Mengenal Gajah Afrika
Gajah afrika adalah spesies hewan dari genus Loxodonta, 1 dari 2 genus yang masih hidup dalam Elephantidae.
Meskipun umum dipercaya bahwa genus dinamai oleh Georges Cuvier pada tahun 1825, Cuvier mengejanya Loxodonte. Seorang penulis tak dikenal meromanisasikan ejaan itu menjadi Loxodonta dan diakui oleh ICZN. Fosil Loxodonta hanya ditemukan di Afrika, tempat mereka berkembang biak dari pertengahan Pliosen. Gajah afrika berukuran lebih besar dari gajah asia termasuk yang terbesar di dunia, dengan berat badan mencapai 6.000 kg.
Gajah Afrika yang hidup di hutan dan sabana di Afrika semakin terancam punah. Para konservasionis meningkatkan seruan untuk segera menghentikan perburuan dan perusahan habitat gajah. Penilaian terbaru oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) yang diterbitkan pada Kamis (25/3) menggaris bawahi tekanan yang dihadapi oleh dua spesies gajah Afrika. Dua spesies gajah itu sekarang terdaftar sebagai "sangat terancam punah" atau "terancam punah".
Berdasarkan survei IUCN, gajah yang hidup di sabana"terancam punah dan gajah hutan yang ukurannya jauh lebih kecil dan ringan juga terancam punah. Ini adalah tanda bahaya karena dua spesies gajah itu kemungkinan tak lama lagi akan punah dari alam liar. Sebelum pembaruan terbaru dari Red List, gajah Afrika merupakan salah satu spesies yang masuk dalam kategori rentan. Namun setelah muncul bukti genetik baru, kedua spesies tersebut telah dikategorikan secara terpisah untuk pertama kalinya. IUCN mengutip data yang menunjukkan populasi gajah sabana Afrika yang ditemukan di berbagai habitat telah turun setidaknya 60 persen selama 50 tahun terakhir. Sementara jumlah gajah hutan yang kebanyakan ditemukan di Afrika Tengah telah turun 86 persen selama 31 tahun terakhir. Jika digabungkan, hanya tersisa sekitar 415 ribu gajah Afrika.
Berikut ini fakta gajah afrika:
1. Dapat makan hingga 450 kg dalam sehari
Dengan ukurannya yang sangat besar, gak heran rasanya jika gajah afrika bisa makan dengan jumlah yang sangat banyak. Hewan pemakan rumput, tumbuhan, buah, dan pohon ini bisa makan sebanyak 450 kg dalam sehari. Meski begitu, gajah hanya mampu mencerna 40 persen dari makanannya karena pencernaannya yang tidak terlalu baik.
2. Mampu berjalan dan berlari dengan sangat cepat
Gajah afrika memiliki kecepatan yang cukup tinggi dalam berlari, lo. Ia mampu dengan mudah mencapai kecepatan hingga 40 mph. Selain itu, gajah afrika juga mampu berjalan dengan sangat cepat. Mamalia darat raksasa tersebut mampu berjalan hingga 195 km per hari, meski rata-rata hanya berjalan hingga 25 km per hari saja.
3. Populasinya mengalami penurunan drastis akibat perburuan gading secara besar-besaran
Populasi gajah afrika kini mengalami penurunan yang cukup drastis karena adanya perburuan liar gading secara ilegal. Bahkan, gajah afrika terdaftar sebagai spesies rentan dalam daftar merah IUCN sejak 2004 lalu. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam pada 2016 lalu, disebutkan bahwa populasi gajah afrika mengalami penurunan sebesar 111 ribu gajah dan diperkirakan hanya tersisa 415 ribu saja. Dalam laporan juga disebutkan bahwa penurunan tersebut merupakan penurunan terbesar selama 25 tahun terakhir. Selain terancam karena perburuan liar, gajah afrika juga terancam kehilangan habitat.
4. Hewan yang cerdas dan memiliki ingatan yang kuat
Gak hanya memiliki postur yang besar, gajah afrika juga memiliki otak yang sangat besar, yaitu lebih dari 5 kg. Otak gajah merupakan yang terbesar dari semua hewan di darat. Dengan otaknya yang sangat besar tersebut, gak heran jika gajah afrika merupakan salah satu hewan yang cerdas di dunia. Dengan kecerdasannya, gajah mampu berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai cara yang berbeda. Ia berkomunikasi dengan menggunakan sentuhan, rasa, dan juga bau. Selain itu, gajah juga merupakan hewan yang memiliki ingatan yang sangat kuat. Dengan ingatannya yang sangat kuat tersebut, ia mampu bertahan hidup di alam liar hingga 70 tahun dan mampu menjalin hubungan jangka panjang dengan gajah lainnya.
Demikianlah informasi mengenai gajah afrika. Semoga bermanfaat!