Fakta Gunung Bromo
Gunung Bromo mempunyai keistimewaan dan daya tarik tersendiri.
Gunung Bromo, yang masuk dalam pengelolaan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Malang, menawarkan keindahan tiada tara.Hamparan pasir yang mengelilingi Gunung Bromo dengan ketinggian 2.329 mdpl yang masih aktif dan bersisian dengan Gunung Batok, serta adanya pura Hindu Luhur Poten menjadi sajian khas kawasan wisata ini. Wilayah tersebut di antaranya adalah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.
Terdapat beberapa fakta menarik mengenai Gunung Bromo yang perlu kamu ketahui:
1. Nomor Tiga Dengan Predikat Gunung Terindah
Sebagai salah satu tujuan destinasi wisata dan petualangan untuk para petualang, Gunung Bromo menempati urutan ketiga untuk predikat sebagai gunung dengan posisi alami paling indah. Hal tersebut menggunakan parameter para petualang yang datang ke sini. Bersaing dengan Gunung Fuji di Jepang, Gunung Sinai di Mesir, dan Jabal Toubkal di Maroko, keindahan alam Gunung Bromo tidak kalah indah dengan deretan gunung yang baru saja disebutkan. Tidak heran jika para petualang terus berdatangan untuk menyaksikan keindahan Gunung Bromo.
2. Gunung Berapi Yang Masih Aktif
Kendati selalu ramai oleh para pengunjung yang terus berdatangan dari berbagai belahan dunia, status Gunung Bromo sebagai salah satu gunung berapi yang masih aktif adalah salah satu daya tariknya di mata petualang dunia. Status aktifnya tidak menjadi penghalang para petualang untuk selalu datang atau kembali ke Gunung Bromo untuk menikmati keindahan alamnya yang luar biasa. Tidak ayal karena statusnya yang aktif, kawah Gunung Bromo kerap menghembuskan asap vulkanik tebal.
3. Momen Matahari Terbit Paling Favorit
Keindahan alam di Gunung Bromo tidak berhenti sampai suasana yang ada di sana saja. Hal ini bisa lo lihat saat pagi-pagi buta banyak para petualang yang sudah bangun dan rela menembus udara dingin guna mendapatan momen matahari terbit. Berdasarkan dari berbagai penilaian, matahari terbit atau momen sunrise dari Gunung Bromo atau dari salah satu puncak pos pertamanya adalah salah satu bingkai terbaik untuk sunrise. Tidak heran jika para petualang di sini datang dengan dilengkapi berbagai peralatan fotografi lengkap.
4. Terdapat Bukit 'Teletubbies'
Di kawasan ini terdapat sebuah bukit yang disebut juga sebagai Bukit Teletubbies. Kawasan ini terletak di selatan Gunung Bromo, tepatnya di daerah Jemplang.
5. Seru-seruan Naik Jeep di Pasir Berbisik
Untuk lo yang tidak ingin letih untuk menembus padang pasir hitam berbisik yang harus lo tempuh jika ingin naik ke salah satu kawah Gunung Bromo yang terkenal, lo bisa naik jeep hardtop dengan menyewa kendaraan tersebut bersama supirnya. Hal seru yang akan lo dapat dari sini adalah goncangan serta sensasi tersendiri untuk mengendarai jeep di tengah-tengah padang pasir berbisik khas Bromo. Tentu ada kesulitan sendiri mengendarai kendaraan bertenaga besar di medan berpasir.
6.Berdampingan dengan 4 Gunung Lain
Gunung Bromo adalah salah satu dari gunung di kompleks Pegunungan Tengger. Gunung lain terletak di sana adalah Gunung Batok (2.440 mdpl), Gunung Widodaren (2.614 mdpl), Gunung Watangan (2.601 mdpl), dan Gunung Kursi (2.581 mdpl).
Itu dia 6 fakta menarik mengenai gunung bromo. Semoga bermanfaat!