Tips Berkendara Musim Dingin
Hujan salju benar-benar indah tetapi bisa sangat berbahaya saat Anda mengemudi, terutama di malam hari.
Menyetir saat musim dingin bisa sangat berbahaya. Matahari terbenam lebih cepat dari biasanya dan malam hari menjadi lebih lama, cuaca dingin yang ekstrem, dan hujan yang tiba-tiba bisa menyebabkan permukaan jalan menjadi sangat licin. Saat kamu merencanakan perjalananmu, perlu diingat disaat musim dingin, siang hari lebih pendek dari biasanya. Jadi meskipun kamu sebelumnya bisa dengan tenang mengendarai mobil saat siang dan sore hari, kamu tidak akan bisa melakukannya saat musim dingin. Ini menjadi masalah secara khusus di negara Skandinavia dan Islandia, yang diketahui hanya akan mengalami siang hari selama empat jam selama musim dingin. Bahkan di bagian utara, matahari tidak muncul sepanjang hari.
Berikut beberapa tips mengemudi untuk kalian yang akan berpergian di tempat bersalju:
1. Gunakan lampu depan Anda
Gunakan lampu depan AndaKetika salju turun, nyalakan lampu depan. Penting untuk menjaga jarak pandang agar selalu bisa waspada akan apa yang terjadi di sekitar anda.
2. Pastikan Untuk Memeriksa Mobilmu Sebelum Berangkat
Pastinya kamu tidak ingin mobilmu mogok atau mengalami masalah di tengah perjalanan, apalagi saat musim dingin, masalah dengan kendaraanmu tidak hanya akan merusak perjalananmu, tetapi bisa jadi membahayakan jiwa kalian.
3. Jaga jarak Anda
Jika anda bertemu dengan sebuah rombongan atau "konvoi", jaga jarak anda. hal ini diperlukan karena ketika musim dingin, aspal akan sangat licin. Dan tidak lupa selalu waspada terhadap pengendara di sekitar anda.
4. Tetap Jaga Pengelihatanmu
Ketika kamu ingin pergi, mungkin kamu merasa malas membersihkan es dan salju dari jendelamu, tetapi ketika berbicara tentang cuaca musim dingin, ini adalah hal yang sangat penting dilakukan.
5. Jangan Anggap Remeh Keselamatanmu
Apa pun yang kamu lakukan, pastikan kamu tidak meremehkan bahaya mengemudi selama musim dingin, apalagi di tempat terpencil. Bahkan perjalanan singkat juga bisa berakhir buruk jika kamu tidak siap.
6. Mengendarai Kendaraan Di Siang Hari.
Saat mengemudi dalam kondisi bersalju, es, atau hujan sudah cukup sulit untuk dilakukan, kondisi ini akan semakin buruk saat malam hari. Kamu punya kemungkinan lebih besar untuk tersesat saat malam hari, selain itu kamu juga akan kesulitan karena suhu lebih rendah saat malam yang akan menyebabkan air di jalan akan lebih cepat membeku.
Pastikan kamu memiliki barang-barang berikut ini di dalam mobilmu:
> Kotak Darurat
Kami selalu menyarankan teman teman yang akan mengendarai mobil di musim dingin untuk membawa kotak P3K kecil - dan hal ini memang diwajibkan di banyak negara- ada baiknya juga menyiapkan kotak darurat jika kamu mengalami masalah lain di jalan.
> Selimut
Pastikan kamu membawa selimut, ini akan membuatmu tetap hangat jika heater di mobilmu bermasalah, atau mendapat masalah dengan mobil di tengah perjalanan.
> Senter
Jika kamu terjebak di suatu tempat, senter dapat membantumu memberi tahu orang lain atau menerangi tempat di sekitarmu.
> Makanan Dan Minuman
Sediakan stok makanan dan minuman yang cukup (Snack, Coklat, air putih, dan lain-lain).
Itulah tips aman berkendara saat musim dingin. Semoga bermanfaat!