Manfaat Buah Apel
Buah apel berasal dari tanaman dengan nama ilmiah Malus domestica dalam genus Malus. Terdapat berbagai warna buah apel, meliputi merah, hijau, dan kuning, sesuai dengan variasinya. Konsumsi buah apel dapat berguna untuk kesehatan tubuh.
Kandungan dalam buah apel meliputi quercetin dan pektin yang bermanfaat untuk kesehatan, menurut penelitian dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry Vol. 56 No. 15”. Quercetin adalah pigmen yang memberi warna pada banyak buah dan sayuran.
Manfaat Buah Apel Apel mengandung berbagai nutrisi seperti Vitamin C, vitamin B kompleks – B-6, thiamin dan riboflavin, serat makanan, fitonutrien, kalium, zat besi, kalsium dan fosfor. Buah ini bisa dimakan untuk ibu hamil, untuk perawatan wajah, diet dan kesehatan. Berikut manfaat buah Apel:
1.Mencegah kolesterol
Apel mengandung senyawa flavonoid. Senyawa ini terdapat pada tanaman hijau termasuk alga. Kandungan senyawa ini berguna untuk antioksidan. Sehingga bisa mengurangi kadar kolesterol.
2. Manfaat apel untuk diet
Apel untuk diet sehat karena kandungan flavonoid-nya yang paling penting yaitu quercetin yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kandungan ini punya kemampuan untuk menangkap radikal bebas dan mengurangi penimbunan lemak dan stroke. Penimbunan lemak cukup berbahaya karena bisa menghambat jalur pembuluh darah. Kandungan quercetin setiap apel bervariasi. Hal ini dipengaruhi perbedaan varietas, nutrisi tanaman, dan proses pertumbuhan apel.
3.Kaya akan kandungan antioksidan
Kandungan lainnya di dalam buah apel adalah beta karoten (vitamin A) yang bermanfaat sebagai sumber antioksidan.
Perlu diketahui pula bahwa beta karoten adalah pigmen tumbuhan yang memberikan warna cerah seperti merah, orange, dan juga kuning.
Manfaat beta karoten pada buah apel adalah membantu mengurangi dan mencegah terjadinya stres oksidatif di dalam tubuh.
Maka dari itu, senyawa antioksidan ini juga dapat membantu melindungi mata dari hilangnya penglihatan, melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, hingga gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer.
4.Menurunkan risiko penyakit diabetes
Dalam sebuah penelitian, ada yang membahas mengenai manfaat serta khasiat buah apel yaitu menurunkan risiko Anda mengalami diabetes tipe 2.
Hal ini dikarenakan adanya kandungan polifenol pada buah apel sehingga membantu mencegah kerusakan jaringan serta sel beta di pankreas.
Sel beta ini dapat menghasilkan insulin dan seringkali mengalami kerusakan pada penderita diabetes tipe 2.
Lalu, kandungan serat dalam buah apel juga bermanfaat untuk memberi makan pada bakteri baik di dalam usus sehingga dapat membantu melindungi Anda dari diabetes tipe 2.
Menjaga kesehatan jantung
Manfaat atau khasiat pertama dari buah apel adalah menjaga dan membantu mencegah risiko penyakit jantung.
Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Salah satunya adalah adanya senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan.
Tidak hanya itu saja, senyawa polifenol berupa flavonoid epicatechin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta risiko stroke.
Perlu diketahui pula bahwa manfaat polifenol dalam buah apel berada di bagian kulitnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak perlu mengupas bagian kulit apel saat hendak memakannya.
Itulah beberapa manfaat dari buah apel bagi kesehatan.rutinlah mengkonsumsi buah termasuk buah apel untuk mendapatkan manfaatnya dalam jangka panjang.