Wisata Di Skandinavia
Skandinavia adalah negara-negara yang terletak di bagian utara benua Eropa yang memiliki latar belakang sejarah dan bahasa yang sama.
Mungkin beberapa di antara kalian pernah mendengar soal Skandinavia. Ini bukan nama negara, melainkan sebutan untuk beberapa negara di semenanjung Eropa utara yaitu negara Denmark, Norwegia dan Swedia namun dalam pengertian secara geografis pengertian Skandinavia mengacu pada semenanjung Skandinavia, dimana termasuk juga negara Finlandia dan Islandia. Kelima negara ini dapat dikunjungi oleh Warga Negara Indonesia dengan memiliki Visa Schengen walau Norwegia dan Islandia tidak termasuk dalam Negara Uni Eropa namun keduanya memiliki perjanjian kerjasama dengan Schengen dan tercatat sebagai anggota EFTA (European Free Trade Association).
Berikut tempat wisata di Norwegia yang patut Anda kunjungi:
1. Kepulauan Lofoten
Kepulauan lofoten sangat terkenal di Norwegia. Panorama yang sangat memukau tak henti memikat banyak wisatawan saat berkunjung ke sini. Sangat cocok dan direkomendasikan bagi Anda sang pencinta alam. Di pulau ini Anda akan disajikan berbagai penampakan sekelompok pulau yang berbeda di bagian utara. Lofoten adalah keindahan Skandinavia.
2. Alesund
Alesund merupakan sebuah kota yang berlokasi di pantai barat Norwegia. Kota ini di desain menyerupai Jugendstil versi Eropa Utara dari Art Nouveau. Bagi Anda yang sedang belajar desain, sangat pas dan cocok. Berkeliling tempat ini adalah sebuah keharusan, karena setiap sudut kota memiliki nilai seni yang tinggi. Anda harus mengabadikan momen ini dengan berfoto bersama orang tercinta.
3. Geirangerfjord
Untuk Anda yang liburan ke Norwegia sempatkanlah untuk melihat keindahan alam dan vegetasi hijau dari Geirangerfjord yang sangat luar biasa. Objek wisata ini berada di wilayah Sunnmøre, county Møre og Romsdal, Norwegia dengan panjang mencapai 15 km. Aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika liburan ke sini adalah menikmati pemandangan alam, meliat puncak gunung, aliran sungai, aliran air terjun, dan naik kapal pesiar. Selain itu, untuk mengamati fjord dari ketinggian Anda bisa menggunakan dek pengamatan yang sudah ada. Di bagian ujung akhir fjord tersebut, terdapat sebuah kampung kecil yang bernama Geiranger di mana sungai Geirangelva bermuara.
4. The Vigeland Park
The Vigeland Park sangat cocok untuk Anda pecinta seni sambil menikmati keindahan dari taman. Ketika Anda liburan ke Oslo Norwegia jangan lupa untuk menyempatkan ke taman yang terbuka untuk sepanjang tahun dan gratis. Tempat wisata yang dibuka sejak 1907 ini menyajikan taman patung dan museum karya dari Gustav Vigeland serta pameran seni. Gustav Vigeland sendiri merupakan seorang pematung terkenal dengan hasil karya yang sangat luar biasa. Taman ini mencakup lebih dari 200 patung yang terbuat dari granit, perunggu, dan besi. Selain keindahan patung yang menghiasi taman, keindahan lain berupa taman yang tertata dengan baik dan sangat hijau.
5. Jotunheimen National Park
Nama lain dari tempat ini adalah Home of The Giants. Tempat ini adalah tatanan nasional utama yang ada di Norwegia. Lokasinya berada di tengah selatan. Tempat ini meliputi beberapa pegunungan dengan 29 puncak tertinggi yang ada di Norwegia.
Di dalamnya terdapat air terjun tertinggi di dunia, yakni Vettisfossen. Tingginya mencapai 235 meter. Akses ke gletser juga sangat mudah untuk di jangkau disini. Banyak wisatawan yang mengabadikan momen ini dengan berfoto.
6. Hemsedal
Tempat wisata berikutnya yang sangat terkenal di Norwegia ini adalah Hemsedal. Tempat ini pernah menjadi tuan rumah pada Alpine Skiing World Cup. Adapun rute ski disini sangat beragam dan cocok untuk profesional. Tidak hanya sampai disana, selepas musim salju berakhir Anda akan takjub dengan trekking sepeda gunung serta panjat tebing. Pada saat liburan, tempat ini menjadi sangat padat.
Nah itu dia wisata di norwegia yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur. Semoga bermanfaat!