Manfaat Yoga Bagi Tubuh
Olahraga tak hanya melulu gerakan fisik yang membuat tubuh berkeringat. Pasalnya, terdapat alternatif olahraga lain yang tidak perlu berpindah-pindah tempat namun dapat meningkatkan kualitas mental dan fisik, yang disebut yoga.
Yoga sendiri adalah jenis olahraga yang berasal dari negara India. Aktivitas olah tubuh dan pikiran ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tujuan utama dari yoga sebenarnya jauh dari olahraga. Yakni merilis kekuatan spiritual dan mental dari seseorang. Meski demikian, yoga kini sudah sangat populer sebagai olahraga yang dapat melawan stres dan kecemasan yang kerap melanda masyarakat modern.
Berlatih yoga bisa membuat fisik seseorang tetap bugar serta terhindar dari aneka penyakit. Selain itu, rutin melakukan yoga bisa membantu membuat mental, sosial, emosional, dan spritual seseorang jadi lebih baik.
Praktik olah tubuh ini kini telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi, baik itu berupa gerakan maupun manfaatnya. Namun, secara umum, gerakan yoga berfokus pada latihan pernapasan, meditasi, serta berbagai pose yang ditujukan untuk menciptakan relaksasi dan mengurangi stres.
Maka tak heran jika yoga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Ayo simak selengkapnya.
- Meningkatkan fleksibilitas
Fleksibilitas adalah salah satu komponen penting dari kesehatan fisik. Namun perlu diketahui, secara alami, fleksibilitas akan menurun seiring bertambahnya usia seseorang. Sebuah studi di tahun 2019 menemukan bahwa manfaat yoga dapat memperlambat kehilangan fleksibilitas dan bisa meningkatkannya pada orang dewasa.
- Mengurangi kecemasan
Sejumlah penelitian membuktikan, yoga dapat membantu mengurangi kecemasan. Para ahli memang belum mengetahui dengan pasti, bagaimana yoga bisa mengurangi gejala kecemasan. Namun, mereka memperkirakan latihan berkesadaran (mindfulness) dalam yoga dapat membantu pikiran merasa lebih damai.
- Kurangi nyeri sendi
Sebuah studi dalam Rheumatic Disease Clinics of North America pada tahun 2011 menyatakan bahwa berlatih yoga dua kali seminggu bisa membantu meringankan bengkak dan sakit sendi yang diderita oleh seseorang.
- Melatih otot
Manfaat Yoga yang kedua adalah melatih otot tubuh. Tak seperti olahraga kebanyakan, yoga dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel otot, yang pada gilirannya, membantu untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
- Menurunkan berat badan
Manfaat yoga selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan sangat penting untuk melindungi penderita diabetes tipe 2 untuk mencegah komplikasi seperti kanker dan penyakit jantung.
- Meningkatkan kekebalan tubuh
Salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh adalah dengan olahraga yoga. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang melakukan yoga selama 35 menit setiap hari selama 12 minggu berturut-turut akan mengalami peningkatan imunitas atau kekebalan tubuh.
- Memperlancar aliran darah
Memastikan aliran darah lancar adalah kunci penting untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Untuk penderita darah tinggi, sangat disarankan untuk melakukan olahraga yoga minimal 45 menit setiap pagi atau sore hari. Dengan olahraga yoga, pikiran akan lebih rileks dan aliran darah bisa lebih lancar.
- Menyehatkan jantung
Studi menunjukkan, yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sekaligus mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Dalam satu studi, orang yang rutin latihan yoga selama lima tahun, tekanan darah dan denyut nadinya lebih rendah ketimbang orang yang tidak beryoga. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Menurunkan tensi tinggi membantu mengurangi risiko penyakit pembuluh darah. Riset lain membuktikan, kombinasi rutin latihan oga dan menjaga gaya hidup sehat efektif memperlambat perkembangan penyakit jantung.
- Membuat tidur lebih nyenyak
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, yoga secara khusus sangat membantu Anda untuk mengendalikan stres sekaligus memperoleh ketenangan mental. Sehubungan dengan itu, yoga juga telah terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang.
Studi lain menemukan adanya manfaat yoga pada tidur pada pasien dengan limfoma yaitu berupa pengurangan gangguan tidur, peningkatan kualitas dan durasi tidur, dan penurunan kebutuhan akan obat tidur.
- Mempertahankan postur tubuh
Sebagai masyarakat modern, banyak orang yang tanpa sadar terjebak dalam sedentary lifestyle, dimana mereka menghabiskan lebih banyak untuk duduk dan tidak aktif bergerak. Penelitian baru-baru ini menemukan manfaat yoga untuk kesehatan yaitu peningkatan fungsi otak di pusat yang bertanggung jawab untuk intersepsi dan postur tubuh.