiko alami gangguan tuli. Namun tenang, Ma! Masalah kesehatan tersebut tak hanya terjadi pada anggora saja kok, kucing persia pun mengalami hal serupa. Masalah lain yang bisa terjadi pada kucing ras adalah penyakit saraf dan otot (ataxia) dan penyakit jantung kardiomiopati hipertrofi. Namun tak perlu khawatir, jika kucing anggora dirawat dengan baik, kucing akan selalu sehat.
4. Menyukai air Kucing
Anggora dengan warna bulu lebih terang perlu rajin dimandikan. Untungnya, banyak ras Anggora yang menyukai air, bahkan mereka adalah perenang alami.
5. Aktif dan suka bermain
Selain suka bersosialisasi, kucing anggora juga tergolong aktif dan sangat suka bermain, baik dengan manusia maupun bermain sendirian. Oleh karena itu, Anda bisa menyediakan berbagai mainan untuk menunjang keaktifannya. Cobalah menambahkan scratching posts dan cat tree supaya mereka bisa mengasah kuku dan memanjat sekitarnya dengan aman.
6. Kemungkinan tuli tinggi
Pada abad ke-19, kucing berjenis anggora umumnya dianggap tuli. Walaupun hal ini tidak sepenuhnya benar, ada beberapa pengecualian untuk kucing anggora dengan ciri tertentu. Misalnya, kucing anggora berwarna putih dengan mata biru memiliki kemungkinan tuli yang cukup tinggi, begitu pula dengan kucing yang memiliki warna mata berbeda atau odd-eye (biasanya di sisi kepala dengan mata biru). Kucing anggora yang tuli umumnya bisa hidup normal dan sehat, tapi terkadang suara meongannya cukup keras dari biasanya karena mereka tidak mampu mendengar suaranya sendiri.
7. Cocok dipelihara anak-anak dan lansia
Kucing Anggora adalah kucing yang cerdas, mudah beradaptasi, penyayang, dan suka bermain. Beragam faktor ini membuatnya cocok untuk dipelihara oleh keluarga yang memiliki anak-anak atau lanjut usia (lansia). Ditambah, kucing Anggora dapat berteman dengan anjing dan hewan peliharaan lainnya. Sifat tegasnya sering menjadikan kucing Anggora sebagai hewan peliharaan paling menonjol di rumah.
8. Suka bersantai di tempat tinggi
Kucing Anggora cenderung suka bertengger di tempat tinggi. Jika ingin memeliharanya, sediakan pohon kucing yang tinggi atau siap-siap menemukan kucing di atas rak buku atau pintu.
9. Sudah ada sejak abad ke-15
Ras kucing yang murni dan natural ini dapat dilacak sejarahnya secara tertulis hingga abad ke-16 di Perancis. Namun, dikutip dari The Spruce Pets, mereka dipercaya sudah ada di Turki sejak abad ke-15.
Nah itu dia 9 fakta kucing anggora. Semoga bermanfaat!