Manfaat Buah Cantik Ini
Strawberry pertama kali diperkenalkan bangsa Eropa pada abad ke-18. Tanaman ini merupakan hibrida dari dua spesies strawberry liar dari Amerika Utara dan Chili yang berwarna merah cerah, berair, manis dengan kecenderungan asam.
Strawberry merupakan sumber vitamin C dan mangan yang baik, serta mengandung folat (vitamin B9) dan potasium. Tanaman dengan nama latin fragaria ananassa ini sangat kaya antioksidan dan senyawa tanaman, sehingga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan mengontrol gula darah.
Buat merah berbintik hitam ini biasanya dikonsumsi mentah, serta dapat juga dijadikan selai, jeli, dan makanan penutup.
Strawberry juga mengandung segudang nutrisi bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam buah yang satu ini?
1. Menjaga kesehatan mata
Buah strawberry diperkaya kandungan vitamin C dan antioksidan seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid. Itu semua dapat membantu melawan radikal bebas agar mata terhindar dari masalah mata kering, degenerasi makula dan katarak. Selain itu, kandungan kalium dalam strawberry juga dipercaya ampuh mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata yang dapat membahayakan penglihatan.
2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Berbagai penelitian menyebutkan bahwa rutin meminum jus strawberry dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena buah strawberry kaya akan vitamin C.
Kekebalan tubuh yang baik akan mencegahmu dari berbagai penyakit akibat infeksi virus dan bakteri. Dengan begitu, Anda dapat hidup lebih sehat.
Selain itu, vitamin C dalam buah strawberry juga berperan sebagai antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh.
3. Mencegah kanker
Bukan rahasia lagi jika manfaat buah strawberry yakni buah yang kaya akan antioksidan, berkat inilah buah strawberry dapat mencegah dan melawan kanker.
Nutrisi yang ditemukan dalam buah strawberry, khususnya Vitamin C, folat, dan flavonoid, melawan radikal bebas yang pada akhirnya menciptakan garis pertahanan yang kuat untuk mencegah kanker dan pertumbuhan tumor.
Kandungan fitokimia Asam Ellagic juga ditemukan pada buah strawberry. Asam Ellagic telah terbukti menghasilkan sifat anti kanker seperti menekan pertumbuhan sel kanker.
4. Menurunkan kolestrol
Menurut Heart and Stroke Foundation, penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di kalangan wanita di Kanada.
Manfaat buah strawberry juga dapat mejaga kesehatan jantung.
Menurut salah satu studi, asam Ellagic dan flavonoid, manfaat buah strawberry memberikan efek antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan beberapa cara.
Salah satunya termasuk melawan efek low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah, yang menyebabkan penumpukan plak di arteri pembuluh darah. Cara kedua adalah dengan memberikan efek anti-inflamasi, yang juga baik untuk jantung.
Maka, dapat disimpulkan bahwa manfaat buah strawberry juga dapat mengurangi kerusakan sel dari stres oksidatif, serta lipid darah yang keduanya berperan dalam penyakit jantung dan diabetes.
5. Meningkatkan fungsi otak
Manfaat strawberry yang tak kalah penting adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena kandungan strawberry kaya antisianidin dan flavonoid, yang efektif mencegah penurunan memori. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Elizabeth Devore dari Harvard University, disimpulkan bahwa wanita usia lanjut yang mengonsumsi strawberry sebanyak dua porsi atau lebih setiap minggunya memiliki daya ingat lebih baik.
6. Mengontrol gula darah
Para ahli menjelaskan bahwa antioksidan dan berbagai senyawa lain seperti phytochemicals, anthocyanin and ellagitannins yang terkandung dalam buah strawberry dapat membantu mengontrol gula darah.
Selain itu, karena memiliki indeks glikemik yang rendah, strawberry aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kamu dapat memperoleh rasa manis alami dari strawberry sebagai pengganti gula biasa.