Tips Menjaga Hubungan
Menjalani hubungan berkomitmen memang tak mudah. Sebab, artinya kita menyatukan dua orang dengan isi kepala berbeda. Tentu saja, sebagai pasangan kekasih, semua perbedaan yang ada harus diterima masing-masing individu guna membuat hubungan awet dan langgeng.
Sayangnya, itu tidaklah mudah. Apalagi, tidak pernah puas adalah sifat dasar manusia, membuat terkadang kita ingin mengubah pasangan menjadi orang yang “sempurna” menurut kita, bukan menerima diri pasangan seutuhnya.
Menjaga hubungan tetap langgeng tentu membutuhkan peran aktif dari Anda dan pasangan. Adapun tips hubungan langgeng yang utama untuk dilakukan, yaitu:
1. Menjalin komunikasi yang baik
Berkomunikasi dengan pasangan merupakan hal utama dalam menjaga hubungan tetap langgeng. Tanpa adanya komunikasi yang baik, maka akan banyak terjadi selisih paham dan percekcokan antara Anda dengan pasangan. Jadi, sempatkan waktu untuk menghubungi pasangan dan memberinya perhatian. Selain itu, komunikasikan pula mengenai hal apa pun yang Anda rasakan atau pikirkan, begitu juga sebaliknya agar lebih saling memahami dan tidak terjadi kesalahpahaman.
2. Saling percaya satu sama lain
Kepercayaan menjadi salah satu kunci hubungan yang langgeng. Ketika saling percaya dengan pasangan, maka Anda tak akan diliputi rasa curiga dan berburuk sangka sehingga hati terasa lebih tenang.
Hal ini juga membuat hubungan Anda dengan pasangan senantiasa baik-baik saja. Pastikan pula untuk tidak memberi atau mendapat janji-janji manis saja karena kepercayaan merupakan suatu hal yang mahal harganya.
3.Tunjukkan rasa kasih sayang
Cara menunjukkan kasih sayang bagi setiap orang mungkin saja berbeda-beda. Ada yang dapat mengutarakannya secara langsung maupun menunjukkannya melalui tindakan. Bagaimanapun caranya, hal tersebut bisa membuat hubungan lebih awet. Anda dapat memberinya perhatian-perhatian kecil, mengingat hari jadi, membuatkan makanan kesukaannya, dan lainnya.
4.Saling mendengarkan keluh kesah
Ketika ada masalah, sebagian pasangan malah berdebat dan tak ingin saling mendengarkan. Padahal keduanya sama-sama ingin dipahami. Jadi, berusahalah untuk saling mendengarkan tentang apa pun yang menjadi keluh kesah satu sama lain. Dengan mendengarkan, Anda juga akan lebih memahami apa yang dirasakan dan apa yang dibutuhkan oleh pasangan.
5.Selipkan humor
Hubungan yang baik tidak melulu harus diisi dengan hal-hal yang serius saja. Tanpa disadari, terlalu serius bisa membahayakan keharmonisan suatu hubungan.
Maka itu, cobalah untuk lebih sering menyelipkan guyonan dan candaan ringan yang bisa menambah kedekatan Anda dan pasangan. Yang pada akhirnya, bisa membuat Anda berdua semakin “lengket” satu sama lain. Lebih dari itu, humor yang baik bisa menjadikan Anda sepasang kekasih yang kompak dan harmonis.
6.Jangan ragu untuk memberikan apresiasi
Meski nampaknya sepele, penting untuk selalu memberikan apresiasi pada pasangan mulai dari hal sederhana. Misalnya dengan berterima kasih atas apa yang telah dilakukannya untuk Anda, sampai pada pencapaiannya yang besar, seperti penampilan , menyelesaikan pekerjaan rumah yang begitu banyak.Hal ini tidak hanya akan membuat pasangan merasa dihargai, tapi juga dapat memacu pikiran Anda untuk melihat hal-hal positif dari diri pasangan, sekaligus memotivasi Anda berdua agar selalu berusahan untuk memberikan yang terbaik untuk masing-masing.
Itulah beberapa tips menjaga hubungan Anda dan pasangan agar tetap langgeng dan menjalin hubungan yang baik sampai hari tua nanti.Semoga bermanfaat!