Cara Menggiring Bola Basket
Dalam bola basket, cara menggiring bola saat bermain merupakan keterampilan dasar yang wajib dikuasai. Dimana seorang pemain dengan menggunakan satu tangan, terus memantulkan bola di lapangan. Skil menggiring bola membantu seorang pemain dalam mengontrol bola, memajukannya ke arah ring, dan menciptakan jarak dengan pemain lawan yang ingin mencari poin.
Bola basket menjadi salah satu cabang olahraga dengan gaya khas. Di dalamnya terdapat lima teknik dasar yaitu menggiring bola (dribbling), melempar bola (passing), menangkap bola (catching), menembak bola (shooting dan lay up shoot), dan pivot (gerakan berputar dengan berporos di salah satu kaki sambil memegang bola). Kelimanya merupakan bagian dari teknik dengan bola dalam basket. Selain itu, ada juga teknik dasar tanpa bola, seperti menjaga lawan saat menguasai maupun tidak menguasai bola, dan rebounding. Salah satunya keunikan dari teknik dasar basket terlihat dalam gerakan menggiring bola (dribbling). Dribbling adalah gerakan menggiring pada permainan bola basket. Saat melakukan dribbling, pemain tidak bisa begitu saja membawa bola dari daerah pertahanannya menuju daerah lawan untuk memasukkannya ke keranjang. Namun, bola harus dipantulkan ke lantai lapangan baik dalam posisi bergerak atau berpindah tempat, atau pun saat diam.
Berikut rangkuman cara menggiring bola dalam permainan bola basket.
Tetap Rendah
Pemain harus menyadari untuk menjaga tetap dengan pusat gravitasi yang rendah. Ini akan membantu saat menggiring bola dalam banyak hal. Tujuannya agar pemain basket berada dalam posisi lebih stabil untuk berlari sambil menggiring bola dan mampu menahan fisik dan menjaga bola. Ini juga membantu teknik bermain dengan memastikan bola tetap serendah mungkin sehingga bola sulit direbut lawan.
Posisi Kepala Diangkat
Teknik ini tentu akan membutuhkan waktu untuk dikuasai dan harus dilatih. Karena menggiring bola dengan mata menghadap ke atas dan bukan ke bola awalnya sulit dilakukan. Terutama sepanjang pertandingan. Tetapi bila mampu menggiring bola dan mengamati lapangan, pemain akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik dalam menyerang. Karena pergerakannya jadi leluasa dan tidak dapat ditebak.
Menggiring Bola Rendah
Aturan umum saat menggiring bola adalah menjaga ketinggian pantulan antara lutut dan pinggang. Sudah menjadi hukum wajib bagi pemain basket agar tidak memantulkan bola tinggi. Sehingga jangan pernah menggiring bola lebih tinggi dari garis pinggang. Semakin rendah bola, dikombinasikan dengan tubuh yang juga tetap merendah, akan semakin sulit bagi bek untuk mencuri bola.
Pantulkan Bola Dengan Keras
Setelah pemain menguasai cara menggiring bola, maka berikutnya adalah menguasai teknik memantulkan bola dengan keras ke tanah. Caranya saat melakukan gerakan menggiring bola, lengan akan memanjang dan pergelangan tangan harus bergerak maju. Sementara itu ujung jari harus konsisten mendorong bola ke tanah agar tempo terjaga.
Itulah beberapa cara dalam menggiring bola basket.Semoga dapat membantu kalian untuk lebih memahami cara menggiring bola basket.