Jenis Beruang Di Dunia
Beruang (bear) adalah binatang dalam kelas mamalia yang tergolong ordo Carnivora, familia Ursidae.
Beruang adalah salah satu hewan mamalia paling terkenal di dunia. Mereka menyandang status sebagai predator darat terbesar di dunia, makan tentu beruang punya keistimewaan sendiri yang menarik untuk dipelajari. Dalam nama ilmiahnya Ursidae. Ursidae sendiri berasal dari dua kata yaitu ursus dan idae. Ursus berasal dari bahasa latin ursus yang berarti beruang, dan idae berasal dari bahasa Yunani kuno Eidos.
Berikut ini jenis beruang yang ada didunia:
1. Beruang Madu
Beruang madu, yang merupakan spesies beruang terkecil yang masih hidup di alam liar, yang dapat dikenali dari bulunya yang pendek, halus, dan moncongnya yang berwarna terang. Ia juga memiliki bagian dada berbentuk bulan sabit berwarna krem yang mirip dengan beruang hitam Asia. Dengan demikian kedua spesies tersebut biasa disebut beruang bulan dan beruang madu.
Beruang madu jantan dewasa memiliki berat antara 27-50 kg. Sementara sang betina hanya sedikit lebih kecil. Beruang madu adalah yang paling sedikit dipelajari dari semua beruang. Mereka adalah pemanjat yang sangat baik, dan makanan mereka diperkirakan terdiri dari mamalia kecil, burung, ujung pohon palem, dan buah-buahan. Mereka juga menikmati pesta di sarang lebah di hutan-hutan di Indonesia dan Malaysia Beruang madu adalah satu-satunya spesies yang menempati hutan hujan tropis dataran rendah di Asia Tenggara. Wilayah hidupnya terus menyusut karena hilangnya habitat.
2. Beruang coklat
Beruang coklat adalah salah satu spesies beruang yang paling terkenal. Seperti beruang hitam, beruang coklat juga umum terdapat di kawasan Amerika Utara. Dan seperti beruang hitam amerika pula, beruang coklat pun memiliki warna bulu yang bervariasi. Mulai dari coklat kehitaman, coklat muda, hingga pirang. Beruang coklat kerap disebut beruang grizzly oleh penduduk kawasan Amerika utara. Mereka juga omnivora, makanannya termasuk tumbuhan, ikan, dan mamalia kecil.
3. Beruang andes
Kamu mungkin belum pernah mendengar tentang beruang andes, karena mereka memang cukup jarang terekspos. Padahal ada beberapa keunikan yang dimiliki oleh beruang yang hanya hidup di kawasan Pegunungan Andes, Amerika Selatan ini. Pertama, mereka adalah satu-satunya spesies tersisa dari jenis beruang bermoncong pendek. Kedua, mereka punya pola unik di wajahnya yang berbentuk seperti kacamata, dan itu menyebabkan beruang andes disebut juga beruang kacamata. Sayangnya, beruang ini tergolong terancam punah karena perburuan dan rusaknya habitat.
4. Beruang Sloth
Cakar yang panjang dan melengkung serta bulu yang panjang, lurus, dan shaggy adalah ciri unik dari beruang ini, disamping penampilannya yang terkesan ‘acak-acakan’. Sang jantan dewasa memiliki berat 80-141 kg, sedangkan sang betina memiliki berat antara 55-95 kg. Moncong dan bibir mereka yang dapat bergerak serta gigi yang menganga disesuaikan untuk menghisap rayap dan semut, sumber makanan utama mereka. Mereka mungkin juga memakan berbagai jenis tumbuhan, terutama buah-buahan pada musimnya. Sementara beruang hitam Amerika dan Asia biasanya akan melarikan diri atau memanjat pohon saat terancam, beruang sloth lebih cenderung melawan dan bertahan. Beruang sloth sebagian besar ditemukan di hutan dataran rendah India dan Sri Lanka. Diperkirakan bahwa mereka lebih suka daerah berbatu dan iklim yang lebih kering.
5. Beruang Kutub
Beruang kutub tidak hanya yang terbesar dari semua spesies beruang, namun juga adalah karnivora darat terbesar. Beruang kutup dewasa jantan memiliki berat 400-682 kg. sedangkan sang betina kira-kira setengah dari ukuran itu. Beruang kutub tidak memiliki predator alami dan hampir seluruhnya karnivora. Makanan mereka terutama terdiri dari anjing laut tetapi kadang juga walrus kecil atau paus. Mereka kadang memakan tumbuh-tumbuhan (terutama buah beri) sesekali selama musim panas. Mereka memiliki adaptasi yang luar biasa untuk bertahan hidup di iklim Arktik di kutub utara. Bulu putih mereka memberikan kamuflase saat berburu, tetapi juga tembus cahaya, memungkinkan sinar matahari diserap oleh kulit hitam mereka. Cakar khusus mereka, disesuaikan untuk berenang, menggali salju, dan berjalan di atas hamparan es. Bulu lebat mereka memberikan perlindungan dari hawa dingin kutub.
6. Beruang Hitam Amerika Utara
Beruang Hitam Amerika Utara adalah beruang yang paling umum dijumpai di Amerika Utara mulai dari Negara Bagian Florida bagian utara, hingga ke Kanada dan ke utara lagi yakni ke Alaska. Fase warna hitam dan coklat dari beruang hitam adalah umum. Beruang hitam Amerika (Ursus americanus) adalah beruang berukuran sedang yang endemik di Amerika Utara. Hewan ini adalah salah satu spesies beruang terkecil dan paling banyak tersebar di benua itu. Beruang hitam Amerika adalah omnivora, dengan makanan mereka sangat bervariasi tergantung pada musim dan lokasi. Mereka biasanya tinggal di daerah yang sebagian besar berhutan, tetapi akan meninggalkan hutan untuk mencari makanan, dan kadang-kadang tertarik datang ke pemukiman penduduk jika sangat lapar. Terlepas dari namanya yang hitam, beberapa subspesies beruang ini berwarna cokelat atau bahkan pirang.
7. Panda
Mereka memang memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya sempat dianggap berbeda dari beruang. Namun hasil penelitian DNA akhirnya membuat panda dimasukkan ke dalam keluarga besar beruang. Panda memang punya banyak perbedaan dibanding beruang lainnya. Selain warnanya yang unik, panda juga satu-satunya beruang yang 100 persen herbivora. Hewan endemik China ini kini terancam punah karena habitat yang terus berkurang akibat aktivitas manusia.
8. Beruang hitam asia
Beruang hitam asia mirip dengan beruang hitam amerika, tapi mereka punya beberapa perbedaan. Misalnya, beruang hitam asia punya corak berwarna coklat yang khas di dada mereka, sesuatu yang gak dimiliki beruang hitam amerika. Ciri itu membuat mereka dijuluki sebagai moonbear alias beruang bulan. Selain itu, beruang hitam asia punya bulu yang lebih tebal, terutama di bagian tengkuk dan punggung mereka. Dan telinga mereka pun lebih besar daripada beruang hitam amerika. Makanan beruang hitam asia juga lebih bervariasi, mulai dari mamalia, burung, moluska, buah-buahan, hingga madu.
Itulah jenis beruang yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!