Jenis Kucing Anggora
Kucing Anggora memiliki pesona yang akan membuat para pecinta kucing jatuh cinta.
Jenis kucing anggora asli diketahui berasal dari Turki tengah, tepatnya di wilayah Ankara. Nama anggora diambil dari nama wilayah tersebut yang juga dikenal dengan Angora. Di turki sendiri, kucing anggora disebut Ankara kedishi yang artinya kucing Ankara. Kucing anggora memiliki karakter kucing dengan tubuh berukuran kecil hingga sedang. Berat tubuhnya diperkirakan berkisar antara 2,2 hingga 4 kilogram. Kebanyakan kucing anggora asli dikenal memiliki bulu warna putih. Umumnya di Indonesia ada tiga jenis kucing anggora yaitu kucing anggora asli, campuran persia, dan kucing anggora domestik. Ketiga kucing ini dibedakan berdasarkan ukuran dan ketebalan bulu.
Sebagai hewan peliharaan favorit, keberadaan jenis Kucing Anggora ini mudah temukan. Jenis Kucing Anggora sama populernya dengan jenis Kucing Persia. Sekilas tampilan kedua jenis kucing ini memang hampir sama. Itulah sebabnya masih banyak orang awam yang kesulitan membedakan dua jenis kucing ini. Sebenarnya jenis Kucing Anggora memiliki ciri khas yang cukup mencolok dibandingkan dari jenis kucing lainnya.
Berikut ini jenis kucing anggora:
1. Anggora x Persia
Campuran jenis Kucing Anggora dengan jenis Kucing Persia lebih murah harganya dibandingkan dengan jenis Kucing Anggora Asli. Pesona campuran jenis Kucing Anggora dan Persia sangat unik dan menggemaskan. Kucing jenis ini biasanya memiliki bulu dan mata yang cantik seperti jenis Kucing Anggora dan bentuk muka yang bulat menggemaskan seperti jenis Kucing Persia. Campuran jenis Kucing Anggora dan Kucing persia ini memiliki kisaran harga 500 ribu sampai 700 ribu untuk usia 3 bulan dan belum divaksin. Sedangkan kucing yang sudah divaksin harganya sekitar 900 ribu sampai 1 Jutaan. Untuk usia enam bulan kucing jenis ini dihargai sekitar 1 Juta sampai 3 Jutaan.
2. Anggora x Anggora
Kucing anggora asli memiliki ciri-ciri wajah runcing, hidung mancung, tulang dan tubuh panjang. Kucing asal Turki ini memiliki warna bulu yang tidak berubah, umumnya berwarna putih bersih. Kucing anggora asli harganya cukup mahal di Indonesia. Mengutip dari hewany.com, kucing usia 3 belum divaksin sebesar Rp 3 juta. Sedangkan kucing yang sudah divaksin mencapai Rp 7 juta. Kucing anggora berusia 6 bulan lebih dan belum divaksin harganya sekitar Rp 8-9 juta. Jika sudah divaksin, harga kucing mencapai Rp 12 juta.
3. Anggora x Kampung
Jenis kucing anggora yang ketiga adalah hasil perkawinan silang antara kucing anggora dan kucing kampung (domestik). Jenis kucing anggora yang satu ini paling banyak ditemukan di Indonesia dan memiliki harga adopsi yang paling terjangkau. Hasil peranakan kucing anggora dan kucing kampung juga dikenal dengan sebutan kucing anggora domestik. Kucing ini memiliki ciri khas pada bagian wajah yang mirip kucing anggora, namun memiliki badan lebih kecil dan bulu yang lebih pendek mengikuti kucing kampung.
Nah, itulah beberapa jenis Kucing Anggora yang bisa ditemukan dipasaran. Semoga bermanfaat!