Mengenal Pencakar Langit
Pencakar langit adalah istilah untuk menyebutkan suatu bangunan yang sangat tinggi.
Menurut Encyclopaedia Britannica, Gedung pencakar langit adalah suatu bangunan yang sangat tinggi dengan banyak lantai. Pada awalnya istilah Gedung pencakar langit awalnya digunakan untuk bangunan dengan 10 hingga 20 lantai, tetapi pada akhir abad ke-20 istilah tersebut lebih digunakan untuk bangunan dengan lebih dari 40 atau 50 lantai. Gedung pencakar langit merupakan simbol dari kekayaan dan modernitas. Gedung pencakar langit juga merupakan tanda pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali Gedung pencakar langit terutama di Jakarta dan kota-kota besar lainnya.
Salah satu alasan yang mendorong developer (pengembang) properti kaya dunia membangun gedung pencakar langit adalah untuk menambah nilai jual properti tersebut. Banyaknya pengembang yang menciptakan gedung-gedung pencakar langit dikarenakan titik jual dari usaha ini adalah menjual pemandangan yang mewah. Oleh karena itu, usaha ini diprediksi akan terus berkembang seiring kemajuan zaman.
Sebagai catatan dalam 15 tahun terakhir, hampir 190 gedung pencakar langit dibangun di Dubai. Pada akhir tahun depan, akan ada sekitar 800 bangunan dengan tinggi lebih dari 152 meter di Tiongkok. Sekarang, Jakarta memiliki lebih dari 160 bangunan yang tingginya lebih dari 100 meter. Arab Saudi sebentar lagi akan memiliki menara tertinggi di dunia. Jawabannya, menurut Laporan Knight Frank Skyscrapers 2015, gedung pencakar langit menjadi solusi dalam mengatasi masalah ekonomi dan geografis. Banyak kota di negara berkembang mengalami perkembangan pesat, dalam hal ekonomi, industri serta pertambahan penduduk.
Contoh Jakarta, Metro Manila, Mexico City dan Kolombo mengalami urbanisasi yang cepat. Hal ini, ditambah dengan pertambahan penduduk yang ekstrim, menghasilkan gap antara penawaran dan permintaan real estate perumahan dan unit komersial. Gedung pencakar langit menyediakan solusi bagi sebuah kota karena dapat membuat perumahan, unit kantor dalam satu bangunan. Selain itu, karena hidup di perkotaan menjadi semakin populer, para profesional di bidang industri mengungkapkan keinginan mereka untuk tinggal lebih dekat ke tempat kerja. Sebenarnya membangun sebuah Gedung pencakar langit mempunyai manfaat seperti dapat menghemat tempat. Tetapi kekurangan atau kerugian membangun Gedung pencakar langit melebihi keuntungan yang diberikan.
Dalam sebuah penelitian menyebut, keberadaan gedung dengan tinggi diatas rata-rata bisa dibangun mencapai 2 Km. Atau dua kali gedung tertinggi di dunia saat ini, kingdom Tower, yang selesai dibangun pada tahun 2020. Meski demikian, prosedur pembangunan gedung dengan tinggi mencapai 2 Km harus dilakukan dengan persiapan yang matang, juga perhitungan yang tepat. Kesalahan dalam perhitungan, proses pembangunan gedung setinggi ini akan berdampak pada risiko kerusakan lingkungan sekitar.
Selain desain yang matang, serta perencanaan yang tepat, penggunaan material bahan baku juga berperan penting dalam membangun sebuah gedung dengan tinggi luar biasa. Bahan material bangunan yang kerap digunakan dalam kebutuhan ini adalah beton dan baja dalam jumlah banyak. Selain dua bangunan dengan tinggi diatas rata-rata tersebut, ada juga beberapa bangunan yang memiliki tinggi luar biasa di beberapa negara di dunia.
Demikian informasi mengenai gedung pencakar langit. Semoga bermanfaat!