Jenis-Jenis Tomat
Buah tomat telah banyak dikenal sebagai buah sekaligus sayuran yang kaya akan nutrisi. Banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah tomat ini menjadikannya baik untuk kesehatan dan kesehatan kulit.
Buah tomat mengandung senyawa antioksidan yaitu likopen yang mampu menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain kandungan likopen, buah tomat juga mengandung senyawa antioksidan lain seperti polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid.
Buah tomat sangat baik dikonsumsi karena rendah akan kalori dan lemak, namun kaya akan karotenoid, lutein, vitamin A, vitamin C, folat, serta kalium.
Buah tomat sangat mudah ditemui di pasar. Namun tahukah kamu apa saja jenis-jenis tomat? Yuk kita simak informasi selengkapnya berikut ini!
1. Tomat Big Beef
Untuk tomat jenis ini paling banyak ditemui di hampir semua tempat. Jika matang, buahnya akan berwarna merah dan sering sekali dijadikan jus untuk diminum. Salah satu keunggulan dari buah jenis ini adalah mampu bertahan terhadap segala jenis hama atau penyakit tanaman.
2. Tomat Anggur
Tomat anggur memiliki tekstur yang renyah dengan berbagai warna dan rasa yang berkisar dari manis hingga tajam. Berkat kulitnya yang lebih tebal, tomat anggur tekstur dagingnya tidak berubah ketika dimasak. Karenanya tomat ini cocok dijadikan sebagai tambahan untuk hidangan makan malam utama. Tomat ini bisa dipanggang dalam oven, dimasak dalam pasta, atau tambahan untuk bermacam steak.
3. Tomat Ceri
Ukuran tomat ceri kecil dan bulat seperti bentuk ceri dengan rasa yang lebih manis dibandingkan tomat beefsteak. Tomat ini cocok sekali untuk digunakan dalam salad, sate untuk dipanggang atau camilan dan dalam salad Caprese. Warna tomat ini beragam, berkisar dari warna kuning dan oranye serta merah. Orang sering tertukar antara tomat anggur dan tomat ceri karena ukurannya yang kecil.
Sebenarnya, tomat ceri dapat dibedakan dari tomat anggur karena kedua buah ini memiliki bentuk yang berbeda. Tomat anggur lebih lonjong dan sedikit lebih tajam rasanya meskipun tetap ada rasa manisnya. Kedua jenis ini juga biasanya menjadi favorit anak-anak.
4. Tomat Pusaka
Tomat pusaka memiliki varian warna yang berbeda-beda, mulai dari warna kuning, hijau, hingga merah keunguan. Buah tomat satu ini memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan tomat lainnya. Oleh karena itu, tomat pusaka cocok bila diolah menjadi saus.
5. Tomat Negro Azteca
Tomat ini jarang dibudidayakan, sehingga masuk dalam kategori buah atau tanaman yang langka. Padahal tomat ini punya bentuk yang menarik seperti ceri hitam dengan citarasa yang sangat manis. Biasanya, tanaman ini berukuran sedang sampai besar dengan daun berukuran standar.
6. Tomat Bananas Legs
Nah kalau buah tomat yang satu ini punya tampilan atau bentuk yang unik, beda dari tomat pada umumnya. Bentuknya lonjong memanjang dengan sedikit titik-titik di bagian ujungnya. Jika matang, buahnya akan berwarna kuning keemasan. Buah ini sangat populer dan biasanya dijadikan salad.
7. Tomat Taxi
Berbeda dengan kebanyakan tomat yang jika matang akan berwarna merah menyala, Tomat Taxi punya warna kuning terang jika sudah dalam keadaan matang. Tak hanya kulitnya yang berwarna kuning, bagian dagingnya pun juga berwarna kuning. Warnanya memang begitu indah dan sangat menarik. Meski tampilannya berbeda, namun rasa dari tomat ini sama layaknya tomat kebanyakan.