Wisata Pulau Lofoten
Salah satu destinasi wisata yang indah dan tak boleh dilewatkan adalah Pulau Lofoten yang terletak di sebelah utara Norwegia.
Lofoten merupakan pusat perikanan terbesar selama ribuan tahun, sehingga mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan. Anda dapat menemukan pemandangan kota pinggir pantai yang indah dengan desain rumah yang unik. Di Lofoten anda juga bisa menyaksikan keindahan aurora borealis. UNESCO telah menobatkan Lofoten sebagai salah satu situs warisan dunia.
Lofoten mempunyai iklim yang jauh lebih hangat dibanding bagian lain di dunia pada garis lintang yang sama. Antara bulan Mei sampai pertengahan Juli mengalami Midnight Sun atau matahari bersinar hampir 24 jam. Di utara Lingkaran Arktik, wilayah Lofoten terdiri dari serangkaian pulau-pulau terjal di lepas pantai Norwegia utara. Kepulauan indah terdiri dari empat pulau utama - Austvågøya, Vestvågøya, Moskenesøya, dan Flakstadøya - serta pulau-pulau yang lebih kecil (namun sama-sama menawan). Daerah ini dikenal dengan pemandangannya yang spektakuler, lingkungannya yang asli, dan tempat memancing yang sangat baik.
Sebagian besar penduduk di tempat ini berprofesi sebagai nelayan sehingga rumah-rumahnya berbentuk layaknya kabin-kabin khas Pulau Lofoten. Akses ke pulau ini terbilang mudah karena sudah terdapat beberapa penghubung antarpulau dengan jembatan atau terowongan. Leknes dan Svolvær adalah dua kota terpadat di pulau ini. Biasanya, akhir Juni sampai pertengahan Agustus adalah waktu favorit pengunjung. Jadi, jika tidak ingin suasana yang terlalu ramai, sebaiknya hindari bulan-bulan tersebut. Namun untuk menikmati keindahannya tergantung pada keberuntungan yang dipengaruhi oleh faktor cuaca. Saat cerah hampir semua tempat di Lofoten bisa terlihat aurora. Selain berburu aurora, hal yang dapat dilakukan di Lofoten di antaranya memancing, bermain ski, sea safari, hiking, caving dan bersepeda.
Di setiap pulau terdapat desa-desa nelayan dengan rorbu atau kabin tradisional dengan ciri khas berwarna merah yang merupakan tempat pemondokan nelayan. Banyak rorbu yang disewakan untuk penginapan wisatawan. Selain rorbu salah satu yang menjadi ciri khas dari Lofoten adalah Hjelle atau tempat jemuran ikan cod yang disebut Tørrfisk. Perairan Norwegia kaya akan ikan cod. Puncak penangkapannya pada bulan Januari hingga April ketika gerombolan ikan cod berpindah dari Laut Barentz menuju Vesfjorden. Saat itulah kegiatan memancing menjadi sangat menarik terutama di Lofoten. Satwa liar yang kaya di kawasan ini memiliki daya pikat tersendiri bagi pengunjung selama berabad-abad. Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat elang laut, serta varietas besar dari kehidupan burung di perjalanan ke Trollfjord.
Lofoten adalah tempat yang ideal untuk melakukan perjalanan solo atau dengan tur kelompok, untuk melihat cahaya utara yang indah dan mengalami matahari tengah malam. Ini juga memberikan wawasan yang menarik tentang masa lalu Norwegia dan perdagangan perikanan yang memainkan peran penting dalam sejarah bangsa.
Demikian informasi mengenai kepulauan lofoten. Semoga bermanfaat!