Sejarah dan Resep Bibimbap
Bibimbap adalah sebuah masakan Korea berupa nasi putih dengan lauk di atasnya. Bibim artinya campur dan bap artinya nasi. Jadi, Bibimbap artinya nasi campur.
Bibimbap di hidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah di panaskan. Panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah yang di letakan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukan minyak wijen di tuangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.
Asal usul bibimbap
Pada zaman dahulu masyarakat Korea memakan Bibimbab dari sisa makanan sesajen dengan dibumbui kecap asin, minyak wijen, dan bumbu lain seusai selamatan. Kebiasaan ini menjadi asal usul Bibimbab sekarang. Oleh sebab itu, di suatu daerah Bibimbab disebut sebagai Jeasabab yang berarti, makanan sesajen.
Bibimbab disebut Goldongban pada zaman kerajaan Chosun. Kata Goldong memiliki arti, barang lama atau barang yang terdiri atas bermacam-macam bahan sehingga Goldongban bermakna, nasi dengan berbagai jenis bahan-bahan.
Sementara pada malam hari terakhir setiap bulan Desember masyarakat Korea menyantap Bibimbab dengan makna, sisa makanan tidak dibawa ke tahun baru.
Resep Bibimbap
Bahan-bahan:
- Beras - 1 gelas
- Telur - 3 butir
- Timun jepang, buang biji lalu potong korek api panjang - 1 buah
- Wortel, potong korek api panjang - 2 buah
- Tauge - 50 gram
- Bayam, siangi - 2 ikat
- Jamur enoki, potong bagian akarnya - 100 gram
- Jamur champignon, iris tipis - 5 buah
- Minyak wijen - 4 sdt
- Margarin - 1 sdm
- Garam - secukupnya
TUMISAN DAGING:
- Daging iga, iris panjang tipis - 100 gram
- Saus tiram - 1,5 sdm
- Minyak wijen - 1 sdm
- Kecap - 1 sdm
- Merica - 1/2 sdt
- Minyak, untuk menumis - 2 sdm
SAUS:
- Gochujang (saus sambal khas korea) - 1 sdm
- Minyak wijen - 1 sdt
- Gula palem - 1 sdt
- Cuka - 1 sdt
- Air matang - 1 sdm
Cara membuat:
1. Untuk daging, campur daging cincang dengan saus daging yang tercantum di atas. Marinasi daging selama sekitar 30 menit saat Anda mengerjakan bahan lain untuk meningkatkan rasa. Setelah bumbu menyerap, tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan dan masak daging dengan api sedang hingga tinggi. Dibutuhkan sekitar 3 hingga 5 menit untuk memasaknya secara menyeluruh.
2. Campur semua bahan saus bibimbap dalam mangkuk. Aduk hingga rata.
3. Untuk sayuran, cuci bersih dan siangi bayam dan tauge. Selanjutnya, siapkan panci berisi air. Masak sayuran secara terpisah selama 2-3 menit. Tiriskan bayam lalu tauge hingga air mengering.
4. Cuci, kupas, dan iris wortel menjadi bentuk korek api (julienne cutting). Tambahkan sedikit minyak goreng dan 1/4 sdt garam ke dalam wajan dan masak wortel dengan api sedang hingga tinggi selama 2-3 menit.
5. Cuci dan bersihkan jamur shiitake dan iris tipis. Tambahkan sedikit minyak goreng dan 1/4 sdt garam laut halus ke dalam wajan dan masak jamur dengan api sedang hingga tinggi sampai semuanya matang. Dibutuhkan waktu sekitar 2-3 menit.
6. Cuci bersih timun Jepang menjadi bentuk korek api. Lalu tiriskan.
7. Goreng 1 butir telur berbentuk mata sapi. Telur bisa digoreng setengah matang atau matang.
8. Masukkan nasi ke dalam mangkuk dan tambahkan daging, berbagai macam sayuran, saus bibimbap, dan telur di atas nasi. Anda juga bisa menambahkan rumput laut dan taburkan dengan biji wijen. Campur semua bahan-bahan di mangkuk lalu santap.