Gurun Di Benua Asia
Gurun sebagian besar terdiri dari permukaan batu karang. Permukaan berbatu merupakan bagian pembentuk lain dari gurun.
Gurun adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit yaitu kurang dari 250 mm per tahun. Gurun juga disebut gurun pasir atau padang pasir. Terdapat banyak gurun terbesar di dunia, kebanyakan gurun pasir terluas ada di benua Asia. Pengertian gurun adalah daerah yang jarang menerima curah hujan dan memiliki kemampuan kecil untuk menunjang kehidupan. Gurun sebagian besar terdiri dari permukaan batu karang dan hamparan pasir yang membentang di sekelilingnya.
Gurun kadang memiliki kandungan cadangan mineral berharga yang terbentuk di lingkungan kering. Selain itu banyak fosil dan peninggalan bersejarah lain yang biasanya terkubur dalam gurun pasir. Gurun pasir ini pun banyak ditemui di wilayah-wilayah seluruh dunia. Persebaran bioma gurun banyak terdapat di wilayah benua Afrika Utara, Amerika Utara, Austalia dan gurun di benua Asia. Salah satu karakteristik benua Asia memang banyak memiliki gurun-gurun pasir luas, terutama di kawasan Timur Tengah atau Asia Barat.
Berikut inilah gurun terluas di benua Asia:
1. Gobi Desert
Nama gobi sendiri memiliki sebutan lain pula di Negara dan tempat lain, misalnya untuk bahasa piyin menyebutnya Gēbì atau (Shāmò), sedangkan untuk bahasa Mongolia di kenal dengan sebutan yakni merupakan suatu sebutan untuk kawasan yang terdiri atas pasir dan gurun.
2. Gurun Karakum
Dengan luas area sebesar 350 ribu km persegi, gurun Karakum merupakan gurun terluas ke-4 di Asia. Gurun ini termasuk cold winter desert. Letaknya berada di negara Turkmenistan yang berada di Asia Utara. Jika hanya menghitung gurun yang hanya ada di 1 negara saja, maka gurun Karakum menjadi gurun terluas di 1 negara yang ada di benua Asia.
3. Taklamakan Desert
Gurun Taklamakan merupakan gurun salah satu gurun yang terbesar di dunia. Gurun yang juga di kenal dengan sebutan Taklimakan ini merupakan gurun yang berada di kawasan Asia Tengah. Letaknya yang berbatasan dengan pegunungan Kunlun bagian arah selatan, serta padang pasir di sepanjang Pegunungan Pamir di sisi baratnya dan tian Shan (di kenal pula dengan Gunung kuno Imeon) di sisi utara. Lokasinya yang berada di daerah otonomi Xinjiang Uyghur, Republik Rakyat China. Luas gurun yang sebesar 480 ribu kilo meter persegi ini mengantarnya sampai pada gurun terluas di dunia nomer 10 (menurut situs r00tzen.co.cc) dan menjadi gurun terbesar nomer 5 di dataran Asia.
4. Gurun Thar
Kawasan Asia Selatan juga memiliki gurun terbesar di Asia. Salah satunya adalah gurun Thar. Letak gurun Thar berada di negara India dan Pakistan yang berada di Asia Selatan. Luas wilayahnya sebesar 200 ribu km persegi sehingga gurun ini termasuk salah satu gurun paling luas yang ada di benua Asia.
5. Dasht e Kavir Desert
Di sebut pula dengan nama Kavir-e Namak, yakni salah satu gurun pasir yang membentang di dataran tinggi kawasan tengah, Negara Irak. Luasnya yang mencapai 77.600 kilo meter persegi membawa Gurun Dasht e Kavir menduduki sebagai gurun terbesar nomer 23 untuk seluruh tipe. Di mulai dari Pegunungan Alborz sampai dengan Gurun Dasht e Lut yang berada di kawasan tenggara. Pada siang hari, anda akan merasakan panas yang tiada terkira di sana. Pasalnya suhu siang hari rata rata mencapai 50 derajat Celcius, sedangkan pada malam hari mencapai -20 derajat celcius. Meskipun bukan pada musim panas, seperti suhu di bulan Januari, gurun ini tetap di anggap panas, yakni mencapai 22 derajat celcius. Jika anda berjalan terus menerus, pemandangan yang bisa di dapatkan adalah pasir dan kerikil yang bertebaran di mana mana. Selain itu juga terdapat danau dan rawa rawa yang indah.
6. Gurun Registan
Selain gurun Dasht-e Margo, negara Afgahanistan juga memiliki gurun luas lainnya yaitu gurun Registan. Gurun Registan ini memiliki luas area sebesar 146 ribu km persegi. Sama seperti gurun dasht-e Margo, gurun Registan ini tergolong gurun tipe subtropis.
7. Gurun Arabian
Gurun terbesar di Asia dalah gurun Arabian atau Arabian desert. Gurun ini memiliki total luas area sebesar 2,33 juta km persegi dan termasuk gurun subtropis. Letaknya berada di kawasan Asia Barat dan meliputi wilayah banyak negara Timur Tengah, misalnya yaitu Irak, Jordania, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Yaman. Gurun Arabian ini terdiri dari beberapa sub-gurun yang saling berkesinambungan, antara lain yaitu gurun Al-Khatim, gurun Al-Dahna, gurun Rub’ al-Khali, gurun Nefud, gurun Judaean dan gurun Negev.
Nah itulah 7 gurun terluas di benua asia. Semoga bermanfaat!