Mengenal Hewan Gazelle
Gazelle adalah salah satu dari banyak spesies antelop dalam genus Gazella.
Gazelle adalah antelop tipis dan anggun yang hidup di Afrika dan Asia. Mereka menyerupai rusa dan berada dalam keluarga yang sama dengan kambing, sapi, dan domba. Gazelle dapat diidentifikasi dari tanduknya yang melengkung, bercincin, mantel cokelat atau coklat kemerahan dan pantat putih. Seringkali, ada bintik-bintik atau garis-garis di mantel mereka. Bingkai cahaya mereka membantu membuat mereka gesit dan lebih mampu melarikan diri dari pemangsa. Gazelle biasanya sering berada di ruang terbuka lebar dan dataran, tempat mereka menjelajah di rerumputan, pucuk, dan dedaunan.
Ada 19 spesies kijang, menurut Sistem Informasi Taksonomi Terpadu (ITIS). Spesies yang lebih kecil, seperti kijang Speke dan kijang Thomson, hanya berukuran 20 hingga 43 inci (51 hingga 109 sentimeter) di bahu. Beratnya dari 26 hingga 165 pon (12 hingga 75 kilogram). Kijang dama adalah kijang terbesar. Beratnya 88 hingga 165 pon (40 hingga 75 kg) dan tingginya 4,5 hingga 5,5 kaki (137 hingga 168 cm). Kebanyakan rusa hidup di sabana yang panas dan kering serta gurun di Afrika dan Asia. Untuk tetap terhidrasi di lingkungan yang melelahkan ini, rusa mengecilkan hati dan hati mereka , menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiological and Biochemical Zoology. Bernafas dapat menyebabkan hewan kehilangan banyak air. Jantung dan hati yang lebih kecil membutuhkan lebih sedikit oksigen, sehingga hewan dapat bernapas lebih sedikit dan kehilangan lebih sedikit air.
Gazelle mengandalkan kecepatan mereka untuk melarikan diri dari pemangsa. Gazelle dapat mencapai kecepatan hingga 60 mph dalam ledakan singkat dan mempertahankan kecepatan 30 hingga 40 mph. Saat berlari, rusa menggunakan lompatan melompat, yang disebut "pronking" atau "stotting", yang melibatkan melompat ke udara dengan keempat kakinya. Hewan-hewan ini sangat sosial. Beberapa kawanan kijang memiliki anggota sebanyak 700, meskipun beberapa kawanan kecil dan dipisahkan berdasarkan jenis kelamin. Rusa betina Thomson, misalnya, hidup dalam kawanan 10 hingga 30 betina selain anak-anak mereka. Jantan hidup sendiri atau berkelompok dengan jantan lain. Kawanan jantan disebut kawanan bujangan. Pemisahan kawanan lebih menonjol selama musim kawin.
Gazelle adalah hewan yang gesit dan cantik, dengan berbagai garis dan tanda yang menonjolkan bulu cokelat dan pantat putih mereka. Mereka juga membanggakan tanduk bercincin yang mengesankan. Atribut ini membuat banyak rusa menarik sebagai hewan buruan. Musim kawin biasanya terjadi selama musim hujan sehingga anak rusa yang baru lahir akan banyak minum. Gazelle membawa anak mereka selama sekitar enam bulan sebelum melahirkan. Mereka memiliki satu hingga dua anak sekaligus. Bayi rusa disebut rusa atau anak sapi. Untuk menjaga anaknya agar aman dari pemangsa, rusa betina akan menyembunyikan bayinya di rerumputan tinggi. Sementara anak-anaknya masih menyusui, mereka tinggal bersama kawanan induknya. Ketika mereka siap untuk berjuang sendiri, anak sapi jantan dipindahkan ke kawanan jantan. Gazelle biasanya hidup 10 sampai 12 tahun.
Demikianlah informasi mengenai hewan gazelle. Semoga bermanfaat!