Pintu Durdle
Pintu Durdle adalah lengkungan batu kapur alami yang terletak di Pantai Jurassic di Dorset.
Terbentuk oleh erosi batuan lunak di laut seiring berjalannya waktu.
Ini adalah salah satu atraksi paling terkenal di Pantai Jurassic, dengan sekitar 200.000 orang berjalan melalui Pintu Durdle dan Lulworth Gorge setiap tahunnya,sehingga menjadikan Pintu Durdle salah satu tempat tersibuk di pantai barat daya Inggris. Di sebelah Pintu Durdle terdapat hamparan pantai yang panjang, di mana pengunjung dapat duduk-duduk di pantai yang tenang menyaksikan pasang surut air laut, serta melihat pemandangan indah Pintu Durdle.
Pintu Durdle terbuat dari batu kapur Portland yang keras, namun seiring dengan hentakan ombak dari waktu ke waktu, pintu itu ditakdirkan untuk runtuh suatu hari nanti. Lengkungan alami ini adalah fenomena geologi yang terjadi secara alami. Saluran alami akibat erosi air dan pelapukan melewati bagian bawah batuan, akhirnya membentuk formasi batuan berbentuk lengkung.
Lengkungan alam biasanya terbentuk di tempat-tempat yang rentan terhadap erosi oleh air laut, sungai, atau pelapukan, seperti pantai, punggung bukit yang sempit, dan dinding tebing yang tipis. Proses erosi secara spesifik “mencari” dan “memilih” titik-titik lemah pada batuan untuk “menyerang” hingga erosi jangka panjang menembus batuan dan membuka saluran alami pada batuan. Sehingga dapat menghasilkan berbagai lengkungan.
Seperti semua formasi batuan, lengkungan alami akan terus terkikis setelah terbentuk, akhirnya runtuh dan hilang.
Proses pembentukan dan keruntuhan lengkungan erosi air berlangsung secara kasar sebagai berikut: beberapa retakan kecil berkembang secara mendalam dan menembus lapisan batupasir, aliran air dan erosi pelapukan mengikis lapisan batuan yang terbuka dan memperlebar retakan permukaan.
Batuan itu hancur dan lapuk, dan lorong lengkung itu semakin membesar, akhirnya menyebabkan keruntuhan dan hanya tersisa dermaganya. Selain Gerbang Durdel, dunia adalah rumah bagi sejumlah lengkungan alam yang indah. Termasuk Dove Rock di Lebanon, Arch of Pondarque di Paris, Arc de Triomphe Cabo San Lucas di Meksiko, dan London Arch di Australia.
Saat ini, hanya sebagian dari London Arch Australia yang tersisa dan tidak lagi menjadi jembatan berkepala dua, namun tetap spektakuler. Taman Nasional Arches di Amerika tidak diragukan lagi merupakan tempat berkumpulnya lengkungan paling terkenal dengan banyaknya lengkungan dan bentuk yang aneh, sehingga menarik banyak wisatawan untuk datang dan melihatnya, jadi jika Anda tertarik dengan lengkungan alami, Anda mungkin ingin mengunjunginya. Mereka di sana menunggu Anda berkunjung!.