Manfaat Berkemah Di Alam
Berkemah di alam bebas bersama keluarga pada akhir pekan tentunya akan terasa mengasyikkan dan menyenangkan.
Berkemah hanya salah satu dari sekian banyak aktivitas outdoor dengan nuansa alam yang bisa dilakukan. Meski begitu, banyak orang yang memilih untuk pergi berkemah di alam bebas karena mereka lelah dengan kehidupan kota yang bising dan padat. Berkemah dapat mengajarkan anak-anak cara yang baik untuk menghargai alam dan meningkatkan ketrampilannya. Berikut ini manfaat berkemah:
1. Tidur lebih nyenyak
Olahraga untuk tubuhSemua aktivitas, kesibukan, dan kegembiraan yang dilakukan saat kemping bisa mendorong tidur lebih nyenyak. Terlebih alam bebas menawarkan udara segar yang mungkin jarang ditemui di rumah. Tidur malam yang lebih baik memberikan sederet manfaat antara lain pikiran lebih tajam dan jelas, serta pola pikir yang lebih positif.
2. Olahraga untuk tubuh
Berkemah ternyata juga bisa membawa dampak baik bagi kesehatan tubuh secara fisik. kamu bisa mendapatkan manfaat yang satu ini ketika berjalan menuju ke lokasi perkemahan. Gak hanya itu, mendirikan tenda hingga berjalan-jalan di sekitar lokasi perkemahan, juga sama dengan latihan kardiovaskular yang membantu menyehatkan paru-paru dan jantung. Maka dari itu, bisa dibilang jika berkemah sama saja dengan banyak melakukan aktivitas fisik.
3. Mengajarkan keterampilan sosial
Ketika pergi berkemah dalam suatu perkemahan, ini berarti bergabung dengan komunitas di mana setiap anggota harus setuju untuk bekerja sama dan saling menghormati. Ketika anak-anak tinggal dengan orang lain, mereka harus berbagi tugas dan saling membantu satu sama lain, meskipun terkadang harus berurusan dengan sedikit perselisihan. Pada akhirnya berkemah dapat mengajarkan anak-anak tentang ketrampilan sosial dan membantu anak-anak membangun kerja tim secara efektif.
4. Menurunkan stres
Kegiatan di alam bebas juga dapat membantu menurunkan stres. Salah satunya karena 'meninggalkan' teknologi untuk sejenak. Tidak memainkan perangkat elektronik selama berkemah dapat membantu menjernihkan pikiran dan lebih menikmati keindahan alam.
5. Mencoba petualangan baru
Berkemah menawarkan petualangan baru untuk anak-anak dan orangtua. Banyak keterampilan baru yang bisa dipelajari. Misalnya belajar mendirikan tenda dan menyalakan api unggun. Bisa juga mempelajari tanaman atau bahkan hewan yang ada di sekitar tempat berkemah.
6. Mengajarkan tentang kehidupan alam
Saat berkemah, anak-anak dapat belajar tentang kehidupan alam dan yang terdapat pada alam. Mereka juga dapat belajar tentang seperti rupa rupa tanaman dan hewan, serta apa yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup. Juga, saat berkemah, anak-anak dapat belajar tentang astronomi ketika menatap bintang-bintang di malam hari, dan masih banyak lagi yang bisa anak-anak pelajari tentang kehidupan di alam.
7. Lebih peduli dengan alam
Berkemah juga mengajarkan seseorang untuk lebih peduli dengan alam. Salah satunya adalah tidak membuang sampah sembarangan dan menghargai hutan.
8. Menciptakan memori
berkemah juga menciptakan memori untuk keluarga. Di masa mendatang, memori itu akan dikenang sebagai sesuatu yang indah dan sulit terlupa.
9. Suasana hati jadi lebih baik
Sering berkemah juga bisa membuat merasa lebih bahagia. Bukan tanpa alasan, paparan sinar matahari dan udara bersih dapat menyeimbangkan kadar melatonin di otak. Melatonin sendiri adalah zat kimia yang membuatmu cepat merasa lelah dan memicu depresi. Coba deh, rasakan sendiri kalau pergi berkemah ketika mood lo lagi jelek, dijamin pasti akan membaik selama berkemah.
10. Suplai udara bersih
Berada di tengah-tengah pohon tentunya menjamin suplai udara bersih yanggak terbatas untuk dihirup. Hal ini jelas gak bisa ditemukan di perkotaan. Dengan banyaknya oksigen yang masuk, tubuh bisa berfungsi dengan lebih baik. Gak hanya itu, berkemah juga bisa memperbaiki tekanan darah, menyehatkan sistem pencernaan, dan meningkatkan sistem imun tubuh.
Nah itu dia beberapa manfaat dari berkemah. Semoga bermanfaat!