Tips Mendaki Gunung Es
Jika sudah biasa mendaki gunung karakteristik hutan hujan tropis, ada pilihan gunung bersalju yang menawarkan sensasi petualangan lain
Mendaki gunung es bisa dimulai dari cara mendaki yang sederhana, seperti berjalanan di salju sampai latihan memanjat memakai kapak es. Gunung es hampir setiap saat punya suhu yang rendah dan salju membuat kegiatan pendakian jadi lebih sulit. Para pendaki yang mau daki gunung salju wajib udah punya keterampilan dasar, mulai dari cara memakai kapak es, memakai tali, skill navigasi mumpuni dan bisa bekerja sama dengan baik dengan tim.
Berikut tips mendaki gunung es:
1. Pilih Waktu yang Tepat
Setelah mengetahui semua informasi mengenai iklim atau cuaca, langkah selanjutnya adalah menentukan waktu yang tepat untuk mendaki. Penentuan waktu ini, harus ditentukan dengan musim di daerah atau negara tempat gunung berada. Berdasarkan pengalaman, cuaca bisa berubah sangat cepat di ketinggian.
2. Persiapan fisik
Kegiatan mendaki gunung tentu memerlukan fisik yang prima. Huda mengatakan, latihan fisik yang bisa dilakukan adalah jogging atau trail running. Frekuensi latihan fisik berupa lari bisa sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Untuk menu latihan, secara umum bisa dilakukan selama tiga bulan sebelum mendaki gunung. Huda menambahkan target pencapaian lari bisa ditingkatkan setiap bulan dalam masa latihan.
3. Bukan Adu Cepat
Perlu diingat bahwa mendaki gunung bukanlah adu cepat. Sebaliknya, kesabaran sangat dibutuhkan dalam menghadapi segala kondisi yang benar-benar baru saat mendaki gunung bersalju.
4. Menu makan
Selama masa latihan, menu makan juga mesti diperhatikan. Nutrisi dari makanan yang dikonsumsi adalah hal yang mutlak dipenuhi. Menu-menu empat sehat lima sempurna merupakan makanan yang bisa dikonsumsi.
5. Riset jalur pendakian
Seperti mendaki gunung di wilayah tropis, riset juga diperlukan saat ingin mendaki gunung-gunung bersalju. Saat riset, unsur-unsur yang perlu diketahui seperti jarak pendakian per hari, jarak pergerakan untuk menambah ketinggian saat mendaki, suhu di gunung, musim terbaik untuk mendaki dan faktor-faktor lain yang mendukung untuk membuat rencana perjalanan. Proses riset bisa dimudahkan dengan mesin pencari seperti Google. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah informasi tentang pergerakan perpindahan ketinggian. Hal itu berpengaruh kepada kemampuan setiap tubuh orang untuk menyesuaikan diri terhadap ketinggian.
6. Operator pendakian
Untuk pendaki pemula, disarankan untuk menggunakan bantuan operator pendakian. Hal itu berguna untuk memudahkan konsultasi tentang rencana pendakian gunung-gunung yang akan didaki. Operator pendakian juga relatif membantu secara biaya dibandingkan ketika merencanakan pendakian secara mandiri. Biaya yang dikeluarkan ketika merencanakan akan cenderung lebih mahal karena harus membeli logistik pendakian secara mandiri.
7. Minum Air Putih
Yang paling penting adalah untuk minum air putih yang cukup. Mendaki gunung di manapun memastikan tubuh terhidrasi dengan baik sangat penting. Oleh karena itu, jangan sampai lupa membawa air putih yang cukup selama mendaki.
8. Kostum pendakian
Pendakian gunung bersalju akan ditempuh dengan suhu ekstrim. Hal penting yang perlu dipersiapkan adalah kostum pendakian yang berkonsep layering system. Layering system terdiri dari tiga jenis yakni base layer, second layer, dan outer layer. Base layer bisa berbahan polyester yang bersifat meneruskan panas tubuh ke bagian luar sehingga tak menyimpan keringat.
Demikianlah informasi mengenai tips mendaki gunung es. Semoga bermanfaat!