Desa Wisata Terbaik
Desa mungkin dianggap sebagai tempat yang terpencil, kuno, dan jauh dari segala macam kecanggihan teknologi.
Pemerintah terus mengembangkan desa wisata yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengatasi pengangguran, melestarikan lingkungan serta memajukan kebudayaan. UNWTO merupakan Organisasi Pariwisata Dunia yang kembali memberikan pengakuan pada desa wisata terbaik di tahun 2021. Kriteria penilainnya mencakup budaya, sumber daya alam, keberlanjutan ekonomi, dan lain-lain.
Berikut ini desa wisata terbaik:
1. Hallstatt, Austria.
Hallstatt dijuluki sebagai desa paling indah dengan pemandangan danau yang menyejukkan. Wilayah ini juga merupakan salah satu pemukiman tertua di Eropa. Hallstatt terletak di antara Kota Graz dan Salzburg. Suasana pegunungan dan danau yang asri dijamin bikin siapapun betah tinggal di sini.
2. Pariangan, Indonesia
Pariangan adalah sebuah desa Minangkabau yang terletak di kabupaten Tanah Datar di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Ini adalah tempat yang indah yang menawarkan serangkaian tempat tinggal konvensional yang terpelihara dengan baik serta masjid tua yang besar. Desa ini dilindungi sebagai tempat yang sangat penting secara budaya dan sejarah.
3. Eze, Prancis.
Pemandangan Laut Mediterania dan pesona abad pertengahan membuat desa yang berada di atas tebing Riviera, Prancis ini menjadi populer di kalangan traveler. Desa Eze menjadi dambaan penjajah selama berabad-abad. Pemandangan laut dari atas bukit serta koleksi kaktusnya menjadi daya tarik utama desa ini. Bangunan Chapelle de la Sainte Croix yang menjadi bangunan tertua di desa itu juga menjadi daya tarik. Selain itu, Eze adalah salah satu tempat favorit untuk berbulan madu.
4. Reine, Norwegia.
Desa yang terletak di Antartika ini begitu indah dengan rumah-rumah berwarna merah dan putih. Selain itu, desa ini juga disuguhkan oleh keindahan pegunungan salju dan penampakan Aurora atau Cahaya Utara di malam hari. Menurut data, hanya ada 300 orang yang tinggal di desa ini.
5. Marsaxlokk, Malta
Terletak di bagian tenggara Malta, Marsaxlokk adalah desa nelayan tradisional yang terkenal dengan pasar ikannya. Perahu warna-warni di pelabuhannya memberikan tampilan yang lebih indah dan menjadikannya salah satu desa paling menakjubkan di dunia. Perahu-perahu ini disebut sebagai 'Luzzus', yang memainkan peran penting dalam kehidupan rutin penduduk desa. Desa ini memiliki sejarah panjang yang mungkin Anda temui saat berkunjung ke tempat yang indah ini.
6. Freudenberg, Rhine-Westphalia, Jerman
Freudenberg adalah kota abad pertengahan yang terletak di provinsi Jerman Rhine-Westphalia. Kota kecil ini tersebar di area seluas 93 km². Pengaturan rumah kayu di lanskap desa yang indah memiliki ukuran dan pola yang sama.
7. Oia, Yunani
Terletak di atas tebing Santorini, Oia yang terletak di lereng curam yang memungkinkan penduduk dan wisatawan untuk menikmati pemandangan menakjubkan dari kaldera Santorini yang terkenal di dunia.
8. Intragna, Swiss
Terletak di dataran tinggi berbatu di titik pertemuan Sungai Isorno dan Melezza. Jalan-jalan berbatu yang sempit dan gedung-gedung bertingkat, menonjolkan keindahan desa abad pertengahan. Situs yang membuat Intragna menjadi salah satu tempat paling memesona di Swiss adalah Jembatan Romawi. Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang jalur bagal Intragna-Remagliasco dan berakhir di Jembatan Romawi. Jembatan batu di atas perairan biru kehijauan Sungai Melezza ini dibangun pada tahun 1578.
9. Penglipuran, Indonesia.
Desa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, Bali atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Denpasar. Desa ini masuk dalam tiga desa terbersih di dunia bersama dengan Desa Giethoorn di Belanda. Tidak berlebihan memang jika desa ini termasuk yang paling bersih. Tata letak bangunan rumah tradisional Bali terlihat berjejer rapi dan presisi. Halaman rumah juga bersih tanpa satupun sampah yang berserakan. Suasana hijau sangat tampak, udaranya juga sejuk tanpa polusi, karena kendaraan dilarang masuk ke desa ini. Tidak ketinggalan juga bunga warna-warni dibiarkan tumbuh menghiasi jalanan desa.
10. Giethoorn, Belanda.
Desa Giethoorn terletak di Overijssel, Belanda. Lokasinya 1,5 jam dari Amsterdam. Desa ini bebas kendaraan bermotor dan bahkan bisa dibilang nyaris tanpa jalan raya. Di desa ini, akses transportasi yang utama adalah sebuah kanal sepanjang 4 kilometer. Selain perahu, terdapat satu lagi transportasi lainnya yakni sepeda. Biasanya, para penduduk akan memakai sepeda saat pergi ke beberapa tempat atau sekedar mengunjungi tetangganya. Berkat keunikan desa wisata di Belanda ini, Giethoorn sangat populer dikunjungi para traveler dalam dan luar negeri.
Nah itu 10 desa wisata terbaik di dunia. Semoga bermanfaat!