Tips Bermain Tenis Meja
Tenis meja merupakan olahraga atau permainan yang membutuhkan kecermatan dan kejelian. Tidak hanya itu, kelincahan tangan dan kaki juga dibutuhkan. Di samping itu, strategi yang baik untuk dapat mengecoh dan mengalahkan lawan juga tak kalah pentingnya. Dalam bermain tenis meja, tentu membutuhkan teknik-teknik tertentu, apalagi jika Anda merupakan seorang pemula.
Cara bermain tenis meja ganda maupun perorangan tidak semudah kelihatannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti teknik atau cara bermain dan juga peraturan tenis meja. Kebanyakan orang awam atau pemula ketika pertama kali bermain akan mengalami kesulitan untuk mengikuti teknik dan peraturan-peraturannya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam bermain tenis meja yang bisa jadi acuan bagi para pemula.
1.Bet atau pemukul bola
Belilah bet yang berkualitas baik. Anda membutuhkan bet dengan bagian kepala yang baik, yang memungkinkan penempatan sebagian besar atau seluruh kekuatan pegangan Anda. Jika Anda adalah seorang pemula, pilihlah bet khusus untuk pemula, yang memang dirancang untuk memukul dengan pelintiran yang lebih sedikit dan kecepatan yang lebih rendah pada bola-bola yang sulit dikembalikan. Jika Anda telah siap untuk tahap berikutnya, belilah bet berjenis kecepatan sedang hingga tinggi yang memiliki kontrol maksimal dan dirancang untuk memberi penekanan pada teknik bermain.
-Jika Anda memegang bet dengan cara “jabat tangan” (“shake-hand”) ala Eropa, belilah bet yang tepat, bukan bet “pena” (“pen-hold”) ala Asia yang pegangannya lebih pendek.
-Saat memilih bet untuk pertama kalinya, jangan membeli bet yang disebut sebagai memiliki kemampuan memelintir atau hentakan pukulan yang sangat hebat, walaupun promosinya sangat menggoda. Ketahui tingkat kemampuan Anda. Jika tidak, bet ini justru akan mengakibatkan cedera saat Anda menggunakannya.
2.Cara Mengatur Kaki dan Posisi Tubuh
Cara bermain tenis meja bagi pemula yang kedua yaitu cara mengatur kaki dan sikap tubuh. Hal ini sangat penting mengingat banyak pemain pemula sering melakukan kesalahan. Mengatur kaki dan posisi tubuh merupakan salah dua hal yang penting untuk diperhatikan dalam tenis meja karena kaki akan terus bergerak mengikuti pergerakan pukulan. Oleh karena itu, kaki harus bergerak dengan gesit dan leluasa.
Ketika melakukan servis dan pukulan, posisi kaki dan badan harus benar. Posisikan tubuh menghadap ke pihak lawan dengan posisi kaki dari sisi kiri atau kanan. Semuanya disesuaikan dengan posisi pihak lawan. Metode pergerakan kaki yang biasanya sering digunakan adalah two-step, yaitu yang biasanya digunakan untuk melakukan pukulan menyerang. Berikut adalah cara melakukannya.
-Pertama-tama, tekukkan sedikit lutut dengan berat bada bertumpu sepenenuhnya pada kedua kaki.
-Ketika ingin melakukan gerakan ke arah kiri, maka gerakan kaki ke arah kiri dengan cara digeser pelan. Sementara itu, kaki kanan juga mengikuti gerakan kaki kiri.
-Saat hendak melakukan pukulan forehand, kaki kanan ditarik sedikit ke belakang seperti kembali ke posisi awal.
-Ketika selesai melakukan pukulan ke pihak lawan, tetap perhatikan dengan jeli arah bola baru kemudian kembali lagi ke posisi tubuh semula. Jika ingin melakukan pergerakan ke arah kiri, maka gunakan kaki kanan untuk mendorong.
3.Teknik Servis (Serve)
Tindakan pertama yang dilakukan untuk menandakan mulainya permainan olahraga tenis meja adalah servis.
Pada permainan olahraga tersebut, dikenal tiga servis yang sering digunakan oleh sejumlah pemain, yakni forehand fast serve, forehand pendulum serve, dan backhand sidespin serve.
-Teknik Forehand Fast Serve
Teknik ini dapat dilakukan untuk memojokkan lawan main dan memberinya servis kejutan.
Cara melakukan teknik servis ini, yakni pukullah bola tenis meja sekuat-kuat dan secepat-cepatnya dengan teknik forehand atau pukulan dari posisi samping tubuh.
-Teknik Forehand Pendulum Serve
Salah satu teknik dasar tenis meja terbaik adalah forehand pendulum serve. Teknik servis tersebut mudah dipelajari, namun sulit dikuasai secara penuh. Meski demikian, kamu masih tetap dapat melakukannya.
Caranya, pukullah bola dengan ujung atau pinggiran kepala bet, lalu balikkan sisi betnya.
-Teknik Backhand Sidespin Serve
Jika kamu ingin membalikkan keadaan, lakukanlah teknik backhand sidespin serve. Nanti, jalannya permainan akan berpihak padamu.
Agar dapat melakukan teknik ini, kamu harus memukul bola dengan pinggiran kepala bet dari bawah dada atau tubuh. Setelah itu, bet harus diputarbalikkan.
Itulah beberapa tips bermain tenis meja untuk pemula. Semoga dapat di terapkan dan bermanfaat bagi yang baru ingin mempelajari olaharaga ini.