Gedung Opera Terpopuler
Salah satu destinasi wisata sejarah yang bisa dikunjungi saat keluar negeri adalah gedung opera yang ada di sana.
Salah satu cabang seni adalah teater. Bisa dibilang teater merupakan seni pertunjukan yang multifungsi, yaitu bisa sebagai media pendidikan, pembentukan karakter, dan pencerahan bagi masyarakat. Ruang pameran, gedung Philharmonic, teater dan ruang konser semuanya didedikasikan untuk seni. Khususnya untuk keindahan inderan pendengaran dan penglihatan. Sehingga sangat masuk akal untuk membuat struktur bangunan untuk gedung-gedung kesenian tersebut layaknya karya seni. Beberapa desian bangunan ini sangat unik dan spektakuler dengan caranya sendiri.
Berikut gedung pertunjukan kelas dunia yang dianggap terindah dan terbaik:
1. Teater Slotts-Teater, Swedia
Slotts-Teater merupakan salah satu gedung teater abad ke-19 terbaik di Eropa. Gedung teater yang mulai dibuka pada tahun 1766, berada di Istana Drottningholm, Stockhoim, Swedia. Slotts-teater ini lebih dikenal sebagai teater yang dihiasi hasil karya-karya opera kerjaan Swedia.
2. Rhike Park Music Theatre
Struktur bangunan yang unik ini terdapat di Tbilisi, Georgia dan dirancang oleh arsitek Massimiliano & Doriana Fuskas. Struktur bangunan ini terdiri dari dua elemen tubular yang besar dan terhubung pada satu ujung yang membentuk satu bagian. Fasad bangunan ini tampak sangat lembut. Salah satu elemen berrfungsi sebagai teater musik dengan kapasitas 566 kursi sedangkan bagian lainnya berfungsi sebagai ruang pameran. Ruang pameran ini menjulang dari tanah dan menawarkan pemandangan yang luas dari foyer dan kafetaria.
3. Sydney Opera House, Australia
Sydney Opera House adalah gedung opera yang terletak di Port Jackson,(Sydney Harbour), New Sounth Wales, Australia. Gedung ini memiliki bentuk bangunan yang unik dengan serangkaian cangkang putih, yang berbentuk layar yang mengkilap. Keunikannya membuat gedung teater ini jadi salah satu bangunan paling banyak difoto di dunia. Opera House adalah ikon kota Sydney yang paling terkenal. Ini adalah fasilitas seni pertunjukan serbaguna yang memiliki venue terbesarnya, Concert Hall dengan 2.679 kursi. Tidak heran kalau gedung ini menjadi tuan rumah bagi konser simfoni, pertunjukan paduan suara, dan pertunjukan musik populer terbaik. Selain itu, Sydney Opera House juga menyelenggarakan pertunjukan opera dan tari, termasuk balet di Opera Theatre, yang dapat menampung lebih dari 1.500 orang. Ada juga tiga teater dengan ukuran dan konfigurasi yang berbeda untuk sandiwara panggung, pemutaran film, dan pertunjukan musik yang lebih kecil. Forecourt yang berada di ujung tenggara kompleks, digunakan untuk pertunjukan di luar ruangan. Bangunan ini memiliki restoran dan studio rekaman profesional. Pada 2007, gedung ini didapuk sebagai salah satu 'Situs Warisan Dunia UNESCO'.
4. Lincoln Center, New York
Teater Broadway di New York, Amerika Serikat, memang dikenal luas di seluruh dunia. Gedung teater terbaik pun ada di kota ini yaitu Lincoln Center. Gedung opera ini adalah 'rumah' bagi Metropolitan Opera, New York Philharmonic, dan New York City Ballet. Selain itu, Lincoln Center for the Performing Arts juga memiliki sebuah perpustakaan dan dua buah teater. Secara teratur, Opera at the Met juga difilmkan dan disajikan langsung di bioskop di seluruh dunia. The Lincoln Center Institute for the Arts in Education juga merupakan repertoar global yang mempromosikan inspirasi dan kreativitas bagi siswa dan profesional.
5. Palais Garnier, Paris
Bagi Anda yang pernah menonton kisah Phantom of the Opera pasti sudah tak asing lagi dengan gedung yang satu ini. Palais Garnier merupakan tempat persembunyian Erik, si jenius musik bertopeng rekaan Gaston Leroux tersebut. Gedung opera tersebut merupakan hasil rancangan arsitek Charles Garnier. Karena itulah namanya diabadikan sebagai nama gedung tersebut. Gedung ini dibangun sejak 1861 dan rampung pada 1875. Arsitektur bangunan ini banyak dipuji karena keindahan detailnya. Tangga utama di dalamnya merupakan salah satu bagian paling megah dari interior Palais Garnier. Tangga tersebut dibuat dari pualam dan dihiasi patung-patung klasik. Auditoriumnya dihiasi dengan lukisan-lukisan indah dan lampu kristal seberat 7 ton yang tergantung di tengah-tengah ruangan. Langit-langitnya juga dipenuhi lukisan yang menggambarkan sejarah perkembangan seni musik dunia.
Nah itulah 5 gedung pertunjukan terbaik di dunia. Semoga bermanfaat!