Olahraga Selancar Layang
Olahraga selancar layang ini merupakan salah satu olahraga yang sangat mengunggah andrenalin.
Selancar layang ini merupakan olahraga air yang menggunakan kekuatan layang – layang untuk surfing. Jika Anda sudah terbiasa melakukan Surfing, maka Anda dapat melakukan olahraga selancar layang ini dengan juga lebih mudah dibandingkan orang lain yang belum pernah surfing sebelumnya. Olahraga ini sebenarnya hampir sama dengan Surfing pada umumnya, namun ada tambahan kekuatan dari layang – layang yang Anda pegang di pangkat papan surfing Anda. Tujuan dari layang – layang ini yaitu untuk menambah kekuatan Anda dalam berputar, bergerak serta melihat untuk mengikuti gerakan ombak.
Olahraga air ini memang terbilang baru, walaupun tekniknya sendiri sudah banyak digunakan sejak abad ke 12. Di abad ke 12, tepatnya di negara Cina, nelayan yang berlayar menggunakan tenaga layang – layang untuk membantu menarik perahu yang mereka gunakan supaya perahu tersebut lebih mudah untuk meluncur di permukaan air. Tidak lama setelah itu, seseorang dari Inggris, Samuel Cody, telah berhasil menyeberangi selat Inggris dengan bantuan layang – layang yang diletakkan untuk menarik kano miliknya. Semenjak saat itu pemanfaatan layang – layang terhadap perahu semakin populer dan terus dikembangkan. Hingga saat ini terdapat olahraga yang dinamakan selancar layang.
Menurut sejarah, olahraga selancar layang ini yang mulai terkenal di tahun 1996, walaupun di saat itu hanya sebagian kecil dari masyarakat yang mengetahui jenis olahraga ekstrim akhir ini. Bukti nyata dari olahraga ini yang di sebut sebagai olah raga baru yaitu dengan sangat sedikit masyarakat yang tahu tentang jenis olah raga air ini, terbatas nya informasi mengenai apa itu selancar layang, peralatan yang disediakan untuk selancar layang di pantai, atau segala macam hal lain yang memiliki hubungan dengan olahraga selancar layang ini. Selain itu jarang pula atlet yang dapat masuk menguasai olahraga ini dengan cepat. Belum masuknya cabang olahraga selancar layang ini ke dalam pekan olahraga nasional ataupun sea games membuktikan bahwa olahraga selancar layang ini belum lah terlalu dikenal oleh masyarakat luas.
Walaupun jenis olahraga selancar layang ini merupakan salah satu jenis olahraga yang langka, namun tetap saja banyak orang yang telah menguasai Olaraga ini secara profesional. Yang menjadi orang pertama dalam menguasai olahraga selancar layang secara profesional itu Leird Hamilton serta Manu Bertin. Menurut sejarah nya, kedua orang inilah yang telah memiliki jasa besar untuk mengenalkan selancar layang ke seluruh Penjuru dunia dengan memberikan berbagai teknik secara profesional dan juga menjadi juara dalam kejuaraan selancar layang tingkat internasional.
Olahraga selancar layang ini memang jauh lebih terkenal di dunia internasional dibandingkan dengan di Indonesia sendiri ataupun di negara lain di kawasan Asia. Hal ini karena olahraga ini juga pertama kali ditemukan di daerah Barat, bukannya di daerah timur. Maka tak heran jika orang Barat menjadi jauh lebih familiar dengan olahraga ekstrim satu ini.
Demikianlah informasi mengenai olahraga selancar layang. Semoga bermanfaat!