8 Jenis Topi
Banyak orang yang sering mengalami momen-momen di mana ia merasa rambutnya tidak cukup maksimal atau biasa disebut bad hair days.
Sebagai salah satu aksesoris kepala yang cukup populer dan banyak digunakan, topi biasanya mempunyai banyak variasi desain yang beragam serta fungsi yang berbeda-beda. Supaya tidak salah dalam memilih jenis topi, maka Anda perlu mengetahui berbagai macam jenis topi yang dapat Anda gunakan untuk pelengkap gaya sehari-hari. Topi sendiri merupakan salah satu jenis aksesoris yang tidak hanya berfungsi untuk melindungi kepala dari panasnya matahari, angin, dan juga hujan, tapi juga bisa berguna untuk menyembunyikan bad hair day. Sebagai pelengkap gaya penampilan agar terlihat semakin fashionable, topi juga dibuat dalam berbagai macam bentuk yang berbeda-beda.
Berikut jenis topi yang paling banyak digunakan:
1. Snapback
Kalau kamu bosan menggunakan topi yang bibirnya mengarah ke depan, kamu bisa coba menggunakan topi-topi yang diarahkan ke belakang alias snapback! Ada beberapa macam topi yang bisa digunakan dengan cara snapback ini, sebut saja trucker hingga baseball cap. Nah, tren snapback ini sangat hype di kalangan anak muda urban, tidak terkecuali di Indonesia. Pasalnya, gaya topi snapback ini bisa dipadukan dengan berbagai macam pakaian, mulai dari kaus hingga hoodie. Selain itu, dengan memakai topi snapback, itu akan memberikan kesan rileks dan santai terhadap gaya kamu.
2. Bucket Hat
Topi yang satu ini cocok kamu gunakan jika kamu akan menjalani liburan terutama ke tempat-tempat yang bernuansa alam. Tak hanya itu, topi ini juga cocok kamu gunakan untuk sekedar hangout. Jenis topi ini cocok untuk pria dan wanita.
3. Topi Beanie
Beanie merupakan salah satu jenis topi yang dapat menjadi pilihan untuk menunjang penampilan Anda sehari-hari. Jenis topi yang satu ini biasanya dibuat dari bahan berjenis wol ataupun berserat tebal supaya lebih memberikan efek nyaman dan juga hangat. Topi beanie ini sangat cocok untuk dipakai bila Anda sedang berada di daerah dingin atau ketika musim hujan. Sehingga Anda dapat menggunakan topi beanie ini untuk menghangatkan area kepala dan juga telinga. Selain digunakan sebagai penghangat, Anda juga bisa terlihat tetap stylish dengan topi beanie untuk melengkapi penampilan Anda.
4. Flat Cap
Topi flat cap sendiri berasal dari Inggris dan juga Irlandia, yang mana jenis topi ini dibuat dengan model bundar dan memiliki brim kecil di bagian depan yang kaku. Untuk topi jenis ini dapat digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya. Umumnya, flat cap ini digunakan untuk gaya ala zaman dulu atau retro style sebagai aksesoris ekstra untuk menunjang penampilan supaya terlihat lebih stylish dan menarik.
5. Boater
Topi yang satu ini lebih cenderung ke topi semi formal yang biasanya digunakan ketika musim panas. Jenis topi ini hadir pada awal abad ke-20. Biasanya topi ini terbuat dari material yang dianyam. Walaupun di zaman dahulu topi yang satu ini sering digunakan oleh laki-laki saat berpenampilan dengan menggunakan blazer, tapi sekarang ini topi boater sudah bisa Anda padukan dengan gaya apa saja untuk bisa tampil lebih stylish.
6. Trucker Cap
Jenis topi ini merupakan jenis topi yang paling mudah ditemukan di pasaran. Topi ini dilengkapi dengan adjustable strap dan tali belakang yang bisa kita atur sesuai kenyamanan kita. Awal mulanya, topi ini banyak digunakan oleh para supir truk.
7. Beret hat/ Newsboy cap
Untuk menciptakan kesan preppy sekaligus klasik secara instan, pria bisa memilih jenis topi beret hat atau newsboy cap sebagai aksesori pelengkap penampilan. Beret hat memiliki karakteristik model topi bagian atas yang berbentuk bulat, pipih, dan biasanya bahan lebih lembut dan fleksibel dari model topi lainnya. Bagi pria yang ingin menyempurnakan gaya streetwear yang minimalis, coba pilih beret hat dengan warna gelap seperti abu-abu, hitam atau navy. Supaya kesannya lebih maskulin, coba selipkan bagian poni ke dalam topi agar kesannya lebih sleek.
8. Bowler hat
Kalau kamu termasuk pria yang anti ribet dalam bergaya keseharian, bisa coba menggunakan jenis topi yang modelnya cenderung simpel. Salah satu jenis topi yang bisa dicoba pria adalah bowler hat. Tentunya jenis topi ini sudah tidak asing lagi didengar karena eksistensinya di dunia fashion yang tidak diragukan lagi. Bowler hat bisa pria urban gunakan untuk menyempurnakan gaya kasual saat memakai kaos serta denim jeans. Model topi yang versatile ini juga cocok diaplikasikan saat kamu menghadiri event musikal seperti opera yang berkelas. Sebagai opsi, pilih bowler hat dengan warna hitam atau abu-abu disertai detail pita yang klasik.
Nah itu dia jenis topi yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!