Jenis Bunga dan Artinya
Siapa yang tidak suka menikmati keindahan bunga. Berbagai macam bunga dan warnanya yang menarik mampu memberikan kepuasan tersendiri setelah melihatnya. Warna-warni bunga dari putih hingga warna ungu pun tersedia.
Salah satu keindahan ciptaan Tuhan yang dapat membuat penikmatnya merasa tenang dan bahagia.
Bunga biasanya disimbolkan sebagai hadiah, hiasan acara penting atau sebagai hiasan untuk mempercantik rumah. Selain dari segi warna yang indah, bunga dapat memberikan keindahan lain yang dapat dinikmati oleh indra penciuman manusia.
Beberapa bunga memiliki bau yang wangi nya menyegarkan. Pada dasarnya semua bunga memiliki bau wangi yang khas masing-masing. Tetapi pada beberapa bunga ada yang harus dirasakan bau nya dari dekat ada yang memang wangi nya sudah semerbak dengan sendirinya.
Ternyata berbagai bunga ini memiliki makna tersendiri. Jika kamu ingin memberikan bunga kepada seseorang yang spesial tentunya tidak mau salah artian bukan.
Ayo simak apa saja arti simbolis dari bunga-bunga tersebut!
1. Bunga Mawar
Dalam hal mengekspresikan cinta, tidak ada bunga yang cukup ideal seperti mawar merah.
Bunga mawar melambangkan kesetiaan antara dua kekasih dan menjadikannya pilihan yang tepat untuk diberikan pada orang terkasih. Misalnya, ketika perayaan hari kasih sayang, Valentine.
Berbahagialah bila pasangan memberikan bunga ini, karena itu tandanya mereka memiliki kasih yang setia untuk sang istri.
Namun perlu diketahui juga bahwa setiap warna merah bunga mawar memiliki arti yang berbeda. Contohnya, mawar merah cerah melambangkan romansa, sedangkan merah anggur melambangkan cinta yang belum terwujud.
Sementara itu, mawar merah klasik sering kali menjadi pilihan terbaik untuk mengekspresikan kasih sayang yang paling terdalam dari seseorang.
2. Bunga Lily
Bunga lily berasal dari kata Yunani “Leiron”. Lily biasanya digunakan sebagai bunga untuk dibawa ke pemakaman yang dipercaya dapat mengembalikan kesucian setelah kematian bagi yang meninggal.
Bunga lily memiliki berbagai macam jenis. Dari perbedaan warna dan jenis mereka memiliki makna masing-masing. Bunga lily bakung merupakan simbol keberuntungan. Bunga lily peru disebut juga alstromeria memiliki makna persahabatan dan pengabdian.
Lily putih melambangkan kesucian, kemurnian, simpatik dan kehidupan yang baru. Lily kuning bermakna persahabatan. Lily merah dan merah muda melambangkan kemakmuran dan kekayaan.
Lily orange melambangkan kebencian, penghinaan dan kebohongan. Diantara berbagai warna yang ada dari bunga lily, tentu lily warna putih yang paling umum digunakan dalam acara apapun. Kesan elegan, simple dan romantis dapat dipancarkan dari indahnya bunga lily putih ini.
3. Bunga Anyelir
Anyelir menjadi bunga favorit para pengagum rahasia di sekolah menengah atas dan mereka yang minim budget untuk menunjukkan rasa cinta kepada kekasih lantaran harganya yang terbilang murah. Sama dengan lili, anyelir terdiri atas banyak warna yang memiliki makna masing-masing. Putih, contohnya, yang berarti manis dan cantik, pink berarti “aku tidak akan pernah melupakanmu”, kuning bermakna sebuah penghinaan, serta bunga anyelir dengan dua warna mempunyai makna “aku tidak bisa bersamamu”.
4. Bunga Melati
Bunga yang umum kita temui selanjutnya adalah bunga melati. Bunga ini umum digunakan pada acara pernikahan.
Makna bunga melati ialah melambangkan kesucian, keanggunan namun sederhana, ketulusan, keindahan, dan kerendahan hati. Berbeda dengan mawar, bunga melati hanya ada satu warna saja yakni putih.
Mungkin dari warna yang ada hanya satu yakni putih serta harumnya yang semerbak khas membuat bunga melati ini dijadikan simbol dari kesucian dan keindahan yang terkesan sederhana namun elegan sekaligus.
5. Bunga Tulip
Bunga yang berasal dari Belanda ini memiliki bentuk simpel yang unik namun elegan. Bunga tulip memiliki berbagai warna yang cantik seperti putih, ungu, orange dan merah.
Bunga tulip putih melambangkan kesucian, penghormatan, kerendahan hati cocok untuk menunjukkan rasa simpati dan digunakan dalam acara pernikahan. Bunga tulip merah memiliki simbol cinta yang dalam, kasih sayang yang sempurna kepada orang yang dicintai.
Bunga tulip oranye memiliki makna kebahagiaan dan kehangatan, keberuntungan serta optimisme. Tulip kuning bermakna persahabatan dan keceriaan. Warna ungu pada bunga tulip memiliki simbol elegan, royalty, dan kesempurnaan. Tulip berwarna biru memiliki simbol ketenangan dan perdamaian.