Fakta Kucing Munchkin
Kucing Munchkin merupakan sebuah ras kucing yang memiliki karakteristik tubuh mungil dan kaki-kaki pendek.
Ada banyak ras kucing di dunia ini yang memiliki keunikan sendiri, salah satunya kucing Munchkin. Ras kucing ini bertubuh panjang dan berkaki pendek seperti ras anjing Dachshund. Kucing ini memiliki tingkah yang menggemaskan, dan tak sedikit yang sukses menjadi selebgram populer. Terlepas dari popularitasnya, pengembangbiakkan ras kucing ini ternyata mengundang banyak kontroversi yang ramai di antara pecinta kucing dunia hingga kini. Berikut ini fakta menarik kucing munchkin:
1. Namanya berasal dari karakter fiksi
Sama dengan ras kucing lainnya, kucing Munchkin memiliki asal mula penamaan yang cukup unik. Nama “munchkin” diambil dari karakter fiksi dalam serial buku Oz milik penulis L. Frank Baum.
2. Tidak Diakui Sebagai Ras Baru
Sejumlah asosiasi pencinta kucing menolak untuk mengakui jenis kucing yang baru ini lantaran berbagai hal. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan mereka adalah masalah kesehatan, gerak hewan, dan lainnya.
3. Warna Bulu dan Panjang Bulu
Jenis kucing peliharaan ini memiliki pola dan warna bulu yang nyaris sama kucing biasa, seperti hitam, putih, coklat, dan lainnya. Nah, ternyata ada yang berbulu pendek, namun ada juga yang berbulu panjang. Wah, ada juga yang seperti ini ya.
4. Kaki pendeknya karena mutasi genetik
Kaki pendek pada kucing Munchkin disebabkan oleh sebuah mutasi genetik langka. Vetinfo melansirkan pada lamannya bahwa gen yang menyebabkan kaki pendek ini cukup berbahaya. Bila embrio kucing Munchkin menerima dua gen ini (masing-masing dari kedua induk), kemungkinan embrio itu tidak akan selamat. Seekor kucing hanya butuh satu salinan gen untuk lahir dengan kaki pendek dan meneruskan sifat ini pada keturunannya nanti.
5. Mereka tetap menjadi primadona
Meskipun penuh kontroversi, kucing Munchkin masih menjadi primadona. Kaki-kaki pendeknya membuat mereka terlihat lucu dan super menggemaskan ketika berjalan atau berlari. Mereka juga terbilang senang bermain dan sangat enerjik. Kaki-kaki pendek tidak menghalangi mereka untuk berlari dan melompat ke sana kemari.
6. Pergerakannya gesit
Kucing Munchkin memiliki pergerakan yang gesit meski berkaki pendek. Pola pergerakannya mirip dengan musang lantaran cenderung gemar bermanuver dari sisi ke sisi. Ditambah, kucing Munchkin dapat melompat ke furnitur meski tidak setinggi kucing lain yang ukurannya lebih tinggi. Namun, sebaiknya melarang kucing Munchkin melompat untuk mencegah cedera punggung karena ukuran kakinya yang pendek. Selain itu, kucing Munchkin juga senang bermain atau berpelukan. Munchkin pun termasuk kucing yang sangat cerdas dan membutuhkan stimulasi mental.
7. Ada Potensi Masalah Sendi
Kucing berkaki pendek ini dikenal memiliki risiko tinggi untuk masalah sendi dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Masalahnya tentu saja terkait dengan kaki yang pendek, berefek pada tingkat pergerakan dan perilaku kucing.
8. Mereka sehat
Berbanding terbalik dengan kontroversi kesehatan yang ramai dibicarakan, kucing Munchkin sama sehatnya dengan ras kucing lain. Mereka dapat hidup hingga 15 tahun lamanya. Hanya saja, memang benar, anak kucing Munchkin lebih rentan menderita lordosis, sebuah gangguan pada otot tulang belakang. Namun gangguan kesehatan ini juga dapat dialami oleh ras kucing lain.
9. Usia hidupnya cukup panjang
Kucing Munchkin dapat hidup selama 12-15 tahun jika dirawat dengan benar. Untuk berat badan, ras kucing rata-rata memiliki berat badan dua sampai empat kilogram dan panjang sekitar 25-30 sentimeter.
10. Masuk dalam Guinness' Book of Record
Seekor kucing Munchkin bernama Lilieput terdaftar dalam Guinness' Book of Record sebagai kucing paling mungil sedunia. Lilieput memiliki tinggi 13,34 cm dari bahu ke lantai. Pemiliknya, Christel Young, menemukan Lilieput ketika kucing itu baru berumur dua tahun. Tak jarang Lilieput mendapat cemoohan karena bentuk fisiknya yang aneh, tetapi sang pemilik tetap menyayanginya.
Itu tadi adalah fakta-fakta kucing Munchkin. Semoga bermanfaat!