Manfaat Olahraga Yoga
Yoga belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati. Meskipun lebih sering dikenal sebagai olahraga meditasi, manfaat yoga tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tapi juga kesehatan fisik.
Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Yoga menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, serta pose dan gerakan yang dirancang untuk memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres.
Bagi Anda yang baru mencoba yoga, mungkin Anda akan sedikit bingung menentukan jenis yoga apa yang cocok untuk Anda. Semua jenis yoga pada dasarnya dapat membantu Anda menjadi lebih rileks, menghilangkan ketegangan tubuh, dan menenangkan pikiran.
Manfaat Yoga
Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan yoga, tentu tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dulu apa saja manfaat yoga. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan melakukan yoga:
1. Mengurangi nyeri sendi
Sebuah studi dalam Rheumatic Disease Clinics of North America pada tahun 2011 menyatakan bahwa berlatih yoga dua kali seminggu bisa membantu meringankan bengkak dan sakit sendi yang diderita oleh seseorang.
2. Melatih otot
Manfaat Yoga yang kedua adalah melatih otot tubuh. Tak seperti olahraga kebanyakan, yoga dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel otot, yang pada gilirannya, membantu untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
3. Menurunkan berat badan
Manfaat yoga selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan sangat penting untuk melindungi penderita diabetes tipe 2 untuk mencegah komplikasi seperti kanker dan penyakit jantung.
4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh adalah dengan olahraga yoga. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang melakukan yoga selama 35 menit setiap hari selama 12 minggu berturut-turut akan mengalami peningkatan imunitas atau kekebalan tubuh.
5. Memperlancar aliran darah
Memastikan aliran darah lancar adalah kunci penting untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Untuk penderita darah tinggi, sangat disarankan untuk melakukan olahraga yoga minimal 45 menit setiap pagi atau sore hari. Dengan olahraga yoga, pikiran akan lebih rileks dan aliran darah bisa lebih lancar.
6. Perut Makin Langsing
Wanita yang melakukan yoga rutin selama 6 bulan akan lebih mudah memiliki perut kecil dan langsing. Dengan melakukan yoga, lemak perut bisa hilang 3 kali lebih cepat dibandingkan orang yang melakukan diet ketat tanpa olahraga yoga rutin.
7. Kurangi stres
Ketika tubuh dalam keadaan stres, tubuh akan merilis hormon bernama kortisol, yang membuat seseorang seakan-akan sadar bahwa ia berada dalam situasi yang kurang menguntungkan. Alhasil, hormon ini dapat mengganggu fungsi tubuh dalam jangka panjang.
Dengan yoga, tingkat stres dapat direduksi, sehingga produksi kortisol berkurang dan membuat jiwa jadi lebih tenang. Selain itu, yoga dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks, serta memberikan bantuan fisik dan stres emosional yang dibutuhkan tubuh sepanjang masa-masa kehamilan.
8. Perbaiki mood
Sebuah studi 2011 dari Boston University School of Medicine menemukan bahwa manfaat yoga yang lainnya adalah meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan. Hal ini disebabkan karena berlatih yoga dapat meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak.
9. Meningkatkan kualitas tidur
Kualitas tidur yang buruk sering dihubungkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi dan juga Depresi. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat membantu Anda tingkatkan kualitas tidur.
Dalam sebuah penelitian pada tahun 2005, orang-orang yang mempraktikkan yoga dapat tertidur lebih cepat dibanding mereka yang tidak mempraktikkan yoga. Terlebih lagi, periode tidur berlangsung cukup lama dan mereka merasa lebih tenang saat bangun di pagi hari.
10. Meningkatkan kebiasaan makan sehat
Dengan melakukan yoga, seseorang akan mulai terbiasa dengan jenis makanan yang mengandung banyak gizi. Mereka akan lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.
Itulah beberapa manfaat yoga bagi kesehatan kita,rutinlah mendalami olahraga ini dan kalian akan mendapatkan hasil yang maksimal.