Kehidupan Rusa
Rusa termasuk dalam kategori hewan liar dengan sifat liar.
Rusa dengan kekuatan tubuh dapat melompat tinggi, berlari cepat, dan selalu menjauh dari permukiman manusia.
Tanduk rusa sangat besar tetapi hanya jantan yang memilikinya, dan semakin berat individunya, semakin besar pula tanduknya. Ketika musim kawin selesai, sang jantan melepaskan tanduknya dan akan tumbuh pada tahun berikutnya.
Tanduk dan tendangan kaki depan yang kuat adalah senjata pertahanan yang di miliki oleh rusa, baik jantan maupun betina akan menggunakannya untuk menyerang ketika diprovokasi. Setelah tanduknya terlepas, tanduk jantan cenderung membentuk kelompok tunggal, sehingga memungkinkan mereka bekerja sama untuk mempertahankan diri dari predator.
Rusa hidup di hutan pegunungan tinggi atau daerah padang rumput, suka hidup berkelompok, kebanyakan beraktivitas di malam dan pagi hari di musim panas, tetapi saat musim dingin tiba lebih banyak beraktivitas di siang hari, rusa juga pandai berlari dan berenang. Di musim panas, rusa hampir selalu memberi makan, dan mengonsumsi 4-7 kg tanaman per hari. Mereka memakan rumput di musim panas dan tanaman berkayu di musim dingin.
Rusa adalah hewan ruminansia, mereka akan memuntahkan makanan dan mengunyahnya kembali untuk membantu pencernaan. Rusa sering menjilat dan bahkan memakan lumpur busuk di daerah yang asin dan basah, dan terkadang pergi ke rawa-rawa dan perairan dangkal untuk mandi air di musim panas. Seperti kebanyakan spesies rusa, terutama di daerah pegunungan, rusa sering berpindah tempat hidup sesuai dengan musim dan kondisi geografis yang berbeda.
Di antara berbagai elemen pemilihan habitat, kondisi pengasingan, sumber air, dan kelimpahan makanan merupakan indikator yang paling penting. Migrasi ke tempat yang lebih tinggi terjadi pada musim semi saat salju mereda, dan sebaliknya pada musim gugur. Tekanan perburuan juga dapat mempengaruhi migrasi dan relokasi. Mereka sangat menyukai lingkungan seperti semak belukar dan padang rumput, yang kondusif untuk persembunyian dan memiliki kondisi makanan yang lebih baik. Namun, jika makanan tidak mencukupi, mereka juga dapat berpindah ke habitat seperti gurun, alang-alang, dan ladang pertanian.
Di alam, predator alami antara lain beruang, macan tutul, serigala, serigala, lynx, dan hewan ganas lainnya, namun karena sifatnya yang waspada, berlari cepat, pendengaran dan penciuman yang tajam, kekuatan fisik yang kuat, dan tanduk yang besar sebagai senjata, rusa juga bisa melakukan hal tersebut. Bertarung dengan predator, rusa rocky mountain adalah hewan resmi Utah, sehingga gambar rusa muncul di lambang negara bagian dan bendera negara bagian Michigan, AS.